Cara Membaca Hasil Test Pack, Mana yang Positif Mana yang Negatif?

Konten dari Pengguna
2 September 2021 22:21
·
waktu baca 4 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Mama Rempong tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Cara Membaca Hasil Test Pack. Foto: Freepik
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Cara Membaca Hasil Test Pack. Foto: Freepik
Adakah di sini yang tengah menantikan kabar kehamilan, tapi masih bingung dengan cara membaca hasil test pack? Karena test pack merupakan salah satu alat tes kehamilan yang praktis dan cukup meyakinkan sebelum kita memeriksakan diri ke dokter kandungan, cara membaca hasilnya memang penting untuk kita ketahui, nih.
Tapi, sebelum kita membahas cara membaca hasil dari alat tes kehamilan satu itu, kamu harus memastikan terlebih dahulu jenis test pack apa yang digunakan.
Langkah tersebut menjadi penting karena setiap cara dalam membaca hasil itu bergantung pada ketentuan yang ada di produk sebagaimana yang disebutkan oleh Medical News Today.
Ilustrasi Membaca Hasil Test Pack. Foto: Freepik
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Membaca Hasil Test Pack. Foto: Freepik
Secara umum, membaca hasil test pack terbagi ke dalam beberapa cara seperti di bawah ini.
  • Untuk test pack digital, cara membacanya adalah bila muncul kata “Hamil” atau “Yes” itu berarti positif hamil dan bila negatif akan muncul kata “Tidak Hamil” atau “No”.
  • Untuk test pack dengan strip, stik, dan cassetter cara membacanya adalah:
  1. Satu garis merah muda berarti negatif.
  2. Dua garis merah muda berarti positif.
  3. Tidak ada garis berarti tes tidak berhasil.
Biar lebih jelas, berikut Mama sertakan contoh dari membaca hasil beberapa jenis produk test pack yang umum dijual di pasaran, ya.

Cara Membaca Hasil Test Pack

1. Test Pack Digital
Ilustrasi Test Pack Digital. Foto: Tokopedia
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Test Pack Digital. Foto: Tokopedia
Bila kamu mempergunakan test pack digital, hasil yang dimunculkan akan langsung berbentuk kata-kata. Umumnya, ada yang menggunakan kata “YES” dan “NO”. Tapi, ada juga yang langsung menggunakan kata “HAMIL” atau “TIDAK HAMIL”.
Setelah membasahi ujung stick test pack digital ke bagian resapan pada aliran air seni ketika buang air kecil selama paling cepat 10 detik, jangan lupa untuk meletakkan test pack di permukaan datar dengan jendela hasil tes yang menghadap ke atas, ya.
Setelahnya, kamu hanya perlu menunggu beberapa saat hingga hasil tes dimunculkan di sana. Bila jendela hasil memunculkan tulisan "YES" itu berarti kamu positif hamil. Tapi, bila yang muncul adalah tulisan "NO" itu berarti hasil kehamilannya negatif, ya.
2. Test Pack Stick, Strip, dan hCG Cassette
Ilustrasi Test Pack Strip. Foto: Tokopedia
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Test Pack Strip. Foto: Tokopedia
Test pack jenis strip, stick, dan hCG cassette juga enggak kalah sering digunakan para wanita untuk memeriksa kehamilan. Cara membaca hasilnya dari ketiga jenis test pack ini sama lho, yaitu dengan memperhatikan kemunculan garis setelah test pack diberikan sampel urine.
Untuk test pack berjenis strip, kita bisa memerhatikan garis yang muncul setelah menyelupkan alat tersebut selama 30 detik ke dalam sampe urine hingga mencapai batas garis biru test pack.
Sementara untuk test pack berjenis strip, umumnya, desain mereka akan membedakan bagian pengujian yang lebih ramping dari sisi-sisi lain. Kamu hanya perlu mencelupkan ujung alat pengujian itu ke sampel urine.
Ilustrasi Test Pack Stik. Foto: Tokopedia
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Test Pack Stik. Foto: Tokopedia
Namun, untuk kamu yang memilih menggunakan test pack model hCG cassette, di dalam produk itu disediakan pipet tetes yang dapat digunakan untuk menyedot sampel urine dari wadah yang telah disiapkan.
Setelahnya, kamu bisa meneteskannya di lubang yang tersedia, lalu tunggu selama 2 menit untuk hasil yang akan dimunculkan.
Ilustrasi Test Pack hCG Cassette. Foto: Tokopedia
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Test Pack hCG Cassette. Foto: Tokopedia
Dalam membaca hasil tes kehamilan, bila garis yang muncul ada 2 itu berarti hasil tes menunjukkan kondisi positif hamil. Sementara bila garis yang muncul hanya satu, itu berarti hasil tesnya negatif hamil, ya.
Nah, itu dia cara membaca hasil test pack yang penting untuk dipahami agar bisa membedakan mana hasil yang positif dan mana yang negatif.
Untuk mencegah munculnya hasil tes yang samar atau bahkan enggak muncul sama sekali, seperti yang dibagikan oleh Medical News Today, kamu bisa menggunakan test pack di saat telah merasakan gejala kehamilan, terlambat menstruasi, dan lakukan di pagi hari ketika tubuh belum banyak mengonsumsi air, ya.
Langkah-langkah itu merupakan waktu-waktu ketika kadar hormon hCG sudah mulai mendominasi tubuh ibu hamil sehingga akan lebih mudah dideteksi oleh test pack untuk dijadikan sebagai penanda kehamilan.
Semoga hasil yang ditemukan sesuai harapan kamu dan pasangan, ya!
Apa saja jenis test pack untuk tes kehamilan?
chevron-down
Kapan sebaiknya menggunakan test pack?
chevron-down
Bagaimana cara kerja test pack alat tes kehamilan?
chevron-down
(TMA)