Apa Itu Preschool dan Manfaatnya bagi Anak?

Konten dari Pengguna
26 Oktober 2022 13:29 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Mama Rempong tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi preschool adalah (Sumber: Pexels)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi preschool adalah (Sumber: Pexels)
ADVERTISEMENT
Seperti yang kamu ketahui, preschool adalah pendidikan anak usia dini sebelum dia memasuki TK. Namun, apa saja sih yang perlu orang tua ketahui lebih dalam mengenai preschool ini?
ADVERTISEMENT
Perlu Mama-mama ketahui, tahun-tahun awal kehidupan anak merupakan periode yang sangat penting baginya. Makanya ada yang menyebut masa ini merupakan golden age, atau masa emas anak di awal kehidupannya.
Golden age berlangsung dari usia 0-5 tahun. Pada masa ini, pertumbuhan serta perkembangan anak sedang berlangsung begitu pesat. Bahkan, penelitian pun menunjukkan bahwa sekitar 50% kecerdasan orang dewasa mulai terbentuk saat periode ini.
Guna semakin menstimulasi kecerdasannya, enggak ada salahnya buat Mama-mama dan Papa-papa membekali anak-anak pendidikan terbaik sejak dini. Salah satunya adalah dengan memasukkan anak ke preschool.
Preschool bisa dibilang setara dengan PAUD (pendidikan anak usia dini) yang berlangsung di usia 3-5 tahun. Sebelum anak masuk ke sekolah formal yang sesungguhnya.
ADVERTISEMENT
Lantas, sebenarnya apa itu preschool dan apa saja manfaatnya bagi anak? Yuk, simak penjelasan selengkapnya yang telah dirangkum dari berbagai sumber ini!

Pengertian Preschool

Ilustrasi preschool adalah (Sumber: Pexels)
Melansir laman Health of Children, preschool adalah program pendidikan untuk anak usia dini atau yang biasa kita kenal juga dengan PAUD (pendidikan anak usia dini).
Preschool dapat dikelola oleh pemerintah maupun pihak swasta. Metode pembelajaran di preschool memang belum seperti sekolah formal, karena dalam preschool masih lebih banyak menggabungkan antara belajar dan bermain untuk anak. Namun, tetap dengan program terencana dan adanya tenaga ahli serta pengajar yang dipercaya.
Umumnya preschool ditujukan bagi anak usia 3-5 tahun. Selama menjalani preschool, anak-anak akan mulai belajar membaca, berhitung, menggambar, serta keterampilan lainnya secara sederhana.
ADVERTISEMENT
Beberapa preschool pun telah mengajarkan kebiasaan yang memang nantinya anak berguna untuk keseharian si kecil, seperti membereskan mainannya, belajar makan sendiri, memakai sepatu sendiri, berdoa sebelum makan, mencuci tangan, dan lain sebagainya.
Ada berbagai manfaat preschool untuk anak yang perlu orang tua ketahui, antara lain:

1. Meningkatkan Kemampuan Motoriknya

Pada saat preschool, anak akan rutin melakukan kegiatan yang nantinya berpengaruh pada perkembangan motorik si kecil. Kemampuan motorik merupakan yang berhubungan dengan gerakan serta koordinasi otot. Contohnya, bermain puzzle, menyusun balok, menggambar, melipat kertas, dan lain sebagainya.

2. Melatih Kemampuan Sosialisasinya

Ilustrasi preschool adalah (Sumber: Pexels)
Preschool juga menjadi salah satu cara untuk melatih sosialisasi anak. Saat di preschool, anak akan mulai berinteraksi dengan guru serta teman-temannya.
Otomatis, dia pun akan tumbuh rasa empati, rasa peduli, saling peduli pada orang lain, tolong menolong, dan lainnya. Hal ini tentu penting loh buat nantinya si kecil beradaptasi dengan orang-orang yang ada di lingkungannya.
ADVERTISEMENT

3. Semakin Mempersiapkannya untuk Masuk TK

Ilustrasi preschool adalah (Sumber: Pexels)
Apa yang diajarkan di TK tentu kurikulumnya akan lebih serius dibandingkan saat di preschool. Untungnya, di preschool si kecil pun telah diajari keterampilan dasar seperti berhitung, membaca, menulis, menggambar, dan lain sebagainya, meski lebih banyak diselingi dengan bermain.
Tapi pastinya semuanya akan menjadi bekal bagi si kecil untuk nantinya dia masuk ke jenjang pendidikan selanjutnya.
Itu dia apa yang dimaksud dengan preschool dan apa saja manfaatnya bagi anak. Semoga bisa menjadi informasi yang bermanfaat bagi Mama-mama yang kini berencana memasukkan anaknya ke preschool ya!
(AN)