kumparan
13 Juli 2018 13:45

Puluhan Ribu Mahasiswa Baru Siap Kepung Kota Malang

MALANGTODAY.NET – Jalur SNMPTN dan SBMPTN 2018 sudah diumumkan, para mahasiswa baru (maba) yang diterima di perguruan tinggi Kota Malang, mulai mengunjungi kota Bunga ini.
ADVERTISEMENT
Tahun ajaran baru memang belum dimulai, tapi para mahasiswa baru tampaknya sudah memadati kota Malang yang penuh dengan berbagai macam perguruan tinggi ini. Mulai dari yang negeri hingga swasta.
Berdasarkan data yang dihimpun oleh TIM MalangTODAY, setidaknya ada 22.687 mahasiswa baru yang masuk ke kota Malang pada tahun 2018 ini.
Jumlah tersebut dibagi ke tujuh perguruan tinggi negeri (PTN) atau perguruan tinggi swasta (PTS), diantaranya adalah Universitas Negeri Malang (UM), Universitas Brawijaya (UB), Politeknik Negeri Malang (Polinema), Universitas Widyagama, Institut Teknologi Nasional (ITN), Universitas Merdeka (Unmer), dan Universitas Islam Malang (Unisma).
Untuk Universitas Negeri Malang sendiri sudah menerima 5.158 mahasiswa baru, yang tersebar di delapan fakultas yang mereka miliki. Angka ini belum termasuk jalur masuk mandiri.
ADVERTISEMENT
Pesaing UM, yaitu Universitas Brawijaya malah jauh lebih besar. UB sudah menerima 8,179 mahasiswa baru, denga rincian SNMPTN sebanyak 3341 dan SBMPTN 4838. Jumlah fakultas di UB pun lebih banyak daripada yang lain, yaitu 16 fakultas.
Selain itu, mahasiswa yang diterima di Universitas Brawijaya juga berasal dari daerah yang lumayan jauh dari Jawa Timur. Rata-rata ada sekitar 20 persen warga Malang asli, 30 persen warga Jabodetabek dan 50 persen dari daerah lainnya.
Satu lagi PTN yang menerima mahasiswa baru di Kota Malang adalah Polinema, yaitu dengan total 3.000 mahasiswa baru yang tersebar di 8 jurusan.
Tentu maba tak hanya datang dari PTN saja, Kota Malang pun juga memilki banyak sekali PTS yang menjadi pelabuhan untuk menimba ilmu. Sebut saja seperti Universitas Widyagama yang menerima 600 maba, ITN dengan 1.500 maba, Universitas Merdeka menerima 750 maba dan terakhir ada Unisma yang menerima 3.500 maba dengan total 10 fakultas.
ADVERTISEMENT
Eits, tapi itu semua belum termasuk para mahasiswa baru yang mendaftar lewat jalur mandiri lho. Pastinya akan bertambah sekitar 500 hingga 1.000 maba lagi.
Well, kita lihat aja apakah Malang masih muat menampung para mahasiswa baru ini? Apakah kedatangan ribuan maba ini memberikan dampak untuk Kota Malang? Ikuti terus ulasan 2018 COVERAGE MABA 2018 dalam program BUNGKUS (Berita Mingguan Khusus) hanya di MalangTODAY untuk menemukan jawaban diatas.
Penulis: Annisa Eka Safitri
Editor: Annisa Eka Safitri
Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan