Kenapa Harus Imunisasi, Apa Peran Perawat Pada Imunisasi

Haris Rizki Maulana
1. Profesi Ners 2. Peneliti PUSAD (Pusat Studi Anti-Korupsi Dan Demokrasi) universitas muhammadiyah surabaya 3. Kader Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM)
Konten dari Pengguna
23 April 2024 15:18 WIB
·
waktu baca 4 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Haris Rizki Maulana tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
pixabay.com
zoom-in-whitePerbesar
pixabay.com
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Pekan Imunisasi adalah momen penting dalam upaya meningkatkan cakupan imunisasi di masyarakat. Dalam acara ini, peran perawat menjadi sangat penting dalam menyediakan edukasi, pelaksanaan vaksinasi, dan pemantauan efek samping.
ADVERTISEMENT
Pekan Imunisasi tidak hanya tentang memberikan vaksin kepada individu, tetapi juga tentang membangun kesadaran dan kepercayaan masyarakat terhadap pentingnya imunisasi dalam menjaga kesehatan individu dan masyarakat secara keseluruhan.
Program ini juga suatu momentum perawat dalam memainkan peran penting dalam memantau dan merekam data imunisasi, memastikan bahwa semua orang yang membutuhkan vaksinasi mendapatkannya sesuai dengan jadwal yang ditentukan.
Mereka juga siap memberikan penanganan pertama jika terjadi reaksi alergi atau efek samping lainnya setelah vaksinasi.
Mendapatkan imunisasi sangat penting untuk melindungi diri Anda dan orang lain dari penyakit menular yang dapat dicegah.
Inilah beberapa alasan kenapa harus mempertimbangkan untuk mendapatkan imunisasi
Pencegahan Penyakit
Imunisasi membantu sistem kekebalan karena dapat mengenali dan bertahan terhadap benda asing yang akan masuk pada tubuh kita, sehingga mengurangi risiko tertular penyakit serius atau yang mengancam jiwa seperti campak, influenza, dan hepatitis.
ADVERTISEMENT
Kekebalan kelompok
Dengan mendapatkan imunisasi, Anda berkontribusi terhadap kekebalan kelompok, yang membantu melindungi populasi rentan seperti bayi, orang lanjut usia, dan individu dengan sistem kekebalan lemah yang mungkin tidak dapat menerima vaksin.
Manfaat Kesehatan Masyarakat
Imunisasi adalah intervensi kesehatan masyarakat yang penting dalam mencegah penyebaran penyakit menular di masyarakat, sehingga mengurangi beban penyakit, rawat inap, dan biaya perawatan kesehatan.
Perlindungan Pribadi
Vaksin tidak hanya melindungi Anda dari penyakit namun juga mengurangi keparahan penyakit jika Anda tertular penyakit yang dapat dicegah dengan vaksin, sehingga berpotensi mencegah komplikasi dan rawat inap.
Perawat adalah ujung tombak dalam pelaksanaan program imunisasi. Mereka tidak hanya bertanggung jawab untuk memberikan vaksin kepada anak-anak dan orang dewasa, tetapi juga untuk memberikan pemahaman yang komprehensif kepada orang tua tentang pentingnya imunisasi untuk mencegah penyakit menular yang serius. Peran perawat dalam imunisasi mencakup berbagai fungsi penting sepanjang proses vaksinasi:
ADVERTISEMENT
Pendidikan dan Konseling
Perawat mendidik individu tentang pentingnya imunisasi, memberikan informasi tentang penyakit yang dapat dicegah dengan vaksin, keamanan vaksin, dan manfaat vaksinasi. Mereka mengatasi segala kekhawatiran atau kesalahpahaman yang mungkin dimiliki seseorang mengenai vaksin dan menawarkan konseling untuk membantu mereka mengambil keputusan yang tepat.
Penilaian dan Penyaringan
Perawat menilai riwayat vaksinasi individu, meninjau kontraindikasi dan tindakan pencegahan untuk vaksin tertentu, dan melakukan pemeriksaan untuk menentukan kelayakan vaksinasi berdasarkan usia, status kesehatan, dan imunisasi sebelumnya.
Pemberian Vaksin
Perawat dilatih dalam pemberian vaksin dengan benar, memastikan bahwa vaksin diberikan dengan aman, akurat, dan sesuai dengan protokol yang ditetapkan. Panduan ini memberikan panduan mengenai penyimpanan, penanganan, dan manajemen rantai dingin vaksin untuk menjaga potensi vaksin.
ADVERTISEMENT
Pemantauan dan Dokumentasi
Setelah memberikan vaksin, perawat memantau individu untuk mengetahui adanya reaksi merugikan, memberikan panduan tentang perawatan pasca vaksinasi, dan mendokumentasikan pemberian vaksin secara akurat dalam rekam medis dan daftar imunisasi untuk tujuan pencatatan dan pelacakan.
Pengawasan Keamanan Vaksin
Perawat berperan dalam memantau dan melaporkan efek samping vaksin melalui sistem surveilans yang sudah ada, berkontribusi terhadap pemantauan keamanan vaksin dan memastikan keamanan vaksin yang berkelanjutan.
Promosi dan Advokasi
Perawat mengadvokasi imunisasi pada tingkat individu, komunitas, dan kebijakan, mempromosikan vaksinasi sebagai tindakan kesehatan preventif utama untuk melindungi individu dan komunitas dari penyakit yang dapat dicegah dengan vaksin.
Penjangkauan dan Keterlibatan Komunitas
Perawat terlibat dalam inisiatif penjangkauan komunitas untuk meningkatkan kesadaran tentang pentingnya imunisasi, mengatasi keraguan terhadap vaksin, dan memfasilitasi akses terhadap vaksin bagi populasi yang kurang terlayani.
ADVERTISEMENT
Kolaborasi dan Koordinasi
Perawat berkolaborasi dengan penyedia layanan kesehatan, lembaga kesehatan masyarakat, produsen vaksin, dan pemangku kepentingan lainnya untuk memastikan pemberian layanan imunisasi, mengoordinasikan program vaksinasi, dan mendorong kebijakan dan praktik imunisasi.
Singkatnya, perawat memainkan peran penting dalam imunisasi dengan memberikan pendidikan, penilaian, administrasi, pemantauan, advokasi, dan kolaborasi untuk mendorong penggunaan vaksin, melindungi kesehatan masyarakat, dan mencegah penyebaran penyakit menular.
Keahlian, kepedulian, dan komitmen mereka dalam mendukung imunisasi membantu melindungi individu dan komunitas, sehingga berkontribusi terhadap masyarakat yang lebih sehat dan aman.