Woman
·
13 Juni 2017 12:08

Kamu Siap Jadi Mahasiswa Baru? Lakukan Dulu 8 Hal Ini

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Kamu Siap Jadi Mahasiswa Baru? Lakukan Dulu 8 Hal Ini (72625)
Ilustrasi mahasiswa baru. (Foto: Thinkstock)
Menapaki kehidupan yang baru menjadi mahasiswa adalah sebuah tantangan tersendiri dalam hidup. Karena kamu akan mengalami sebuah transisi yang cukup besar antara perpindahan masa SMA ke masa perkuliahan.
ADVERTISEMENT
Tak heran jika banyak mahasiswa baru atau maba yang merasa stres saat memasuki semester pertama perkuliahan. Sebagian besar merasa tak siap untuk berubah menjadi sosok yang lebih mandiri, dan sebagiannya lagi mungkin masih belum bisa menyesuaikan diri untuk menjadi seorang mahasiswa.
Untuk mencegah hal ini terjadi, ada beberapa hal yang perlu kamu persiapkan demi mampu menjalani kehidupan kampus dengan baik. Dilansir US News, inilah sederet hal yang perlu kamu persiapkan untuk menjadi seorang maba:
1. Banyak Membaca
Kamu Siap Jadi Mahasiswa Baru? Lakukan Dulu 8 Hal Ini (72626)
Banyak membaca. (Foto: Thinkstock)
Berbeda dengan masa SMA, saat kuliah kamu akan lebih sering dituntut untuk membaca. Jadikanlah membaca sebagai hobi baru kamu saat memasuki dunia perkuliahan. Dengan sering membaca, kamu juga dapat dengan mudah mengetahui minat kamu sehingga kamu bisa menentukan mata kuliah dan konsentrasi jurusan apa yang ingin kamu ambil.
ADVERTISEMENT
2. Tumbuhkan Minat pada Teknologi
Kamu Siap Jadi Mahasiswa Baru? Lakukan Dulu 8 Hal Ini (72627)
Tumbuhkan minat pada teknologi. (Foto: Thinkstock)
Saat kuliah, kamu akan dituntut untuk lebih mandiri yang mana kamu akan mengerjakan semuanya serba sendiri. Jika kamu masih menolak beradaptasi dengan teknologi, maka nantinya kamu akan mengalami kesusahan terutama dalam mengerjakan tugas. Cobalah untuk mendalami bidang teknologi untuk mempermudah kamu dalam mengerjakan tugas kuliah.
3. Tingkatkan Soft Skills
Kamu Siap Jadi Mahasiswa Baru? Lakukan Dulu 8 Hal Ini (72628)
Tingkatkan soft skills. (Foto: Thinkstock)
Tuntutan untuk menjadi lebih mandiri akan mendorong kamu untuk mengembangkan soft skills berkomunikasi yang kamu miliki. Karena kamu akan bertemu dengan banyak orang baru.
Dalam dunia perkuliahan, setiap mahasiswa akan bersaing unjuk gigi, menunjukkan kemampuan masing-masing mereka. Oleh karena itu, kamu perlu mengembangkan tingkat kepemimpinan dan kemampuan menyelesaikan masalah karena hal ini kelak akan berguna saat kamu magang atau setelah lulus.
ADVERTISEMENT
4. Perbaiki Manajemen Waktu
Kamu Siap Jadi Mahasiswa Baru? Lakukan Dulu 8 Hal Ini (72629)
Perbaiki manajemen waktu. (Foto: Thinkstock)
Tidak ada waktu untuk bermain-main lagi ketika kamu sudah masuk kuliah. Ya, kamu perlu membedakan antara masa SMA dan kuliah, karena apa yang akan kamu perbuat saat kuliah akan menentukan masa depan kamu.
Sebaiknya, perbaiki manajemen waktu kamu agar kamu bisa menyeimbangkan antara waktu kuliah dan waktu bermain. Gunakan aplikasi pengaturan waktu di smartphone kamu agar hidup kamu lebih tertata.
5. Jadilah Mahasiswa yang Baik
Kamu Siap Jadi Mahasiswa Baru? Lakukan Dulu 8 Hal Ini (72630)
Jadilah mahasiswa yang baik. (Foto: Thinkstock)
Tak ada gunanya untuk berlama-lama di kampus jika tidak ada kegiatan yang mengharuskan kamu untuk berada di kampus. Sebaiknya, manfaatkan waktu sebaik mungkin dengan mengerjakan hal lain yang lebih bermanfaat. Kamu harus bisa menjaga diri kamu sendiri dengan tidak bertindak yang justru malah bisa merugikan kamu saat kuliah. Ikuti semua prosedur kampus dengan baik agar kamu terhindar dari masalah.
ADVERTISEMENT
6. Mendekatkan Diri dengan Dosen
Kamu Siap Jadi Mahasiswa Baru? Lakukan Dulu 8 Hal Ini (72631)
Mendekatkan diri dengan dosen. (Foto: Thinkstock)
Jadilah mahasiswa yang dikenal oleh dosen dengan segala prestasi yang kamu buat. Menjalin hubungan dengan dosen tentu memberikan manfaat yang cukup banyak, salah satunya adalah kelak kamu bisa diangkat sebagai asdos atau asisten dosen. Hal ini akan menjadi sebuah pengalaman berharga dan tentu akan membuat orang tua kamu bangga.
7. Ikuti UKM (Unit Kegaiatan Mahasiswa)
Kamu Siap Jadi Mahasiswa Baru? Lakukan Dulu 8 Hal Ini (72632)
Ikuti UKM (Unit Kegaiatan Mahasiswa). (Foto: Thinkstock)
Untuk menjadi mahasiswa yang aktif, kamu perlu mengikuti UKM atau Unit Kegiatan Mahasiswa yang akan meningkatkan soft skills kamu. Bertemu dengan orang banyak akan membuat kamu lebih banyak memiliki teman.
Pengalaman berorganisasi juga akan menolong kamu untuk bisa diakui oleh perusahaan yang akan kamu lamar nantinya. Karena jika kamu mempunyai latar belakang berorganisasi maka kamu akan dipercaya untuk mampu bekerja di dalam sebuah tim.
ADVERTISEMENT
8. Cari Info Beasiswa
Kamu Siap Jadi Mahasiswa Baru? Lakukan Dulu 8 Hal Ini (72633)
Cari info mengenai beasiswa. (Foto: Thinkstock)
Kamu harus mempunyai target saat berkuliah. Jangan hanya memiliki target untuk lulus cumlaude saja, namun kamu juga harus melebarkan sayap dengan mencari beasiswa untuk menunjang pendidikan dan karier kamu kedepannya. Carilah beasiswa baik di dalam negeri ataupun di luar negeri untuk menambah pengalaman dalam mengenyam pendidikan.
Selamat menjadi mahasiswa baru!