Konten dari Pengguna

Hutan Kota GBK: Oase Hijau di Jantung Jakarta

MUHAMMAD NIZAD FIFMA FATUBA
Mahasiswa D3 teknik telekomunikasi institut Teknologi telkom purwokerto
28 Juli 2023 16:23 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
1
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari MUHAMMAD NIZAD FIFMA FATUBA tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Dokumen Pribadi Suasana Lingkungan Hutan Kota GBK
zoom-in-whitePerbesar
Dokumen Pribadi Suasana Lingkungan Hutan Kota GBK
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Pusat Kota Jakarta, sebagai salah satu metropolitan terpadat di dunia, dikenal dengan lalu lintas yang padat, gedung pencakar langit yang menjulang tinggi, dan hiruk-pikuk aktivitas kota yang tak pernah berhenti. Namun, di tengah kesibukan dan kemegahan urban ini, tersembunyi suatu harta karun hijau yang bernama Hutan Kota GBK (Gelora Bung Karno). Sebagai oase hijau di pusat kota, Hutan Kota GBK menyimpan potensi dan manfaat luar biasa yang tak boleh diabaikan.
ADVERTISEMENT

Sebuah Ruang Bernapas di Tengah Beton dan Besi

Hutan Kota GBK merupakan kompleks olahraga yang terkenal di Jakarta, terletak di kecamatan Tanah Abang. Dibangun pada tahun 1962 untuk menyambut Asian Games pertama di Indonesia, tempat ini telah menyaksikan momen bersejarah dalam sejarah olahraga tanah air. Awalnya, area ini didesain sebagai pusat olahraga dan hiburan, yang menawarkan berbagai fasilitas seperti stadion, lapangan, dan gedung pertemuan.
Namun, dengan semakin meningkatnya urbanisasi dan perkembangan kota, area ini juga mengalami dampak negatif. Kemajuan kota Jakarta membawa perubahan besar pada lingkungan sekitar, dan Hutan Kota GBK tidak luput dari tekanan pembangunan dan konversi lahan. Sebagai respons atas perubahan iklim dan pergeseran kesadaran akan keberlanjutan, keputusan bijaksana pun diambil untuk menghidupkan kembali area ini sebagai Hutan Kota.
ADVERTISEMENT

Keindahan dan Keberagaman Hayati

Hutan Kota GBK memberikan pemandangan yang menakjubkan bagi para pengunjungnya. Pepohonan yang rindang, danau buatan, dan berbagai area terbuka hijau menciptakan suasana yang menenangkan dan menyegarkan. Kehadiran beragam flora dan fauna juga menjadi daya tarik utama bagi para pecinta alam dan fotografi.
Tumbuhan dan pohon di Hutan Kota GBK bukan hanya berperan sebagai unsur estetika semata, tetapi juga berperan penting dalam menjaga kualitas udara di lingkungan sekitarnya. Dalam kota yang padat seperti Jakarta, tingkat polusi udara cenderung tinggi. Oleh karena itu, Hutan Kota GBK menjadi penyeimbang alami yang membantu menyaring dan mengurangi polutan, menciptakan udara yang lebih segar dan sehat.

Edukasi dan Konservasi Lingkungan

Hutan Kota GBK juga berperan sebagai pusat pendidikan dan konservasi lingkungan. Berbagai program edukasi lingkungan diselenggarakan di sini, khususnya untuk para siswa dan anak-anak. Melalui kegiatan ini, para pengunjung diajak untuk memahami pentingnya menjaga ekosistem dan pentingnya pelestarian flora dan fauna.
ADVERTISEMENT
Sebagai bagian dari upaya konservasi, Hutan Kota GBK juga berperan dalam melindungi spesies-spesies tanaman dan hewan yang mungkin terancam punah atau langka. Melalui pemeliharaan dan penanaman berbagai tumbuhan asli, serta perlindungan terhadap habitat satwa liar, Hutan Kota GBK menjadi rumah bagi keanekaragaman hayati kota.

Rekreasi dan Kesehatan

Bagi warga Jakarta, Hutan Kota GBK menyediakan ruang terbuka hijau yang ideal untuk rekreasi dan berolahraga. Berjalan-jalan di bawah pepohonan, jogging mengelilingi danau, atau bersepeda mengelilingi kompleks, semua ini dapat membantu mengurangi stres dan meningkatkan kesehatan fisik dan mental.
Selain itu, area ini juga sering digunakan untuk berbagai acara dan festival terbuka, termasuk konser musik, pameran seni, dan kegiatan sosial lainnya. Hutan Kota GBK menjadi tempat berkumpulnya berbagai kalangan masyarakat, menciptakan ikatan sosial yang lebih kuat di antara penduduk kota.
ADVERTISEMENT