kumparan
11 Jan 2017 14:04 WIB

Savanna Gunung Geureudong, Dataran Luas di Balik Rimbunnya Hutan Aceh

ADVERTISEMENT
Sekitar bulan Agustus 2014 lalu, Tim Wandering Season Mahitala Unpar mengadakan ekspedisi pendakian Gunung Geureudong di Kabupaten Bener Meriah, Aceh. Mereka melakukan persiapan ekspedisi ini kurang lebih selama 3 bulan. Tim yang beranggotakan 5 orang anggota Mahitala dan 1 orang anggota Mapala Alaska Aceh mengawali pendakian dari Desa Kampung Pulo Intan. Perjalanan ini memakan waktu 7 hari pendakian.
Gunung Geureudong yang berada di Kabupaten Bener Meriah ini bersebelahan dengan Gunung Burni Telong, dimana Gunung Burni Telong lebih banyak dikenal oleh masyarakat dibandingkan Gunung Geuredong ini. Gunung Geureudong ini memiliki ketinggian 2.885mdpl. Di jalur pendakian ini, sering sekali ditemukan jejak kaki gajah serta kotoran gajah. Namun sangat disayangkan, tim tidak menemukan seekor gajah di Gunung Geureudong hingga akhir pendakian.
ADVERTISEMENT
Pada hari ketiga pendakian, setelah menyelesaikan sarapan pagi, tim langsung bergegas melanjutkan pendakian untuk mencapai savanna karena pada hari ketiga ini target mereka adalah bertemu savanna di Gunung Geureudong. Pada peta, memang terdapat sebuah dataran luas berwarna coklat yang di asumsikan sebagai savanna sehingga pada hari ketiga ini, mereka akan memastikan kebenaran dataran tersebut yang diasumsikan sebagai savanna.
Setelah melewati jalanan yang sedikit menanjak dan rimbunnya hutan tropis Aceh, akhirnya mereka melihat secercah sinar dari ujung pepohonan rimbun. Setelah ditelusuri, mereka sampai di savanna Gunung Gereudong. Rasa capai dan lelah hilang seketika saat melihat betapa luasnya hamparan savanna didepan mereka.
ADVERTISEMENT
Savanna Gunung Geureudong ini memiliki area yang sangat luas, dikelilingi beberapa sumber air dan rawa-rawa. Dari savanna ini, mereka dapat melihat puncak Gunung Geureudong. Selain itu, masih terdapat jejak gajah dan kotoran gajah. Bahkan tim juga menemukan tempat yang dipakai para kawanan gajah untuk beristirahat di savanna ini karena rumput-rumputnya terbuka lebar. Tim memutuskan untuk stay satu malam disana, menikmati indahnya savanna serta mengeksplor daerah sekitar savanna. Mereka sangat senang karena dapat mendapatkan salah satu tujuan mendaki Gunung Geureudong, yaitu melihat savanna.
Azka L. Saffanah
Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan