kumparan
11 Apr 2017 11:51 WIB

Mengenal Penyebab Berkembangnya Sel Kanker

Makanan pemicu kanker. (Foto: Thinkstock)
Setiap penyakit yang ada dalam tubuh manusia tak akan muncul begitu saja jika tak ada pemicunya. Begitu pula dengan kanker.
ADVERTISEMENT
Meski tak ada yang tahu secara pasti apa yang menyebabkan terjadinya mutasi gen pada sel dalam tubuh manusia, namun hal ini diyakini merupakan akumulasi dari berbagai faktor. Mulai dari keturunan hingga pola makan yang buruk.
Semuanya memegang peranan penting dalam memicu munculnya sel kanker pada tubuh manusia. Lantas, hal apa saja yang bisa jadi pemicu berkembangnya sel kanker dalam tubuh?
Yang pertama adalah faktor keturunan. Ini merupakan penyebab yang sudah tak bisa diganggu gugat lagi. Sejak dilahirkan ke dunia, tubuh manusia telah tersusun dengan triliunan rangkaian sel yang diturunkan oleh keluarga.
Orang tua kandung menjadi penentu utama dalam hal ini. Jika salah satu orang tua kamu memiliki keturunan kanker, maka kamu memiliki risiko terkena kanker yang jauh lebih besar dibanding orang lain.
ADVERTISEMENT
Di luar faktor keturunan, pengaruh luar atau karsinogen jadi penyebab yang cukup mengagetkan banyak orang. Sel kanker dalam tubuh kamu bisa muncul akibat pola makan dan gaya hidup yang tidak sehat.
Terlalu banyak mengonsumsi daging merah seperti sapi dan kambing bisa meningkatkan risiko kamu terkena kanker usus. Aneka daging olahan seperti sosis dan kornet telah terkenal sebagai pemicu kanker yang mematikan.
Loading Instagram...
Selain itu, alkohol dan rokok juga memiliki reputasi buruk serupa. Alkohol bisa memicu munculnya kanker hati, usus, dan payudara pada manusia.
Loading Instagram...
Aneka makanan yang digoreng serta makanan instan yang mengandung banyak bahan kimia dan pengawet juga bisa memicu kanker. Sebut saja popcorn, minuman bersoda dan aneka minuman yang mengandung pemanis buatan, buah berpestisida yang tidak dicuci dengan baik, makanan kaleng, tepung putih, hingga kentang goreng.
ADVERTISEMENT
Loading Instagram...
Selain makanan, radiasi dari paparan sinyal telepon genggam, nuklir, dan sinar UV dari matahari juga berpotensi jadi penyebab kanker.
Jika ingin meminimalisir kemungkinan terkena kanker, jauhi makanan yang telah disebutkan di atas. Perbanyak konsumsi sayuran hijau dan aneka makanan berserat tinggi.
Karena yang bisa menjauhkan kamu dari kanker hanyalah pola hidup sehat. Mencegah lebih baik dari mengobati, bukan?
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·