Mom
·
11 September 2021 11:52
·
waktu baca 3 menit

Cara Membersihkan Lidah Bayi yang Bisa Dicoba

Konten ini diproduksi oleh Mama Rempong
Cara Membersihkan Lidah Bayi yang Bisa Dicoba (646782)
searchPerbesar
Ilustrasi lidah bayi yang bersih. Foto: Freepik
Membahas perawatan si kecil memang sering bikin penasaran nih Ma, enggak terkecuali tentang cara membersihkan lidah bayi. Karena seperti yang kita tahu, kesehatan dan kebersihan mulut bayi itu penting untuk diperhatikan dan dijaga.
ADVERTISEMENT
Mengutip Parenting Firstcry, pembersihan lidah anak secara teratur dapat membantu mencegah bau mulut dan akumulasi bakteri, serta menurunkan risiko infeksi mulut dan penyakit gusi.
Mama-Mama disarankan mulai membersihkan mulut dan memijat pelan gusi si kecil, bahkan sebelum gigi mereka tumbuh. Karena, tindakan itu akan membantu proses pertumbuhan gigi nantinya.
Meskipun kelihatannya mudah, kenyataannya membersihkan lidah bayi itu pun punya tantangan tersendiri, Ma. Salah satunya, kemungkinan bayi enggak merasa nyaman, rewel, hingga menangis.
Nah, itu dia masalah utama yang akan dibahas di sini, yaitu cara membersihkan lidah bayi yang bisa Mama-Mama coba.

Cara Membersihkan Lidah Bayi

Cara Membersihkan Lidah Bayi yang Bisa Dicoba (646783)
searchPerbesar
Ilustrasi seorang ibu hendak membersihkan lidah bayinya. Foto: Pixabay
Cara Membersihkan Lidah Bayi
Parenting FirstCry membagikan sejumlah cara membersihkan lidah bayi. Apa saja itu?
1. Bersihkan tangan
Untuk membersihkan lidah bayi, hal pertama yang perlu Mama-Mama lakukan adalah membersihkan tangan, ya. Pastikan, tangan kamu benar-benar bersih tanpa bekas sabun sebelum memulai langkah yang lain.
2. Siapkan kain kasa dan air hangat
Kamu dapat membersihkan lidah bayi menggunakan kain kasa yang dipotong agar nantinya bisa dililitkan di jari. Lalu, siapkan air hangat suam-suam kuku ke dalam wadah.
3. Posisikan bayi dengan nyaman
Setelah kain kasa dan air hangat telah disiapkan, posisikanlah tubuh bayi dalam gendongan yang nyaman di satu sisi tangan kamu, selayaknya saat menyusui ya, Ma.
4. Mulai bersihkan lidah bayi
Ketika posisi bayi sudah tampak nyaman, celupkan kain kasa yang telah terlilit di jari itu ke dalam air hangat suam kuku. Buka mulut bayi dengan lembut, kemudian masukkan kain kasa di jari kamu ke dalamnya. Setelah jari dimasukkan, gosok perlahan lidah dengan gerakan memutar. Lakukanlah dengan lembut dan pelan.
5. Pijat gigi dan gusi
Setelah pembersihan lidah selesai, sempurnakan perawatan bayi yang satu ini dengan memijat gigi dan gusi mereka dengan lembut bila sudah tumbuh gigi.
Cara Membersihkan Lidah Bayi yang Bisa Dicoba (646784)
searchPerbesar
Ilustrasi anak rewel saat dibersihkan lidahnya. Foto: Freepik
Bagaimana, Ma? Enggak ribet untuk dilakukan, bukan? Nah, sebaiknya, prosedur pembersihan ini dilakukan sebanyak sekali dalam sehari, ya. Lebih baik lagi, dilakukan setelah menyusui.
ADVERTISEMENT

Informasi Tambahan untuk Membersihkan Lidah Bayi

Kalau caranya sudah dipahami, ada pula beberapa informasi tambahan yang penting untuk kita pahami ya, Ma.
  • Menggunakan air adalah cara yang terbaik
Di luar sana, mungkin, Mama pernah mendengar tentang sikat lidah ataupun pasta gigi yang dianggap bisa mengoptimalkan perawatan untuk menjaga kebersihan mulut bayi.
Tapi ternyata, seperti yang dituliskan oleh Parenting FirstCry, menggunakan air dan kain kasa adalah cara terbaik untuk membersihkan lidah bayi, khususnya yang baru lahir ataupun mereka yang belum genap berusia 6 bulan.
Sementara Healthline menjelaskan lebih lanjut, ketika bayi berusia di atas 6 bulan, kita baru bisa menggunakan sikat gigi lembut dan pasta gigi yang ramah anak.
Cara Membersihkan Lidah Bayi yang Bisa Dicoba (646785)
searchPerbesar
Ilustrasi bayi perempuan yang hendak dibersihkan lidahnya. Foto: Freepik
  • Libatkan aktivitas menarik
ADVERTISEMENT
Untuk semakin membuat bayi nyaman, Mama-Mama bisa berkreasi menciptakan aktivitas menarik sekaligus sebagai upaya pengalihan, misalnya sambil bernyanyi atau memutarkan lagu yang menenangkan.
  • Membersihkan Lidah Putih
Ketika ada partikel putih menempel di lidah bayi dan usia mereka sudah di atas 6 bulan, Parenting FirstCry menyarankan pemanfaatan setetes kecil pasta gigi untuk membersihkan lidah.
Namun, pastikan dibilas sampai benar-benar bersih dan gunakan pasta gigi yang memang dikhususkan bagi bayi. Bila belum genap 6 bulan, percayakan tindakan pembersihan kepada dokter untuk hasil yang maksimal ya, Ma.
  • Tunggu hingga mood bayi membaik
Jika anak sedang rewel dan menolak terus menerus ketika kita hendak membersihkan lidahnya, jangan dipaksa ya, Ma. Tunggulah sampai mood mereka membaik.
ADVERTISEMENT
  • Bawa anak mengunjungi dokter gigi secara teratur
Pastinya, cara paling tepat dan akurat untuk menjaga kesehatan dan kebersihan mulut bayi adalah dengan melibatkan dokter. Lakukanlah kunjungan teratur, bahkan ini memang sangat disarankan saat mereka sudah berusia 12 bulan.
Itu dia Ma, informasi seputar cara membersihkan lidah bayi yang bisa kamu coba. Semoga bermanfaat untuk mengatasi kebingungan kamu, ya.
(TMA)
sosmed-whatsapp-whitesosmed-facebook-whitesosmed-twitter-whitesosmed-line-white