kumparan
12 Sep 2019 13:06 WIB

Menyelisik Rumah Masa Kecil BJ Habibie di Parepare, Sulsel

Rumah BJ Habibie di Jalan Bau Masseppe, Kota Parepare. (Foto: Ardiansyah/Makassar Indeks).
Parepare -- Sebagaimana diketahui, BJ Habibie, Presiden ke-3 RI, lahir di Kota Parepare, Sulawesi Selatan (Sulsel), 25 Juni 1963. Jelas, Bapak Teknologi Indonesi itu memiliki banyak kenangan masa kecil di Parepare, terutama di rumah masa kecilnya di Jalan Bau Masseppe.
ADVERTISEMENT
Saat Makassar Indeks berkunjung ke sana, rumah masa kecil BJ Habibie itu tampak bersih dan asri dengan pepohonan di sekitarnya. Kini, rumah tersebut menjadi rumah dinas yang dihuni oleh Kepala Bank BNI Cabang Parepare Sulawesi Selatan.
Pada 83 tahun silam, rumah tersebut merupakan rumah dinas ayah Habibie, Alwi Abdul Jalil, yang bertugas sebagai Kepala Dinas Pertanian. Ibunda Habibie bernama Tuti Marini Puspowardojo.
Penjaga rumah yang juga istri Usman Balo, Icha Hanisa, memperlihatkan ranjang B.J. Habibie sewaktu kecil. (Foto: Ardiansyah/Makassar Indeks).
Di dalam rumah yang teduh dan dikelilingi pohon mangga itu masih tersimpan berbagai peninggalan Habibie, seperti ranjang dan lemari pakaian. Sampai saat ini, barang-barang masa kecil BJ Habibie masih ada di kediaman pejuang Sulsel, Usman Balo.
Rumah berwarna orange peninggalan Habibie yang kini dihuni Kepala Bank BNI Cabang Kota Parepare. (Foto/Ardiansyah).
Sebagai informasi, Usman Balo adalah salah satu tokoh pejuang kemerdekaan di Sulsel. Selain karena keberaniannya dalam melawan penjajah, Usman Balo juga terkenal karena memiliki 108 orang istri. Meski begitu, beliau sangat pantang bercinta sebelum menikah.
ADVERTISEMENT
Menurut Icha Hanisa, penjaga rumah yang juga istri Usman Balo, sosok BJ Habibie adalah pemuda yang santun.
Ia juga ikut menceritakan kisah masa kecilnya saat bermain kelereng di samping rumah Usman Balo dengan teman masa kecilnya, Lacabu.
"Ia (BJ Habibie) sosok pemuda yang ramah dengan temannya, terakhir saya bertemu saat peresmian Monumen Habibie Ainun. Ia mengajak saya ke Jakarta," ujar Icha.
Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan