Woman
·
8 Maret 2017 0:06

Teknik - teknik yang Wajib Dikuasai Penyelam

Konten ini diproduksi oleh EPIC Adventure
Teknik - teknik yang Wajib Dikuasai Penyelam (946972)
searchPerbesar
Gambar 1. (Sumber: Dok. Latihan Tim Ekspedisi Selam Kepulauan Tanimbar Mahitala Unpar)
ADVERTISEMENT
Adakah di antara petualang muda yang gemar menyelam? Atau tertarik menyelam tapi ragu karena merasa clueless? Berikut adalah teknik-teknik dasar yang wajib dikuasai oleh para penyelam, baik pemula maupun professional.
1. Teknik Bernapas
Teknik - teknik yang Wajib Dikuasai Penyelam (946973)
searchPerbesar
Gambar 2. Teknik Bernapas (Sumber: Dok. Latihan Tim Ekspedisi Selam Kepulauan Tanimbar Mahitala Unpar)
Dalam menyelam, penting sekali untuk melakukan teknik pernapasan yang benar. Teknik yang benar adalah dengan mengambil napas secara dalam dan perlahan. Dengan begitu, oksigen dapat mengalir ke seluruh peredaran darah kita. Jangan bernapas dengan terburu-buru, dan jangan juga menahan napas. Bernapas secara dalam dan perlahan juga dapat membantu untuk menenangkan diri. Ingat, yang pasti saat menyelam kita tidak boleh panik.
ADVERTISEMENT
2. Teknik Berenang
Teknik - teknik yang Wajib Dikuasai Penyelam (946974)
searchPerbesar
Gambar 3. Teknik Berenang (Sumber: Dok. Latihan Tim Ekspedisi Selam Kepulauan Tanimbar Mahitala Unpar)
Teknik pergerakan atau berenang dalam menyelam mengandalkan gaya dorong kaki. Perlu diperhatikan juga, ketika mendorong kaki jangan terlalu kencang atau terlalu cepat, karena akan menguras tenaga. Minimalisir gerakan yang tidak dibutuhkan, karena hal ini juga akan menghemat napas.
3. Ekualisasi
Teknik - teknik yang Wajib Dikuasai Penyelam (946975)
searchPerbesar
Gambar 4. Ekualisasi (Sumber: http://scubadiver.co.id)
Saat kita menyelam, tekanan udara dari luar akan menekan gendang telinga kita dan membuat telinga terasa sakit. Untuk mencegah hal tersebut, perlu adanya ‘perlawanan’ terhadap tekanan dari luar tersebut. Caranya adalah dengan melakukan ekualisasi. Teknik yang paling popular adalah dengan menjepit hidung dan menghembuskan udara melalui hidung. Selain itu dapat juga dilakukan dengan menelan ludah atau menggerak-gerakan rahang. Ekualisasi ini tidak hanya dilakukan ketika telinga sudah terasa sakit, justru harus dilakukan sebelum merasa perlu melakukannya.
ADVERTISEMENT
4. Regulator Clearing
Teknik - teknik yang Wajib Dikuasai Penyelam (946976)
searchPerbesar
Gambar 5. Regulator Clearing (Sumber: Dok. Latihan Tim Ekspedisi Selam Kepulauan Tanimbar Mahitala Unpar)
Teknik ini dilakukan ketika selang mengalami kebocoran hingga menyebabkan air masuk ke dalam. Ada dua cara untuk mengatasi hal ini. Pertama dengan menekan tombol purge. Kedua dengan meniup regulator secara manual sampai air keluar.
5. Regulator Recovery
Teknik - teknik yang Wajib Dikuasai Penyelam (946977)
searchPerbesar
Gambar 6. Regulator Recovery (Sumber: Dok. Latihan Tim Ekspedisi Selam Kepulauan Tanimbar Mahitala Unpar)
Apabila mouthpiece terlepas saat menyelam, tidak perlu panik. Kita dapat mengatasinya dengan cara menggapai ujung regulator yang tersambung dengan tabung, kemudian menelusuri hingga bagian mouthpiece terpegang.
6. Masker Clearing
Teknik - teknik yang Wajib Dikuasai Penyelam (946978)
searchPerbesar
Gambar 7. Masker Clearing (Sumber: Dok. Latihan Tim Ekspedisi Selam Kepulauan Tanimbar Mahitala Unpar)
ADVERTISEMENT
Tidak jarang saat menyelam, kita mendapati masker kita berembun. Jangan khawatir, kita dapat melakukan masker clearing dengan cara memasukkan sedikit air melalui bagian atas masker. Kemudian kocoklah air untuk menghilangkan embun, lalu buka sedikit bagian bawah masker sambil menghembuskan udara untuk mengeluarkan air.
7. Naik ke permukaan
Teknik - teknik yang Wajib Dikuasai Penyelam (946979)
searchPerbesar
Gambar 8. Safety Stop (Sumber: https://www.insideunder.com)
Naik ke permukaan harus dilakukan secara perlahan, tidak boleh terlalu cepat. Disarankan untuk melakukan safety stop dimana penyelam berhenti pada kedalaman 5m selama kurang lebih 5 menit. Tujuan dari safety stop ini adalah untuk menetralisir kadar nitrogen dalam tubuh kita. Selama naik ke permukaan, kita juga harus memperhatikan kondisi permukaan, mengetahui posisi kapal, dan melepas surface marker buoy.
ADVERTISEMENT
Demikianlah teknik-teknik dasar dalam menyelam. Sekarang masihkah kamu ragu untuk mengeksplor diri dengan menyelam?
Putri Nadhira S.