Mom
·
22 Juli 2021 14:48
·
waktu baca 3 menit

Buah untuk MPASI yang Baik Dikonsumsi Bayi

Konten ini diproduksi oleh Mama Rempong
Buah untuk MPASI yang Baik Dikonsumsi Bayi (26638)
searchPerbesar
Ilustrasi buah untuk MPASI (Sumber: Unsplash)
Pilihan untuk si kecil mengonsumsi makanan padat pertamanya sangat beragam nih, salah satunya adalah buah untuk MPASI. Seperti yang kita ketahui, ketika memasuki usia 6 bulan, bayi sudah mulai bisa diberikan makanan pendamping ASI. Sistem pencernaannya juga sudah semakin matang untuk diperkenalkan dengan berbagai makanan padat.
ADVERTISEMENT
Memilih MPASI sangat penting nih buat si kecil. Pasalnya hal ini bisa memengaruhi pola dan kebiasaan makannya kelak. Meskipun kadang pemberian makanan padat pertamanya ini cukup tricky ya, Ma. Kalau salah, bisa jadi bayi bakal menolak makanan yang kita berikan. Ada yang pernah ngalamin hal seperti ini enggak?
Nah kamu bisa memberikan buah-buahan sebagai menu MPASI nya. Buah-buahan merupakan pilihan yang tepat. Selain karena kandungan vitamin dan mineral yang baik. Dengan memberikan buah-buahan juga kamu bisa memperkenalkan aneka citarasa serta tekstur makanan. Jadi apa saja sih buah untuk MPASI? Kalau masih bingung, simak selengkapnya di sini ya!

Buah untuk MPASI yang Enak dan Sehat

1. Pisang
Buah untuk MPASI yang Baik Dikonsumsi Bayi (26639)
searchPerbesar
Ilustrasi buah untuk MPASI (Sumber: Unsplash)
Pisang adalah buah yang paling banyak dan sering diberikan untuk makanan padat pertama si buah hati. Hayo pasti Mama-Mama juga selalu ada stok pisang di rumah kan?
ADVERTISEMENT
Enggak salah sih, soalnya pisang punya tekstur yang pas untuk MPASI. Padat namun tetap lembut saat dikonsumsi oleh bayi. Kandungan nutrisi dalam pisang juga cukup tinggi. Buah ini rupanya memiliki kandungan yang tinggi. Lalu pisang juga kaya akan vitamin C serta vitamin B6 yang baik untuk kekebalan tubuh buah hatimu.
Belum lagi cara mengolahnya juga mudah. Kamu bisa menghancurkan satu pisang dengan sendok sampai teksturnya menjadi lembut. Jangan lupa berikan dalam porsi yang sesuai untuk si kecil ya, Ma!
2. Alpukat
Buah untuk MPASI yang Baik Dikonsumsi Bayi (26640)
searchPerbesar
Ilustrasi buah untuk MPASI (Sumber: Unsplash)
Serupa dengan pisang, alpukat juga memiliki tekstur yang lembut. Kalau kebanyakan buah rasanya manis, alpukat memiliki citarasa yang unik, yakni sedikit gurih namun tetap ada rasa manis. Hal ini membuat si kecil bisa lebih mengenali citarasa baru.
ADVERTISEMENT
Dalam alpukat terkandung asam lemak baik yang dapat memengaruhi perkembangan otak serta kognitifnya. Selain untuk menu MPASI, alpukat juga baik nih sebagai ASI booster untuk Mama-Mama.
3. Pepaya
Buah yang satu ini juga cocok buat MPASI si kecil. Selain mudah didapatkan, pepaya memiliki tekstur yang lembut sehingga mudah dicerna oleh bayi. Pepaya juga kaya akan kandungan vitamin C yang membantu penyerapan zat besi serta tinggi serat yang bisa melancarkan sistem pencernaan bayi.
4. Mangga
Buah untuk MPASI yang Baik Dikonsumsi Bayi (26641)
searchPerbesar
Ilustrasi buah untuk MPASI (Sumber: Unsplash)
Mangga sangat mudah kamu dapatkan ketika sedang musimnya. Buah yang satu ini kaya akan vitamin A, vitamin C, B, zat besi, kalsium dan serat. Mama-Mama bisa mulai memberikan mangga ketika si kecil berusia 8 bulan.
Perlu diperhatikan nih Ma, jangan memberikan mangga yang belum matang ya kepada bayi. Karena rasanya yang asam dapat berpengaruh pada indra perasa serta pencernaannya. Berhati-hatilah juga saat mengupasnya. Jangan sampai ada getah pada kulitnya yang nempel pada daging buah mangga. Soalnya bisa menimbulkan gatal pada tenggorokan bayi.
ADVERTISEMENT
5. Buah Naga
Bisa dibilang buah yang satu ini merupakan makanan yang tinggi serat. Selain itu, buah naga juga mengandung banyak mineral dan vitamin, mulai dari A, C, B1, B2, B3, B6, B9 dan B12. Mengonsumsi buah naga baik untuk menjaga daya tahan tubuh bayi, memelihara kesehatan tulang, serta melancarkan pencernaannya.
Itu dia beberapa pilihan buah untuk MPASI. Mudah didapatkan bukan Ma? Coba sekarang cek dapur atau isi kulkasmu, sudahkah kamu memiliki stok buah untuk makanan padat pertama si kecil?
(AN)