kumparan
11 Sep 2019 19:15 WIB

Juku Pallu Kaloa, Olahan Ikan Berkuah Hitam Khas Makassar

Juku Pallu Kaloa khas Makassar (Foto: dok. MakassarLapar).
Letaknya yang berada di daerah pesisir membuat Kota Makassar terkenal dengan hasil lautnya yang sangat kaya. Terdapat banyak restoran yang menyajikan hidangan laut sebagai menu utamanya, mulai dari hidangan seafood modern hingga masakan laut yang berasal dari resep lokal.
ADVERTISEMENT
Di Kota Makassar sendiri tentunya memiliki cukup banyak jenis hidangan laut yang berasal dari resep lokal warga setempat. Salah satu menu yang populer yakni Juku Pallu Kaloa yang berarti ikan yang dimasak menggunakan rempah kluwek.
Tentu saja karakteristik tak biasa dari hidangan olahan ikan ini berasal dari kuahnya yang menggunakan rempah kluwek sebagai bumbu utamanya.
Rumah Makan Pallu Kaloa 66 di Makassar (Foto: dok. MakassarLapar).
Tak sulit untuk mendapatkan hidangan Pallu Kaloa di Makassar. Kita dapat menemukannya hampir di setiap sudut kota, terutama di ruas Jalan Tentara Pelajar. Salah satu tempat yang cukup populer untuk menyantap menu Ikan Pallu Kaloa yaitu di Rumah Makan Pallu Kaloa 66, sebab sesuai dengan namanya, rumah makan ini memang mengandalkan Pallu Kaloa sebagai menu utamanya.
ADVERTISEMENT
Pada saat siang hari, tempat ini akan sangat penuh pengunjung sehingga kerap kali kita harus antri menunggu pengunjung lain selesai bersantap.
Suasana ramai di Rumah Makan Pallu Kaloa 66 (Foto: dok. MakassarLapar).
Ketika berkunjung ke rumah makan ini, kita akan ditawarkan dengan berbagai menu olahan seafood yang cukup beragam. Menu yang wajib untuk dicicipi tentunya adalah Ikan Pallu Kaloa. Adapun bahan utama yang digunakan adalah ikan laut jenis kakap bagian kepala yang berukuran cukup besar.
Menurut masyarakat di Kota Makassar, kepala ikan kakap merupakan bagian yang sangat gurih dan sedap untuk disantap, itulah mengapa bagian ikan ini sangat populer bagi masyarakat setempat.
Seporsi Juku Pallu Kaloa yang nikmat (Foto: dok. MakassarLapar).
Kuah Ikan Pallu Kaloa cenderung berwarna hitam cair menyerupai kuah Rawon asal Jawa Timur sehingga menu ini kerap kali disebut-sebut sebagai rawon ikan khas Makassar, meskipun dari segi rasa dan aromanya sudah tentu berbeda.
ADVERTISEMENT
Bercerita tentang cita rasa kuah Ikan Pallu Kaloa, rasa serta aroma yang paling menonjol tentunya adalah rempah kluwek yang membuatnya sekilas menyerupai rasa Rawon. Selain itu, rempah-rempah lain seperti jintan, kayu manis, serta bahan-bahan lain turut mewarnai kekayaan rasa dari Ikan Pallu Kaloa ini sehingga rasanya tidak sesederhana kuah Rawon.
Hal lain yang membuat rasanya berbeda adalah aroma ikan laut yang bercampur ke dalam kuahnya, terasa sedikit amis pada suapan pertama namun akan terbiasa setelah seruputan kuah berikutnya. Tak perlu khawatir jika kita benar-benar tidak terbiasa dengan rasa amis ikan laut dari kuahnya karena kita akan disediakan kuah tambahan yang diracik sedemikian rupa tanpa aroma amis sedikitpun.
Selanjutnya, rasa asam yang pas juga seketika akan memenuhi lidah dan sukses menambah nafsu makan menjadi lebih lahap. Kombinasi dari kuah Pallu Kaloa bercampur dengan kepala ikan kakap yang gurih memang berhasil menciptakan cita rasa yang sangat unik di lidah.
Talur Ikan Goreng (Foto: dok. MakassarLapar).
Menu lain pada rumah makan ini yang patut untuk dicicipi adalah Telur Ikan Goreng, berupa telur ikan laut yang diungkep dengan bumbu khusus lalu digoreng hingga kering. Salah satu menu yang sangat populer ini memiliki rasa yang gurih dan sedikit manis, sangat cocok untuk dicocol bersama dengan sambal cabai rawit.
Lawi-Lawi alias Anggur Laut (Foto: MakassarLapar).
Selain Telur Ikan Goreng, menu lain yang sangat populer di rumah makan ini adalah Lawi-Lawi yang merupakan sebutan lokal warga Makassar untuk rumput laut jenis Anggur Laut (Caullerpa Lentillifera).
ADVERTISEMENT
Untuk penyajiannya tidak direbus terlebih dahulu, melainkan hanya disiram dengan air panas saja untuk tetap menjaga kesegaran serta tekstur kenyal dari Lawi-Lawi tersebut. Selain itu Lawi-Lawi disini disajikan tanpa tambahan bumbu lain, rasa asin yang dihasilkan berasal dari rasa alami Lawi-Lawi itu sendiri.
Yang membuat Provinsi Sulawesi Selatan sangat unik salah satunya adalah karena hasil laut di tempat ini dapat diolah menjadi menu hidangan yang bermacam-macam dengan karakteristik rasa yang berbeda-beda pula. Tak ayal jika Kota Makassar ini juga sering menjadi incaran para pemburu kuliner hidangan laut, sebab selain menu-menunya yang beragam hasil laut di kota ini juga dijamin fresh from the ocean.
RM Pallu Kaloa 66
📍 : Jl. Tentara Pelajar No.66, Kec. Wajo, Kota Makassar
ADVERTISEMENT
💰 : Juku Pallu Kaloa 40K, Telur Ikan Goreng 50K, Lawi-Lawi 10K
⏰ : 09:00 WIB - 22:00 WIB
Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan