kumparan
11 Apr 2017 12:23 WIB

5 Tanaman Herbal yang Mampu Mencegah Timbulnya Sel Kanker

Tanaman Tapak Dara (Foto: instagram/@loociyaa)
Kanker menjadi salah satu 'musuh' bagi manusia. Tak terhitung jumlah orang yang harus meregang nyawa akibat menderita kanker. Mulai dari kanker usus, sel darah putih, payudara, hingga kanker otak. Terlebih lagi, hingga kini ilmuwan juga belum bisa menemukan obat yang mampu menyembuhkan kanker.
ADVERTISEMENT
Meski demikian, rupanya ada sederet tanaman herbal yang dipercaya mampu mencegah munculnya sel kanker, bahkan mengobatinya. Berikut daftarnya:
1. Mengkudu
Loading Instagram...
Mengkudu sudah terkenal sebagai buah yang memiliki segudang manfaat. Aneka ekstrak buah mengkudupun beredar di pasaran. Semua mengunggulkan kemampuan mengkudu dalam memerangi sel kanker.
Buah mengkudu mengandung dammacanthel yang terdapat pada daging buah mengkudu. Dammacanthel adalah zat antikanker yang mampu melawan kelainan sel kanker yang sedang memasuki stadium pra kanker dan mencegah perkembangannya.
Cara membuatnya? Amat mudah. Kamu cukup memeras dua atau tiga buah mengkudu dan campurkan dengan sedikit madu. Pilih buah mengkudu yang belum terlalu matang, ya!
2. Daun Dewa
Loading Instagram...
Tanaman yang satu ini juga termahsyur kemampuannya dalam memerangi sel kanker. Daun dewa bisa dengan mudah kamu racik sendiri di rumah.
ADVERTISEMENT
Kamu hanya perlu menyediakan daun dewa segar, temulawak putih dan jombang yang direbus berbarengan pada 600cc air. Sisa air rebusannya bisa kamu minum setiap pagi untuk mendapatkan manfaat baik daun dewa bagi kesehatan tubuh. Jika tak terlalu suka rasa pahit, kamu bisa mencampurkannya dengan sedikit madu.
3. Tapak Dara
Loading Instagram...
Tanaman yang satu ini ampuh melawan kanker payudara. Pemilik nama latin catharanthus roseus ini mengandung alkaloid vinka, vinkristin, dan vinblastin yang mampu menghambat perkembangan sel kanker dalam tubuh.
Untuk mengonsumsinya, kamu hanya perlu menyediakan 22 lembar daun tapak dara, kulit kayu pulasari dan buah adas. Rebus semuanya dengan takaran tiga gelas air dan saring. Jika dikonsumsi rutin selama satu bulan, Tapak Dara akan mampu mengobati kanker.
ADVERTISEMENT
4. Benalu
Loading Instagram...
Meski dianggap sebagai tanaman hama, benalu ternyata memiliki segudang manfaat, lho! Salah satunya tentu saja sebagai tanaman yang berkhasiat menghambat perkembangan sel kanker. Semua karena kandungan saponin, alkaloid, flavonoid, dan tanin yang dimiliki benalu.
Kamu hanya perlu merebus 5 gram, 3 gram daun teh, 5 gram rimpang kunir putih, beserta 600 gram air. Sangat sempurna untuk dikonsumsi tiga kali sehari sebagai minuman penunjang bagi kamu yang menjalani kemoterapi.
5. Keladi Tikus
Loading Instagram...
Daun keladi tikus alias rodent tuber terkenal bisa menghentikan kanker secara total. Daun yang bentuknya menyerupai ekor tikus ini harus diolah dengan tepat untuk bisa mengambil manfaat baiknya. Daun ini juga bisa membersihkan usus, menawar racun narkoba, mengobati bisul, dan antibiotik. Namun hati-hati saat mengolahnya, karena jika salah daun ini justru akan menjadi racun.
ADVERTISEMENT
Kamu harus mendiamkan daun ini beserta batangnya selama tujuh hari sebelum mengolahnya. Setelah tujuh hari, rendam seluruhnya dalam air selama 30 menit, lalu tumbuk hingga halus. Setelah itu, bubuknya bisa kamu konsumsi setiap hari!
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·