Apakah Hamil Muda Boleh Berhubungan Intim? Begini Penjelasannya!

Konten dari Pengguna
25 Mei 2022 14:42
·
waktu baca 4 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari Mama Rempong tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Apakah Hamil Muda Boleh Berhubungan Intim? Begini Penjelasannya! (163097)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi apakah hamil muda boleh berhubungan intim (Sumber: iStock)
ADVERTISEMENT
Kebanyakan wanita yang sudah menikah merasa khawatir saat hendak melakukan hubungan seksual di masa kehamilan yang terbilang muda. Biasanya usia kehamilannya masih ada di trimester pertama. Banyak yang bilang jika berhubungan intim saat ibu hamil muda bisa menjadi penyebab keguguran, Ma. Kalau begitu, apakah hamil muda boleh berhubungan intim, ya?
ADVERTISEMENT
Padahal Mama dan suami kan pastinya butuh menjaga hubungan agar semakin mesra ya, Ma. Salah satunya dengan melakukan hubungan intim. Memang setiap ibu ingin menjaga agar janin di dalam kandungannya baik-baik saja. Makanya ada beberapa pasangan yang memutuskan untuk puasa dari hubungan intim demi menjaga janin dalam kandungan.
Jadi ketika ibu sedang hamil muda sebenarnya boleh tidak ya berhubungan intim? Mama rangkum dari berbagai sumber kamu bisa simak penjelasannya berikut ini ya, Ma!

Apakah Hamil Muda Boleh Berhubungan Intim? Begini Penjelasannya!

Berhubungan seksual di masa hamil muda faktanya menjadi kecemasan banyak ibu hamil yang kandungannya terbilang masih awal. Jadi, kamu enggak sendiri ya, Ma karena di luar sana juga terdapat ibu hamil dengan kekhawatiran serupa.
ADVERTISEMENT
Menurut informasi yang Mama baca dari laman Healthline, berhubungan seksual di masa hamil usia awal sampai tua tetaplah aman dilakukan. Hal ini menjadi pengecualian jika dokter kamu melarang untuk melakukan hubungan intim karena pasti ada alasan tertentu yang mendasarinya.
Bagaimana bisa berhubungan intip di masa hamil muda tetap aman? Sebab otot-otot yang berada di sekitar uterus termasuk air ketuban di dalam rahim akan melindungi janin selama kegiatan seksual. Ditambah lagi, mucus plug atau lendir yang diproduksi tubuh setelah terjadi pembuahan sel telur akan mencegah masuknya bakteri menuju janin.
Mungkin, kamu merasa khawatir jika penetrasi akan melukai bagian dalam uterus dan berdampak buruk pada jalan lahir. Faktanya, penetrasi tidak akan melukai uterus ibu hamil muda jika pasangan melakukan hubungan intim.
ADVERTISEMENT
Dilansir dari laman Mayo Clinic, berhubungan intim di masa hamil muda tidak meningkatkan presentase keguguran pada ibu hamil. Karena keguguran biasanya terjadi akibat janin yang tidak berkembang atau bertumbuh secara tidak normal.
Kegiatan seksual tidak akan mempengaruhi janin dalam kandungan selama ibu hamil tidak memiliki komplikasi seperti permasalahan pada plasenta dan persalinan prematur.
Meskipun begitu ada beberapa syarat yang harus dipenuhi oleh pasangan yang hendak berhubungan intim saat hamil muda. Simak di bawah ini ya, Ma!

Apa Syarat yang Harus Dipenuhi Jika Berhubungan Intim saat Hamil Muda?

Bagi ibu hamil muda yang berusia trimester pertama kamu harus mengetahui beberapa syarat saat kamu berhubungan intim, sebagai berikut.

1. Posisi Hubungan Intim

Ketika kamu melakukan hubungan seksual di masa kehamilan trimester pertama, sebaiknya kamu menggunakan posisi yang tidak berbahaya untuk janin dan juga ibu ya, Ma. Hindari berhubungan intim dengan posisi yang berkemungkinan besar menyebabkan jatuh atau benturan pada ibu hamil.
ADVERTISEMENT
Kamu juga harus memperhatikan energi kamu, Ma. Jika kamu merasa lelah, maka kamu dan pasangan baiknya menggunakan posisi spooning atau posisi misionaris saja agar ibu hamil bisa merasa lebih nyaman.

2. Menghindari Seks Oral

Menghindari oral seks juga sebaiknya dilakukan oleh ibu hamil muda ya, Ma. Hal ini karena saat hamil hormon estrogen pada tubuh ibu yang sedang tinggi akan menjadi penyebab terbuka lebarnya pembuluh darah ibu hamil. Jika oral seks tetap dilakukan, maka ibu hamil akan rentan terhadap virus dan bakteri dari air liur.

2. Tidak Melakukan Ejakulasi di Dalam Vagina

Perlu Mama ketahui jika sebaiknya pasangan tidak melakukan ejakulasi di dalam vagina ketika ibu sedang hamil trimester pertama. Sperma mengandung hormon prostaglandin yang bisa memunculkan kontraksi pada rahim ibu hamil. Sementara itu rahim ibu hamil muda tidak selayaknya berkontraksi dan bisa membahayakan janin di dalam kandungan.
ADVERTISEMENT
Demikian informasi yang menjawab pertanyaan Mama terkait apakah ibu hamil muda boleh berhubungan intim. Seperti apapun kondisi kehamilan kamu, jika kamu ragu untuk melakukan hubungan intim maka kamu bisa langsung tanyakan ke ahli kandungan ya, Ma.
Selalu jaga kesehatan tubuh dan makan-makanan bergizi agar janin dan ibu selamat sampai persalinan nanti. Semoga informasi ini menambah pengetahuan kamu!
(SRP)
Q: Apakah ibu hamil muda boleh berhubungan intim?
A: Boleh, selama kehamilan ibu termasuk ke dalam kehamilan yang normal dan memenuhi beberapa syarat di kala berhubungan intim.
Q: Apakah berhubungan intim saat hamil muda menjadi penyebab keguguran?
A: Tidak, karena keguguran sebagian besar disebabkan oleh tumbuh kembang janin yang tidak normal di dalam kandungan.
ADVERTISEMENT
Q: Apa saja syarat yang harus dipenuhi saat ibu hamil muda berhubungan intim?
A: Syaratnya yakni melakukan hubungan seksual di posisi yang aman, tidak melakukan oral seks dan pasangan tidak melakukan ejakulasi di dalam vagina.
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020