Kincir PLTB Sidrap, Nuansa Berbeda Rasa Di Eropa

Konten Media Partner
21 Maret 2019 14:52 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
PLTB Sidrap di Desa Lainungan, Kecamatan Watang Pulu (Makassar Indeks)
zoom-in-whitePerbesar
PLTB Sidrap di Desa Lainungan, Kecamatan Watang Pulu (Makassar Indeks)
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Sidrap -- Sejak hadirnya Pembangkit Listrik Tenaga Bayu (PLTB) pertama di Indonesia di Kabupaten Sidrap, nuansa di lokasi tersebut sangatlah berbeda. Tak heran banyak yang menginginkan untuk berswafoto di lokasi tersebut.
ADVERTISEMENT
Jejeran tiang-tiang raksasa dengan ketinggian 80 meter menopang kincir angin berukur super besar yang dipasang di atasnya. Pembangkit listrik ini memiliki kapasitas 75 megawatt yang menjadi pembangkit listrik tenaga angin pertama dan satu-satunya di Indonesia.
Tahun lalu Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan pembangkit listrik tenaga bayu/angin (PLTB) di Desa Mattirotasi dan Desa Lainungan, Kecamatan Watang Pulu, Kabupaten Sidenreng Rappang, (2/7/18).
Peresmian ini menjadi sejarah baru dalam industri energi terbaru nasional. Orang nomor satu di Indonesia ini menyebut dirinya seperti di Eropa saat meresmikan kebun kincir angin raksasa tersebut.
Nah, dari pada jauh-jauh ke Belanda, ada baiknya kamu mengunjungi dulu Watang Pulu di Sidrap, Sulawesi Selatan yang pemandangannya tak kalah dengan kincir angin di Belanda.
ADVERTISEMENT
Lokasi Sidrap memang sekilas seperti berada di Eropa khususnya Belanda yang juga mengandalkan tenaga angin demi memenuhi kebutuhan listrik negaranya. Total ada sekitar 30 wind turbine generator (WTG) atau kincir angin yang terpasang pada PLTB Sidrap dengan area sekitar 100 hektar.
Pembangkit listrik yang berada di Desa Lainungan ini akan menjadi sumber energi listrik untuk Area Sulawesi bagian Selatan. Jika ingin mengunjungi spot ala Eropa ini kamu bisa datang ke Desa Lainungan, Kecamatan Watang Pulu, Kabupaten Sidenreng Rappang, Sulawesi Selatan.
Dari kejauhan, pemandangannya sangat indah sekali. Benar-benar seperti berada di Eropa. Turbin anginnya seperti aksesori yang bakal membuat feed kamu bakal tampil lebih menarik.
Meskipun demikian, lokasi wisata ini memang cukup jauh dari Makassar, jaraknya sekitar 200 kilometer lebih. Jika menggunakan kendaraan darat, menurut perhitungan Google Maps membutuhkan waktu sekitar 4,5 jam.
ADVERTISEMENT
Namun demikian, untuk bisa mencapai Kabupaten Sidrap kamu bisa menggunakan kendaraan umum seperti bus jurusan Palopo atau Toraja selain itu kamu juga bisa menyewa kendaraan kecil ataupun jenis minibus dengan sangat mudah dari Makassar.
Selain menjadi PLTB pertama di Indonesia, PLTB ini juga menjadi yang terbesar di ASEAN sehingga warga Sidrap pasti bangga bisa memiliki PLTB pertama di Indonesia yang juga sekaligus menjadi PLTB terbesar di ASEAN.