Analisis Pengaruh Aplikasi Tik Tok Dalam Menyebarkan Dakwah Islam di Era Digital

Ummi Mahmudah
Mahasiswa Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta semester 1
Konten dari Pengguna
13 Desember 2022 20:31 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Ummi Mahmudah tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
ADVERTISEMENT
Teknologi sebagai alat untuk memudahkan masyarakat mengetahui ajaran Islam dengan mudah. Foto: Dok. Pribadi Ummi Mahmudah
zoom-in-whitePerbesar
Teknologi sebagai alat untuk memudahkan masyarakat mengetahui ajaran Islam dengan mudah. Foto: Dok. Pribadi Ummi Mahmudah
Apa sih berdakwah itu? Berdakwah merupakan kegiatan mengajak, menyeru, atau memengaruhi seseorang. Artinya mengajak atau memengaruhi seseorang untuk melakukan suatu kebaikan yang disampaikan saat berdakwah. Berdakwah juga disebut suatu ibadah yang dilakukan oleh umat muslim yang ramah dan ibadah yang murah karena kita dapat melakukannya di mana saja dan dengan berbagai macam cara. Berdakwah merupakan suatu hal yang dianjurkan oleh umat muslim dalam menyebarkan ajaran Islam. Sebagaimana implementasi dakwah ini sudah dilakukan dari zaman nabi-nabi terdahulu dan sangat ditekankan ketika zaman Nabi Muhammad saw. Hingga zaman sekarang.
ADVERTISEMENT
Pada era globalisasi saat ini yang makin canggih akan teknologi dan komunikasinya, seseorang dapat menjadi mudah untuk menyebarkan ajaran Islam kepada masyarakat. Apalagi dengan berbagai macam aplikasi di sosial media yang makin berkembang pesat, salah satunya adalah aplikasi tiktok. Aplikasi tiktok ini merupakan aplikasi dalam media sosial yang digunakan banyak orang untuk berbagai macam fungsi, seperti komunikasi, mengedit, membuat, dan menyebarkan berbagai video yang berdurasi pendek dengan menarik. Dengan aplikasi tiktok tersebut semua orang baik kalangan muda maupun kalangan tua dapat mengekspresikan dirinya seperti menari, bernyanyi, kegiatan sehari-hari, berbagai tutorial, dan masih banyak lagi. Aplikasi tiktok di era digital saat ini sangat cepat menyebar luas dan banyak memberikan pengaruh bagi semua orang baik dari kalangan muda maupun kalangan tua.
ADVERTISEMENT
Berdasarkan yang kita ketahui, bahwa aplikasi tiktok bukan hanya digunakan sebagai media hiburan saja tetapi aplikasi tiktok juga bisa digunakan sebagai media bisnis yang dapat membantu memasarkan produk yang kita jual dengan video promosi yang menarik. Selain itu, pada zaman milenial seperti sekarang ini, aplikasi tiktok digunakan sebagai alat atau media dalam menyebarkan dakwah ajaran Islam. Seiring dengan berkembangnya teknologi, dakwah pun sudah bisa dilakukan secara daring. seperti yang kita ketahui, ada banyak sekali muncul ustaz-ustaz milenial saat ini yang menggunakan berbagai fitur aplikasi tiktok dalam menyebarkan ajaran-ajaran Islam. Munculnya dakwah secara daring dengan aplikasi tiktok ini pun memudahkan masyarakat untuk mengakses, melihat dan mendengar dakwah Islam di mana pun dan kapan pun. Dengan hal ini juga dapat memicu para pendakwah untuk membuat beberapa video atau konten yang berisi ajaran Islam sesuai dengan kreativitas dan idenya masing-masing.
ADVERTISEMENT
Penilaian masyarakat tentang aplikasi tiktok ini pun sangat beragam, ada yang menilai positif dan ada juga yang menilai negatif. Yakinlah bahwa aplikasi tiktok tidak seburuk yang kita fikirkan, penilaian seperti itu sebenarnya sesuai dengan pengguna aplikasi tiktok itu sendiri. Jika mereka menggunakan untuk hal yang negatif maka yang akan mereka dapatkan juga hal yang negatif, tetapi sebaliknya jika mereka menggunakan untuk hal yang positif maka yang akan mereka dapatkan juga hal yang positif. seperti ustaz-ustaz yang berdakwah melalui tiktok, yaitu Ust. Yusuf Mansur, ustaz Syam, Husain Basyaiban, dan masih banyak lagi. Mereka menggunakan media daring dalam menyebarkan dakwahnya yang sangat menarik dan bermanfaat. Metode dakwah yang mereka buat sangat kreatif, unik dan mudah dipahami oleh semua orang bahkan mereka pun dapat menggunakan fitur live streaming untuk bisa langsung menanggapi berbagai pertanyaan orang lain.
ADVERTISEMENT
Makin banyaknya ustaz milenial yang muncul di aplikasi tiktok membuat masyarakat mudah memahami isi dari dakwah yang mereka sampaikan sehingga tidak membuat masyarakat menjadi bosan. Maka dari itu, mari kita sebagai umat muslim bergerak menyebarkan dakwah ajaran Islam seperti yang telah diajarkan oleh Rasulullah saw. Jika belum bisa secara langsung maka bisa kita lakukan melalui media sosial yang dapat menjadi cara yang efektif dalam berdakwah. Dengan adanya video pendek yang kita sebarkan ini semoga dapat membantu kita semua untuk memahami ajaran Islam dan memberikan wawasan dan pengetahuan agama kepada semua orang. Maka dari itu, mari kita memanfaatkan sosial media untuk menyebarkan ajaran Islam kepada masyarakat.
Oleh: Ummi Mahmudah
ADVERTISEMENT