4 Pelajaran Hidup untuk Wanita dalam Drama Jodha Akbar

Mengenyam pendidikan di Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta
Konten dari Pengguna
22 Maret 2021 12:53
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari Lufnatul Awwaliyah tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
4 Pelajaran Hidup untuk Wanita dalam Drama Jodha Akbar (7153)
zoom-in-whitePerbesar
ADVERTISEMENT
Jodha Akbar adalah sebuah drama yang berasal dari India. Drama ini diambil dari kisah sejarah kerajaan Mughal. Dalam drama tersebut banyak sekali polemik kehidupan yang terjadi baik dari politik sampai percintaan. Namun, pada umumnya drama yang berasal dari India ini lebih fokus membahas perjuangan cinta dari Raja Jalaluddin Muhammad Akbar yang diperankan oleh Rajat Thokas dan Ratu Jhoda Bai yang diperankan oleh Paridhi Sharma.
ADVERTISEMENT
Mereka berdua terbilang sukses memerankan kedua tokoh penting kerajaan Mughal tersebut. Terbukti banyaknya penggemar yang setia menanti tayangan drama mereka.
Teruntuk para wanita berikut pelajaran hidup yang bisa diambil dari drama Jhoda Akbar:
1. Jangan terlalu membenci seseorang
Seperti yang dikisahkan dalam drama tersebut, awalnya Raja Jalal sangat membenci kerajaan tempat di mana Ratu Jodha di besarkan.
Ia rela mengahabiskan harta benda hanya untuk menguasai tanah Ratu Jhoda. Begitupun dengan Ratu Jhoda, ia sangat membenci Jalal. Karena perangainya yang sombong dan keras kepala.
Bahkan ratu Jodha berani mengambil sumpah untuk meletakkan kepala Jalal di bawah kaki leluhurnya.
Namun, siapa sangka kebencian justru berbalik menjadi kecintaan yang teramat sangat. Saking cintanya, Ratu Jhoda yang berbeda keyakinan rela di semayamkan sesuai syariat Islam demi menghargai cinta Raja Jalal. Nah, kamu gimana nih? Apa yang sudah doi korbankan untukmu?
ADVERTISEMENT
2. Cantik saja tidak cukup, wanita butuh kecerdasan untuk menaklukkan laki-laki
Seorang raja yang terkenal keras kepala saja bisa ditaklukkan oleh cinta. Apalagi kamu yang berusaha menaklukkan dia yang bukan raja hihi.
Jika selama ini kita mendengar tentang kehidupan seorang raja, yang bergelimang harta dan wanita. Bahkan tak pernah menghargai siapa itu wanita.
Dengan sikap dan kecerdasan Ratu Jhoda ia mampu menaklukkan singa India. Ratu Jhoda mampu mengubah perspektif wanita di mata Raja Jalal.
Bukan lagi cinta, Raja Jalal sampai tergila-gila lho guys.
3. Di samping laki-laki yang sukses ada wanita hebat yang bersamanya
Jika selama ini "Di balik laki-laki hebat" sekarang "Di samping laki-laki hebat".
Wanita bukan di belakang tapi di samping. Bukan lagi sebagai pendorong tetapi sebagai partner.
ADVERTISEMENT
Dalam sebuah hubungan mereka harus berjalan berdampingan untuk sampai pada kata "Berhasil".
Yap, itulah yang bisa diambil dalam drama Jodha Akbar. Kesetiaan Ratu Jodha dalam menemani setiap perjuangan Raja Jalal, sukses membawanya sebagai Raja Mughal yang perkasa.
Sejak pernikahannya jugalah, Raja Jalal mampu menaklukkan tanah India. Dan mendirikan berbagai pusat pendidikan, kesehatan serta ekonomi. Semua tidak terlepas dari bantuan dan cinta Ratu Jhoda.
4. Kesalahan yang berulang, harus ditindak dengan tegas. Bukan tentang siapa dia, tapi bagaimana seharusnya
Point terakhir ini sepertinya lebih tertuju ke berbagai aspek bukan saja wanita.
Sikap Raja Jalal yang menghukum ibu sambungnya yang sangat ia cintai adalah tindakan terhormat atas dasar apa pun. Tidak memandang cinta dan siapa dia, jika kesalahan tersebut menyangkut banyak hidup silakan bersikap tegas.
ADVERTISEMENT
Sikap Ratu Jodha yang sabar namun tegas dalam hal apa pun, membuat dirinya disegani. Kamu wanita, berhak untuk feminis (anggun dan cantik). Tapi bukan berarti ke feminisanmu menghalangi serigala di hatimu.
Tetaplah anggun namun tanggap dalam hal apa pun. Karena ketegasanmu adalah awal kokohnya istanamu. Jika istanamu berdiri kokoh, siapa saja akan kehilangan nyali untuk sembarangan mendekatimu.
Dan masih banyak lagi kisah inspirasi tentang kehidupan yang bisa diambil dari drama Jodha Akbar. Eits, walaupun itu hanya sebatas drama, sukses ya membawa polemik kehidupan yang benar-benar terjadi ke dunia perfilman.
Buat kamu wanita semangat berproses.
Ilustrasi wanita India sedang menari. Sumber foto: Pixabay
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi wanita India sedang menari. Sumber foto: Pixabay