Kebakaran Lahan Hutan Di Sidrap Nyaris Menjalar ke Porta Camp PLTB

Konten Media Partner
9 Agustus 2019 11:09 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Kebakaran Hutan di Area Porta Camp PLTB Sidrap (Makassar Indeks).
zoom-in-whitePerbesar
Kebakaran Hutan di Area Porta Camp PLTB Sidrap (Makassar Indeks).
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Sidrap -- Kebakaran lahan hutan di Desa Mattirotasi, Kecamatan Watang Pulu, Kabupaten Sidrap nyaris menjalar hingga ke area Pembangkit Listrik Tenaga Bayau (PLTB) Sidrap, Kamis sore (8/8).
ADVERTISEMENT
Sekira pukul 15.00 Wita api membesar dan melalap lahan di sekitar Porta Camp PLTB Sidrap. Hal tersebut dibenarkan oleh aparat kepolisian dari Polsek Watang Pulu.
Kanit Intelkam Polsek Watang Pulu Bripka Jufri membenarkan, jika lahan non produktif seluas 1 hektar tersebut membakar beberapa pohon jati dan semak belukar di area porta camp PLTB Sidrap.
Pemadam kebakaran dikerahkan untuk memadamkan api di area lahan hutan lindung di PLTB Sidrap
"Benar jika lahan sekira 1 hektar di area Porta Camp PLTB Sidrap terbakar, namun hal tersebut tidak sampai ke rumah pemukiman warga dan bangunan PLTB," ujar Bripka Jufri, Jumat (9/8).
Dugaan sementara jika adanya api diakibatkan ulah pejalan kaki yang mebuang puntung rokok, di area tersebut juga dipenuhi ranting dan daun kering. Hal tersebut membuat lahan seluas 1 hektar terbakar.
Pemadam kebakaran berjibaku memadamkan api di lahan hutan seluas 1 hektare (Makassar Indeks).
Pihak kepolisian menafsirkan kerugian dari kebakaran lahan ini diperkirakan sekitar Rp. 1.000.000,-. Sementara itu, Bhabinkamtibmas Desa Mattirotasi Brigpol Sudarlin yang berada di TKP saat kejadian mengatakan, bahwa kebakaran lahan yang terjadi ini masuk dalam kawasan hutan lindung.
ADVERTISEMENT
Pemadaman api dilakukan oleh pihak PLTB Sidrap bersama warga sekitar menggunakan satu unit mobil yang memuat gentong 1000 liter air milik kantor PLTB Sidrap dan dibantu oleh satu unit mobil Damkar Kabupaten Sidrap. Api berhasil dipadamkan pada pukul 16.30 WITA.