27 Minggu Berapa Bulan dalam Kehamilan Ya?

Konten dari Pengguna
7 Desember 2021 16:09
·
waktu baca 3 menit
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Mama Rempong tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi 27 minggu berapa bulan dalam kehamilan? Foto: Pixabay
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi 27 minggu berapa bulan dalam kehamilan? Foto: Pixabay
ADVERTISEMENT
Kamu sudah tahu belum kalau 27 minggu berapa bulan dalam kehamilan? Adik Mama baru aja tanya temannya yang lagi hamil dan dijawab pakai hitungan minggu. Dia jadi bingung sendiri deh soalnya dia lebih familiar pakai hitungan bulan.
ADVERTISEMENT
Kalau kamu juga masih sering bingung dengan hitungan minggu, Mama bakal kasih tahu kalau usia 27 minggu adalah akhir dari trimester kedua. Yup benar banget, Ma usia 27 minggu itu setara usia kandungan 6 bulan.
Penasaran enggak sih kalau janin usia 27 minggu sudah bisa ngapain aja di dalam perut? Yuk cari tahu jawabannya.

27 Minggu Berapa Bulan dalam Kehamilan?

Ilustrasi 27 minggu berapa bulan dalam kehamilan? Foto: Pixabay
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi 27 minggu berapa bulan dalam kehamilan? Foto: Pixabay
Sekarang kita sudah tahu ya, kalau 27 minggu setara dengan usia kandungan 6 bulan atau akhir dari trimester kedua. Nah di tahap ini, bayi sudah mulai naik berat badannya. Mengutip What to Expect, sebagian besar bayi seusia ini masih suka meringkuk di dalam rahim.
Di fase ini bayi juga sudah bisa mengenali suara ibunya, lho Ma. Pendengaran si bayi akan berkembang seiring dengan matangnya jaringan saraf ke telinga. Meskipun bayi sudah bisa mulai mendengar, tetapi suara yang dia dengar teredam oleh lapisan vernix yang melapisinya.
ADVERTISEMENT
Coba deh lebih sering mengajak bayi di perutmu untuk mengobrol. Biasanya bayi akan merespons dengan gerakan-gerakan atau tendangan dari dalam perut. Dengan mengajak bayi mengobrol sejak dalam kandungan, bayi akan bisa mengenali suara ibunya dengan lebih jelas nanti ketika lahir.
Perkembangan lain yang bisa terjadi di usia 27 minggu ini adalah bayi belajar mengenal rasa dan cegukan. Misalnya nih, Mama-Mama makan makanan yang pedas. Bayi juga bisa merasakannya lewat perbedaan cairan ketuban.
Dalam beberapa kasus, bayi merespons perbedaan cairan ketuban ini dengan cegukan, Ma. Saat bayi cegukan, kamu mungkin merasakan perutmu jadi lebih kencang. Tetapi bayi cegukan adalah hal yang wajar kok Ma jadi kamu enggak perlu terlalu khawatir.
ADVERTISEMENT

Perubahan pada Tubuh Ibu di Kehamilan 27 Minggu

Kalau tadi kita bahas pertumbuhan janinnya, sekarang kita cari tahu apa saja perubahan yang dirasakan oleh ibu hamil di usia kehamilan 27 minggu atau 6 bulan.
Perubahan yang paling jelas pada kehamilan 27 minggu adalah ukuran rahim yang membengkak. Sayangnya bukan cuma ukuran rahim dan perut doang yang bengkak, tapi bagian tubuh lainnya juga.
Hampir 3 dari 4 wanita hamil mengalami pembengkakan ringan di bagian kaki, pergelangan kaki, dan tangan. Pembengkakan ini disebut edema.
Ilustrasi pembengkakan kaki pada ibu hamil. Foto: Getty Images
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi pembengkakan kaki pada ibu hamil. Foto: Getty Images
Edema terjadi ketika cairan menumpuk di jaringan tubuh kamu untuk peningkatan aliran darah dan tekanan rahim pada vena cava inferior, vena besar di sisi kanan tubuh yang mengembalikan darah dari tungkai bawah ke jantung.
ADVERTISEMENT
Pembengkakan ini benar-benar normal dan bersifat sementara, Ma. Di fase ini, sebaiknya kamu enggak menggunakan barang-barang yang bisa memicu penyumbatan aliran darah di beberapa bagian tubuh seperti cincin atau sepatu yang terlalu ketat.
Tetapi kalau kamu merasa pembengkakannya ini parah banget, kamu harus konsultasi dengan dokter ya. Soalnya ini bisa jadi salah satu tanda preeklamsia.
Gejala preeklamsia biasanya disertai dengan berbagai gejala lain seperti tekanan darah tinggi, sakit kepala berat, penglihatan terganggu, nyeri ulu hati, dan ditemukan protein dalam urine. Kalau kamu enggak mengalami gejala-gejala tersebut, kamu enggak perlu khawatir ya, Ma.
Untuk meredakan pembengkakan, hindari duduk atau berdiri dalam waktu yang lama. Kamu juga bisa coba beberapa olahraga yang sesuai untuk kehamilan seperti berjalan atau berenang. Pastikan juga untuk minum air putih yang cukup setiap hari.
ADVERTISEMENT
Apa saja perkembangan janin 27 minggu?
chevron-down
Apa saja gejala preeklampsia?
chevron-down
Apa saja perubahan pada ibu hamil di usia kehamilan 27 minggu?
chevron-down
(RPR)
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020