kumparan
Woman10 Oktober 2017 8:14

7 Hal yang Perlu Anak Ketahui saat Mereka Beranjak Remaja

Konten Redaksi kumparan
Ilustrasi ibu dan anak remaja perempuannya
Ilustrasi ibu dan anak remaja perempuannya (Foto: Thikstock)
Bertambahnya usia seorang anak tentu membuat orang tua harus lebih pintar dalam mendidik anaknya agar menjadi pribadi yang lebih mandiri. Terutama pada anak yang telah duduk di bangku Sekolah Menengah Atas (SMA),ada beberapa kemampuan perlu diajarkan agar anak tidak melulu bergantung kepada orang tua.
ADVERTISEMENT
Mulai dari bangun tepat waktu, membuat bekal sendiri, mencuci baju hingga mengajarinya untuk berani naik angkutan umum merupakan sederet hal yang harus diketahui anak saat usia mereka sudah beranjak remaja. Selain membuat anak menjadi mandiri, orang tua bisa mengajarkan anak agar mampu bertanggung jawab pada kegiatan yang mereka lakukan.
Lantas, hal apa saja yang kira-kira bisa diajarkan orang tua saat anak mereka sudah berusia remaja? Dilansir Parenting, inilah 7 hal yang anak harus pahami saat mereka duduk di bangku SMA:
1. Bangun Pagi
Ajarkan anak untuk terbiasa bangun pagi
Ajarkan anak untuk terbiasa bangun pagi (Foto: Thinkstock)
Setiap anak dituntut untuk mampu bangun pagi. Hal dasar inilah yang pertama kali harus dibiasakan oleh para orang tua dalam mengajari anak mereka untuk bisa bangun tepat waktu.
ADVERTISEMENT
Ajarkan anak untuk menyetel alarm lebih pagi agar mereka bisa melakukan hal penting lainnya sebelum berangkat sekolah. Pekerjaan rumah seperti membantu Anda membuatkan sarapan atau bekal bisa diajarkan kepada anak sambil menunggu waktu keberangkatan sekolah.
2. Membuat Bekal Sendiri
Membuat bekal sendiri
Membuat bekal sendiri (Foto: Thinstock)
Jika seorang anak sudah berhasil bangun pagi tepat waktu, maka biasakan anak untuk mampu menyiapkan bekal seorang diri. Mungkin anak Anda tak akan sempat untuk memasak bersama Anda di pagi hari, namun baik ibu atau ayah bisa menyuruh anak mereka untuk mempersiapkan bekalnya sendiri. Hal ini tentu bisa meningkatkan kreativitas anak Anda dalam menyusun bekal. Biarkan anak untuk memilih tempat makan atau bentuk bekal yang mereka inginkan agar sensasi memakan bekal lebih terasa menyenangkan.
ADVERTISEMENT
3. Mencuci Baju
Biasakan anak untuk mencuci baju
Biasakan anak untuk mencuci baju (Foto: Thinkstock)
Ada baiknya untuk mengajarkan anak mencuci bajunya sendiri. Tak perlu menyuruhnya untuk mencuci setiap hari karena keterbatasan waktu yang dimiliki oleh anak saat berada di rumah. Kegiatan sekolah yang sudah membuat mereka lelah tentu akan membuat anak enggan melakukan hal tersebut.
Anda bisa menyuruh anak Anda mencuci baju mereka saat akhir pekan. Ajarkan anak untuk membiasakan mencuci baju tidur yang mereka kenakan setelah atau sebelum mereka mandi.
4. Memotivasi Diri Sendiri
Motivasi anak agar mampu bertanggung jawab
Motivasi anak agar mampu bertanggung jawab (Foto: Thinkstock)
Seorang anak yang sudah beranjak remaja tentu harus mampu untuk memotivasi dirinya sendiri. Tak melulu bergantung pada orang tua demi mendapatkan motivasi dalam hidup, ajarkan anak Anda untuk belajar bertanggung jawab pada semua kegiatan yang ia lakukan. Dengan bertanggung jawab, maka anak akan termovitasi untuk melakukan semua hal dengan maksimal.
ADVERTISEMENT
5. Pergi Berbelanja Keperluan Rumah Tangga
Pergi berbelanja keperluan rumah tangga
Pergi berbelanja keperluan rumah tangga (Foto: Thinkstock)
Meskipun berbelanja keperluan rumah tangga merupakan tugas seorang ibu, namun percayakan pekerjaan tersebut kepada anak Anda yang sudah beranjak remaja. Cara ini akan melatih anak Anda untuk berani dalam berinteraksi dengan orang asing. Berikan uang lebih sebagai bonus agar anak bisa memilih benda atau makanan yang mereka inginkan saat pergi ke berbelanja.
6. Berbicara pada Orang Asing
Remaja
Punya sahabat baik sejak remaja? (Foto: Thinkstock)
Orang tua memang tidak diperbolehkan untuk membiarkan anak sembarangan berbicara dengan orang asing. Namun, hal ini perlu diajarkan kepada anak agar mereka berani untuk bertanya kepada orang yang tidak dikenal. Dengan membiasakan hal ini, anak akan mengetahui sifat-sifat orang dan mengajarkan mereka untuk menghargai orang lain.
ADVERTISEMENT
7. Naik Kendaraan Umum
Biasakan anak untuk naik angkutan umum
Biasakan anak untuk naik angkutan umum (Foto: Thinkstock)
Sudah waktunya untuk membiarkan anak naik angkutan umum seorang diri. Tak perlu takut, selama Anda memberikan kepercayaan penuh kepada anak Anda maka semuanya akan berjalan baik-baik saja, termasuk saat anak menaiki kendaraan umum ke sebuah tempat. Ajarkan anak mengenai cara menjaga diri, terutama dalam berada di transportasi umum, misalnya tidak mengeluarkan barang berharga atau tidak meletakkan tas di punggung.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan