Kritisi Terhadap Pemerintah Mengenai Bursa Tenaga Kerja Online

Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang Nama : Mochammad Tama Ashari Nim : 202010180311192 Prodi : Ekonomi Pembangunan
Konten dari Pengguna
14 Mei 2022 11:29
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari Mochammad Tama Ashari tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Kritisi Terhadap Pemerintah Mengenai Bursa Tenaga Kerja Online (36133)
zoom-in-whitePerbesar
https://unsplash.com/photos/MYbhN8KaaEc
Layanan Dinas Tenaga Kerja memiliki fungsi untuk mempertemukan pencari kerja dengan pemberi kerja, di Kabupaten Pasuruan sendiri Dinas Tenaga Kerja memiliki program bursa kerja online yang bernama Hellowork sebagai layanan untuk masyarakat terutama pencari kerja untuk dipertemukan dengan pemberi kerja secara online.
ADVERTISEMENT
Program tersebut memiliki tujuan untuk menyebarluaskan informasi tentang lowongan pekerjaan yang ada di Kabupaten Pasuruan dan program tersebut memberikan pelayanan publik kepada masyarakat yang mencari pekerjaan.
Berdasarkan wawancara yang saya lakukan dengan staff Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Pasuruan, masih banyak pencari kerja yang masih awam terhadap kemajuan informasi dan teknologi, hal tersebut menunjukkan bahwa kualitas SDM Ketenagakerjaan di Kabupaten Pasuruan masih rendah sehingga mereka kesulitan dalam mengakses program online yang telah disediakan oleh Dinas Tenaga Kerja di Kabupaten Pasuruan.
Yang saya sayangkan adalah peran Dinas Tenaga Kerja yang kurang optimal dalam memberi layanan kepada masyarakat yang mencari pekerjaan, seharusnya Dinas Tenaga Kerja memberikan edukasi kepada masyarakat yang awam terhadap informasi dan teknologi terutama pada program Hellowork.
ADVERTISEMENT
Dinas Tenaga Kerja harus memberi edukasi kepada masyarakat tentang program tersebut dan meningkatkan program pelatihan-pelatihan tenaga kerja untuk meningkatkan kualitas SDM yang ada di Kabupaten Pasuruan.
Sebenarnya Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Pasuruan sudah berupaya untuk meningkatkan kualitas SDM Ketenagakerjaan dengan memberi pelatihan di Balai Latihan Kerja sebagai lembaga yang berada dibawah naungan Disnaker.
Akan tetapi, masih banyak angkatan kerja yang kualitasnya rendah dan masih awam terhadap informasi dan teknologi. Oleh karena itu, Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Pasuruan harus terus berupaya agar para pencari kerja termotivasi dan meningkatkan potensinya sesuai dengan bidang yang mereka kuasai, hal tersebut akan berpengaruh terhadap kualitas kinerja mereka kedepannya yang nantinya akan memberikan dampak positif terhadap peningkatan kualitas tenaga kerja yang ada di Kabupaten Pasuruan.
ADVERTISEMENT