Kewirausahaan di Era Digital: Inovasi dan Peluang Ekonomi untuk Generasi Muda

listyanala eka iswahyudi
Mahasiswa Universitas Negeri Malang Fakultas Ekonomi
Konten dari Pengguna
1 Oktober 2023 15:05 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari listyanala eka iswahyudi tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
sumber: https://www.istockphoto.com
zoom-in-whitePerbesar
sumber: https://www.istockphoto.com
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Di tengah perkembangan teknologi yang begitu pesat dan canggih, dapat menjadi suatu celah dalam menumbuhkan kewirausahaan untuk mendorong inovasi dan pertumbuhan ekonomi khususnya bagi generasi muda sebagai pilar agen perubahan bangsa.
ADVERTISEMENT
Era Digital dan Kewirausahaan
Perkembangan teknologi informasi dan internet telah memudahkan akses sumber daya dan pasar global dalam hitungan detik. Di era digital ini kita dapat menjangkau puluhan, ribuan bahkan jutaan pelanggan dimanapun berada. Kewirausahaan digital merupakan suatu kewirausahaan yang memanfaatkan teknologi digital, internet dan dunia online dalam pengelolaan suatu usaha untuk menciptakan suatu produk, berinteraksi dengan customer, pemasaran produk serta operasional usaha. Sehingga upaya berwirausaha dapat menjadi lebih efektif, terjangkau, dan produk kita dapat dikenal oleh masyarakat luas secara cepat. Generasi muda saat ini, dapat memulai menjalankan berbagai usahanya melalui alat-alat digital seperti situs web, media sosial (Instagram, Tiktok, Facebook, Twitter, dan sebagainya) platform E-commerce yang unggul di Indonesia seperti  Shopee, Lazada, Tokopedia serta pemasaran digital dalam bentuk iklan online.
ADVERTISEMENT
Inovasi di Ujung Jari
Kewirausahaan di era digital membuka peluang dalam inovasi produk baru, sehingga cocok bagi generasi muda sebagai agent of change yang cenderung memiliki ide-ide segar dan wawasan baru untuk mengatasi tantangan dan masalah yang ada dalam masyarakat. Mereka dapat menciptakan solusi-solusi yang unik dan melahirkan produk atau layanan yang berbeda dari sebelumnya.
Kewirausahaan dan Peluang Ekonomi
Peran generasi muda sebagai entrepreneur tidak hanya sekedar mencari untung saja, namun diharapkan berperan juga dalam pertumbuhan ekonomi lokal untuk menciptakan lapangan kerja dan memperbaiki kualitas hidup masyarakat, sehingga dapat mengurangi pengangguran. Jika banyak generasi muda yang berani mencoba menjadi wirausahawan, hal ini dapat menciptakan suatu lingkup masyarakat entrepreneur yang berpeluang dapat meningkatkan perekonomian negara. Selain itu, dengan berwirausaha generasi muda dapat membuka akses pasar global untuk mendapat kesempatan berkolaborasi dengan rekan-rekan di seluruh dunia, dan memasarkan produk mereka ke pasar Internasional. Sehingga membentuk keterampilan manajemen dan jiwa kepemimpinan yang dapat diperoleh melalui pengalaman langsung.
ADVERTISEMENT
Kesimpulan
Kewirausahaan di era digital merupakan kekuatan utama di balik inovasi dan pertumbuhan ekonomi saat ini. Generasi muda memiliki peluang besar untuk memanfaatkan kemajuan teknologi dan menciptakan suatu produk yang sukses dan berkembang. Ini adalah saat yang tepat untuk memulai berwirausaha, dan dengan visi yang jelas serta etos kerja yang kuat, generasi penerus dapat menjadi agen perubahan dalam bisnis digital yang berkembang pesat.