Mom
·
20 Juli 2021 13:38
·
waktu baca 2 menit

Cara Membuat Kaldu Ayam untuk MPASI, Mudah dan Praktis

Konten ini diproduksi oleh Mama Rempong
Cara Membuat Kaldu Ayam untuk MPASI, Mudah dan Praktis (55841)
searchPerbesar
ilustrasi cara membuat kaldu ayam untuk MPASI (Sumber: Unsplash)
Mama-Mama sudah mengetahui cara membuat kaldu ayam untuk MPASI? Salah satu bahan makanan yang paling dibutuhkan untuk membuat panganan MPASI ya kaldu ayam ini, Ma. Daripada repot membelinya ke supermarket, kamu juga bisa membuatnya sendiri kok di rumah!
ADVERTISEMENT
Kaldu bikinan sendiri juga bisa disimpan di lemari es selama 4 sampai 5 hari. Kalau disimpan dalam keadaan beku di freezer, bahkan bisa awet sampai kurang lebih 6 bulan loh. Kaldu ayam ini juga bisa menjadi bahan baku untuk masakan di keluargamu nih selain untuk MPASI. Kalau Mama sih biasanya menggunakannya buat bikin Sayur Sop.
Jadi gimana sih cara membuat kaldu ayam untuk MPASI? Yuk kita simak cara pembuatan lengkapnya!

Cara Membuat Kaldu Ayam untuk MPASI

Bahan-Bahan yang Dibutuhkan
Cara Membuat Kaldu Ayam untuk MPASI, Mudah dan Praktis (55842)
searchPerbesar
ilustrasi cara membuat kaldu ayam untuk MPASI (Sumber: Unsplash)
  • 1 ayam utuh atau tulang ayam (bisa masukkan ceker atau kulit ayam juga)
  • 1 wortel besar yang dipotong menjadi 3 sampai 4 bagian
  • 1 bawang daun, buang bagian daun hijaunya lalu potong besar-besar
  • 1 ikat daun seledri
  • 2 batang seledri besar
  • 3 siung bawang putih
  • 1 bawang bombay, potong menjadi 4 bagian
  • 3 liter air
ADVERTISEMENT
Cara Pembuatan
1. Masukkan seluruh bahan ke dalam panci besar. Kemudian tambahkan air hingga seluruh bahan menjadi terendam.
2. Panaskan dengan api besar hingga mendidih. Lalu gunakan api kecil untuk memasak kaldu selama 4 hingga 5 jam.
3. Buang sisa lemak yang mengapung. Kemudian saring kaldu hingga jernih.
4. Kaldu ayam siap untuk digunakan.

Tips Menyimpan Kaldu MPASI

Cara Membuat Kaldu Ayam untuk MPASI, Mudah dan Praktis (55843)
searchPerbesar
ilustrasi cara membuat kaldu ayam untuk MPASI (Sumber: Unsplash)
Cukup mudah kan Ma untuk membuat kaldu ayam untuk MPASI? Kini saatnya Mama-Mama juga mengetahui cara menyimpan kaldu dengan benar. Nah berikut ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan, Ma!
1. Dinginkan dan Bekukan Kaldu
Cara menyimpan kaldu untuk MPASI yang pertama adalah dengan membekukannya ke dalam freezer. Kamu bisa menggunakan cetakan untuk es buat membekukannya.
ADVERTISEMENT
Perlu diingat, kamu jangan langsung menyimpan kaldu di dalam kulkas. Tunggu kaldu sampai turun suhunya seperti suhu ruangan agar kandungan nutrisinya tetap terjaga. Nah ketika suhunya sudah dingin, baru deh kamu memasukannya ke dalam freezer. Mama-Mama bisa mengambil kaldu yang sudah dibekukan itu ketika akan digunakan untuk bahan MPASI.
2. Cari Wadah yang Tepat
Ketika akan menyimpan kaldu, sebaiknya kamu mengetahui wadah penyimpanan apa yang tepat. Selain dengan dibekukan, Mama-Mama juga bisa menyimpan kaldu di toples bening ataupun plastik ziplock. Sebagai saran, kamu bisa menyisakan ruang sekitar 5 centimeter pada wadah supaya memiliki ruang untuk mengembang ketika kaldu membeku.
Mau cara yang lebih simpel? Kamu bisa menyimpannya pada wadah plastik biasa dan diikat dengan karet pada ujungnya. Cara bisa bisa lebih memudahkan kamu ketika akan memasak loh.
ADVERTISEMENT
3. Jangan Lupa Tanggal Pembuatan Kaldu
Meskipun cara menyimpannya sudah benar, tapi kalau kamu lupa tanggal pembuatannya, bisa-bisa kamu menemukan kaldu ayam tersebut sudah rusak atau basi. Maka dari itu baiknya Mama-Mama memerhatikan kapan tanggal kaldu tersebut dibuat. Kalau perlu kamu mencatatnya dan ditempel pada tempat penyimpanannya.
Hal ini berguna untuk mengetahui batas kelayakan penggunaan kaldu sebelum kamu memasaknya untuk membuat MPASI si buah hati.
Begitulah Ma cara membuat kaldu ayam untuk MPASI. Mudah bukan? Kamu juga bisa mempraktikannya sendiri di rumah. Tentunya lebih enak dan sehat dong!
(AN)