Ayam Hias Ekor Lidi Memiliki Daya Tarik, Bagaimana Cara Merawatnya?

Penulis bidang kesehatan di UMSurabaya Peneliti PUSAD UMSurabaya
Konten dari Pengguna
5 Agustus 2022 14:48
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari Lihabi S,Tr,Kes tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
pixabay.com
zoom-in-whitePerbesar
pixabay.com
ADVERTISEMENT
Ayam hias merupakan salah satu hobi unggas yang menjanjikan selain burung eksotis. Pasalnya, bagi sebagian orang ayam hias bisa menjadi salah satu jenis hewan peliharaan yang menarik.
ADVERTISEMENT
Pada umumnya ayam hias tidak hanya dijadikan sebagai hewan peliharaan, tetapi juga sebagai investasi yang menguntungkan bahkan akhir-akhir ini banyak diadakan perlombaan tentang keindahan bentuk ayam sehingga menghasilkan prospek usaha yang menjanjikan.
Salah satunya ayam Ekor Lidi, ayam ini merupakan ayam bangkok yang mempunyai karakter ekor panjang dan anggun, namun dikalangan masyarakat luas ayam ini dijadikan sebagai aduan bertarung kekuatan padahal ayam ini memiliki daya Tarik yang unik yaitu ciri khas dari ekor yang kaku seperti sapu lidi dan tentunya hal ini juga menjadi nilai jual yang mahal.
Menurut mahsin salah satu kelompok komunitas pecinta ayam ekor lidi (Pahim) Bangkalan menyatakan bahwa harga anakan umur 3-4 sekitar 500.000 sampai 1.000.000. Tergantung kualitas dan jenis kelamin anakan. Harga anak ayam jenis jantan tetap lebih mahal ketimbang betina tetapi lebih murah lagi ketika membeli keseluruhan anak ayam dalam satu induk.
ADVERTISEMENT
Selain hal itu harga pakan ayam yang mahal dan membutuhkan perawatan yang ekstra baik untuk menjaga pertumbuhan pada ayam dan kualitas bulu dan ekor tetap terjaga.
Menurutnya bahwa dalam satu induk ayam, telur yang menetas tidak menutup kemungkinan anak ayam tersebut bagus semua, jadi masih membutuhkan sortir untuk mencari yang mempunyai kualitas bagus serta jenis kelamin jantan maupun betina.
Pencinta ekor lidi ini tidak hanya pada kalangan muda saja tetapi dari berbagai kalangan muda, tua, laki-laki maupun perempuan karena selain untuk melestarikan keindahan pada ayam juga untuk mengurangi orang yang menyukai mengadu kekuatan ayam.
Untuk menjaga hal positif ini tentunya membutuhkan dukungan dari berbagai kalangan, salah satu contoh konkret yang saat ini sedang berlanjut adanya kontes ayam ekor lidi oleh Pemerintah Kabupaten Pekalongan, ratusan pencinta ayam ekor lidi saling adu keindahan memperebutkan piala, sertifikat dan sejumlah uang pembinaan, untuk kriteria dan bobot penilaian kontes dimulai dari bentuk mulut, kepala ayam, jengger, leher, postur badan, warna bulu, keutuhan kaki hingga pada bagian ekor.
ADVERTISEMENT
Bagaimana cara untuk merawat ayam ekor lidi agar tetap sehat dan indah dipandang?
Yang pertama vaksinasi, memberikan vaksinasi pada ayam ekor lidi merupakan hal yang wajib di lakukan untuk menghindari dari segala penyakit ayam yang bisa datang seketika. Vaksin adalah cara memasukkan sebuah bakteri atau bibit penyakit yang sudah dilemahkan pada badan ayam. vaksinasi bisa dilakukan secara berkala sesuai dengan kebutuhan dan vaksin yang diberikan,
Tata cara memberi vaksin ayam aduan harus secara berkala bukan secara sembarangan karena akan menyebabkan toksin. Vaksin di berikan pada ayam aduan agar tubuh ayam aduan menjadi kebal terhadap jenis penyakit yang sesuai vaksin yang di berikan pada para pencinta ayam ekor lidi. Biasanya vaksin bisa di lakukan melalui hidung, mulut, penyuntikan, makanan, minuman, dan menyemprotkan.
ADVERTISEMENT
Selanjutnya pemberian pakan pada ayam, tentu pemberian pakan ini mengikuti prosedur yang tertera pada kemasan pakan ayam.
biasanya ayam umur 0-1 diberikan pakan dengan kode 511 sambil lalu diberikan penerangan lampu jika dipisahkan dengan induk agar tetap terjaga kehangatan pada tubuh anak ayam selama 24 jam dan tidak boleh kekurangan air minum.
kemudian pada fase selanjutnya yaitu untuk masa pertumbuhan ayam ekor lidi diberikan pakan kode 591, 592 sampai 594 dengan rentang usia 1-7 bulan. Namun pada fase ini juga diberi tambahan suplemen khusus seperti kyoji, susu bubuk dan dedak jagung.
hal itu berguna pada pertumbuhan ayam ekor lidi agar memiliki tulang dan tinggi yang maksimal.
Selain vaksinasi dan pemberian pakan sesuai kode, perlu juga untuk perawatan dari luar contoh seperti di mandikan setiap pagi dan sore serta di jemur maksimal 20 menit dari jam 9-10 pagi serta jam 3-4 sore.
ADVERTISEMENT
Adapun hal lain yang harus diperhatikan dalam menunjang perawatan ayam Bangkok ekor lidi dewasa adalah luas kandang yang lebih besar dan luas dari ayam pada umumnya.
Hal itu dimaksudkan agar ekor ayam lidi terjaga dan tidak terjadi gesekan dengan dinding pada kandang ayam yang bisa merusak ekor itu sendiri dan jangan lupa untuk selalu membersihkan kandang ayam pagi dan sore juga penting dilakukan untuk menjaga kandang tetap higienis dan terhindar dari penyakit,
Hal ini sangat penting dilakukan untuk menjaga kesehatan, kualitas dan keindahan bentuk butuh, bulu, warna dan ekor ayam bagi pencinta ayam ekor lidi.
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020