24 Inisiatif Digital Indonesia, Nominator Penghargaan WSIS Prizes 2023 - PBB

Literasi Digital Indonesia
Dikelola oleh Tim Komunikasi Publik Gerakan Nasional Literasi Digital SIBERKREASI (siberkreasi.id)
Konten dari Pengguna
29 Desember 2022 14:28 WIB
·
waktu baca 5 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Literasi Digital Indonesia tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
ADVERTISEMENT
[ literasi digital ] Sejumlah inisiatif unggulan dari komunitas bidang teknologi informasi dan komunikasi (TIK) Indonesia kembali berhasil menjadi nominator anugerah tahunan World Summit on the Information Society (WSIS Prizes) yang diselenggarakan oleh International Telecommunication Union (ITU) - Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). Pada WSIS Prizes 2023 kali ini ada 24 (dua puluh empat) inisiatif karya/program digital Indonesia yang menjadi nominator tersebar pada 13 (tiga belas) kategori yang berbeda dari total 18 (delapan belas) kategori yang dikompetisikan.
ADVERTISEMENT
(Revisi: sebelumnya tertulis 23 nominator).
Saat ini ke-24 inisiatif tersebut membutuhkan vote agar dapat melaju ke babak berikutnya, yaitu penentuan 5 (lima) perolehan suara tertinggi yang kemudian akan dinilai oleh tim pakar untuk mendapatkan 1 (satu) Winner dan 4 Champion per kategori. Inisiatif Indonesia tersebut merupakan bagian dari 360 inisiatif manca negarayang menjadi nominator, hasil saringan awal oleh tim pakar PBB dari ratusan inisiatif yang didaftarkan.
Untuk itulah maka mari seluruh netizen Indonesia melakukan one man one vote secara online melalui situs https://itu.int/net4/wsis/stocktaking/Prizes/2023 dengan batas waktu 25 Januari 2023.
Adapun tahapan pada Anugerah WSIS 2023 yaitu: pendaftaran, penentuan nominator oleh para pakar yang ditunjuk PBB, pemungutan suara secara global untuk menentukan 5 (lima) Champion (juara kedua) per kategori, dan pada akhirnya para pakar PBB akan memilih 1 (satu) pemenang Winner (juara pertama) per kategori. Adapun prosesi upacara penyerahaan penghargaan bagi winner maupun champion akan dilaksanakan saat Sidang WSIS Forum tahunan di Jenewa, diserahkan langsung oleh Sekjen ITU - PBB, pada 14 Maret 2023.
ADVERTISEMENT
Indonesia pernah menjadi Winner pada WSIS Prizes sebelumnya, diantaranya adalah Internet Sehat - ICT Watch (2017), IndonesiaBaik - Kemkominfo (2018), Siberkreasi (2020) dan Flood Control System - Jakarta Smart City (2022).
-
Saatnya Pilih Indonesia!
Cara Melakukan Voting:
ADVERTISEMENT
Daftar Nominator Indonesia:
ADVERTISEMENT
Yuk, saatnya kini gunakan jarimu untuk mengibarkan Merah-Putih ke ajang kompetisi bidang digital di ranah global!
-
Revisi 1 (29/12/2022): sebelumnya tertulis 23 (dua puluh tiga) nominator.
-
Penulis: Donny B.U / Kontak: http://donnybu.id