Konten dari Pengguna

Program MSIB: Peluang Emas untuk Mengasah Kemampuan Mahasiswa di Dunia Industri

Malva Sasmaya Febryana
Mahasiswa Informasi dan Hubungan Masyarakat Universitas Diponegoro
27 Mei 2024 16:16 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Malva Sasmaya Febryana tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
https://www.freepik.com/free-vector/college-campus-concept-illustration_29808783.htm#from_view=detail_alsolike
zoom-in-whitePerbesar
https://www.freepik.com/free-vector/college-campus-concept-illustration_29808783.htm#from_view=detail_alsolike
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Program Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB) Kampus Merdeka adalah program yang memberikan peluang besar bagi mahasiswa untuk mengembangkan kemampuan, pengetahuan, dan sikap profesional mereka di dunia industri. Program ini terbagi dua, yaitu: Program Magang dan Program Studi Independen.
ADVERTISEMENT
Pada Program Magang, mahasiswa bertanggung jawab sebagai trainee atau karyawan magang di perusahaan mitra selama periode waktu tertentu. Selama magang, mahasiswa akan didampingi oleh mentor profesional yang membantu mereka memperoleh ilmu yang relevan dan pembelajaran melalui proyek nyata. Melalui bimbingan ini, mahasiswa dapat mengembangkan keterampilan praktis yang dibutuhkan di dunia kerja. Selain itu, mahasiswa memiliki peluang untuk menjadi karyawan tetap setelah penilaian performa selama magang, jika perusahaan mitra tersebut berminat. Program ini juga memungkinkan mahasiswa untuk mendapatkan sertifikasi keterampilan dari industri, yang akan menjadi nilai tambah bagi karier mereka di masa depan.
Program Studi Independen
Program Studi Independen adalah program pembelajaran non-gelar yang diselenggarakan oleh organisasi atau industri terkait. Program ini dirancang untuk menambah pengetahuan dan keterampilan mahasiswa yang sangat relevan dengan dunia kerja. Berbagai bentuk kegiatan seperti kursus singkat, bootcamp, dan Massive Open Online Courses (MOOC) ditawarkan dalam program ini. Sama seperti program magang, program studi independen juga melibatkan pendampingan oleh mentor profesional. Mahasiswa akan mempelajari kompetensi spesifik yang dibutuhkan di masa depan dan mempraktikkan keterampilan tersebut dalam proyek nyata. Jika berhasil lolos evaluasi, mahasiswa akan diberikan sertifikasi dan memiliki peluang untuk mendapatkan rekomendasi kepada perusahaan atau organisasi mitra terkait.
ADVERTISEMENT
Manfaat Tambahan bagi Mahasiswa
Selain memperoleh ilmu dan pengalaman kerja profesional, mahasiswa juga mendapatkan berbagai manfaat tambahan. Mahasiswa yang mengikuti program ini akan menerima pengakuan kredit atau konversi Satuan Kredit Semester (SKS), sertifikat program, dan dana hidup bulanan sebesar 2.8 juta rupiah. Beberapa mitra juga memberikan biaya hidup tambahan, yang semakin mendukung kesejahteraan mahasiswa selama menjalani program.
Testimoni Peserta Program MSIB
Sebagai salah satu peserta program MSIB, saya merasakan banyak manfaat. Saya mendapatkan banyak ilmu dari mentor dan para ahli di bidangnya, sehingga kemampuan saya berkembang secara bertahap. Bantuan biaya hidup yang diberikan sangat cukup untuk seorang mahasiswa. Oleh karena itu, saya sangat merekomendasikan kegiatan ini kepada mahasiswa yang mencari pengalaman di luar kampus. Program MSIB adalah solusi yang tepat untuk fenomena magang tanpa upah yang marak saat ini.
ADVERTISEMENT
Kesimpulan
Program MSIB Kampus Merdeka adalah sebuah inisiatif yang sangat berharga bagi mahasiswa yang ingin mendapatkan pengalaman kerja nyata dan memperdalam pengetahuan di dunia industri. Dengan berbagai manfaat yang ditawarkan, termasuk konversi SKS, sertifikasi, dan bantuan dana hidup, program ini memberikan kesempatan yang sangat berharga bagi pengembangan diri mahasiswa. Bagi mahasiswa yang mencari pengalaman di luar kampus dan ingin mempersiapkan diri dengan baik untuk dunia kerja, program MSIB adalah pilihan yang sangat tepat.