Pahami Hal-Hal Ini untuk Jadi Content Creator Profesional!

Lovanda Khansa
Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Brawijaya
Konten dari Pengguna
29 Februari 2024 19:19 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Lovanda Khansa tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
ADVERTISEMENT
Pengelolaan media sosial adalah hal terpenting dari seorang content creator. Terlebih saat ini banyak sekali pilihan media sosial yang ada, mulai dari Instagram, TikTok, Youtube, X, dan sebagainya. Setiap media sosial tentunya punya karakteristik pasar yang berbeda.
Foto bersama di akhir sesi kelas Media Sosial kumparan Buddies batch 2 bersama Head of Audience Management kumparan. Foto : Lovanda Khansa/Dokumen Pribadi
kumparan Buddies batch 2, sebagai content creator kumparan yang mewakili mahasiswa dari seluruh Indonesia telah mengikuti kelas media sosial pada Rabu, 28 Februari 2024 bersama Head of Audience Management, Mahatmanara M Shopiaan. Dilatih sebagai content creator yang profesional, Buddies dibimbing dan dibekali ilmu tentang media sosial, audiens, dan bagaimana agar konten yang dibuat bisa diterima dan mendapat engagement yang bagus.
ADVERTISEMENT
Hal pertama yang harus dikuasai oleh seorang content creator adalah memahami karakteristik audiens. Setiap platform dan akun memiliki pangsa pasar yang berbeda. Karakteristik audiens bisa dilihat melalui usia, gender, dan daerah tempat tinggal. Conten creator harus bisa menyesuaikan agar konten yang dibuat bisa relatable dengan audiens.
Selain mengenali karakteristik audiens dari sebuah media, platform, atau akun, harus memahami juga do's and don'ts yang telah ditetapkan. Mulai dari audio, teknik editing, kata sapaan, tagline, atau gambar yang ditayangkan. Content creator harus memastikan bahwa hal-hal tersebut telah mendapatkan izin tayang dan sesuai dengan SOP industri.
Kemudian hal yang tidak kalah penting adalah karakteristik dari content creator itu sendiri. Apa yang membedakannya dengan content creator lain dan kelebihan apa yang ditawarkan dari konten yang dibuat.
ADVERTISEMENT
Konten yang memiliki value dan menarik adalah konten yang berhasil membuat penontonnya menikmati konten tersebut sampai akhir, atau bahkan mengulang-ngulang konten tersebut. Oleh karena itu, 3 detik pertama sangatlah penting untuk bisa menahan audiens. Dengan memberikan konsep yang berbeda, unik, dan tidak tertebak, akan membuat audiens menikmatinya sampai akhir.
Di akhir sesi kelas, diadakan sesi tanya jawab dan sharing antara Buddies dengan pemateri. Menjadi seorang content creator ternyata tidaklah mudah. Perlu pikiran yang kritis dan kreatif. Sifat cekatan, peka dengan lingkungan sekitar, update dengan peristiwa terkini, serta teliti sangat diperlukan dalam diri seorang content creator.