Mom
·
15 September 2021 14:14
·
waktu baca 2 menit

Cara Membuat Masker Wajah Alami untuk Anak-anak, Bantu Nutrisi Kulit!

Konten ini diproduksi oleh Mama Rempong
Cara Membuat Masker Wajah Alami untuk Anak-anak, Bantu Nutrisi Kulit! (146160)
searchPerbesar
Ilustrasi membuat masker alami. Foto: Freepik
Kali ini, Mama akan membagikan cara membuat masker wajah alami untuk anak-anak. Adakah yang memang sedang mencari-cari dan membutuhkan info satu ini?
ADVERTISEMENT
Melakukan perawatan bersama anak di rumah tentunya menyenangkan, Ma. Apalagi kalau anak kita sudah memasuki masa praremaja dan masa pubertasnya. Di masa-masa itu, kesehatan kulit penting untuk mulai diperhatikan, lho.
Seperti yang dijelaskan Perhimpunan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin Indonesia (Perdoski), di saat anak berusia praremaja, khususnya di bawah usia 12 tahun, semakin banyak ditemukan kondisi kulit mereka yang berjerawat. Perubahan hormonal di dalam tubuh memengaruhi kesehatan kulit.
Cara Membuat Masker Wajah Alami untuk Anak-anak, Bantu Nutrisi Kulit! (146161)
searchPerbesar
Ilustrasi madu untuk bahan masker alami. Foto: Freepik
Untuk itu, tindakan pencegahan dengan menanamkan kebiasaan menjaga kebersihan dan merawat kesehatan kulit menjadi penting untuk dikenalkan kepada anak, terlebih saat usia mereka memasuki 10 sampai 13 tahun atau usia praremaja ya, Ma.
Nah, dalam upaya itu, penting juga nih bagi kita untuk selektif dan cermat memilihkan produk perawatan kulit. Jangan sampai sembarangan memberikan produk perawatan wajah kepada kulit anak yang cenderung lebih sensitif.
ADVERTISEMENT
Masker dari bahan alami bisa menjadi alternatif yang dimanfaatkan. Sebelum semakin penasaran, yuk langsung saja disimak cara membuat masker wajah alami untuk anak-anak di bawah ini!

Cara Membuat Masker Wajah Alami untuk Anak-anak

Cara Membuat Masker Wajah Alami untuk Anak-anak
Berikut adalah beberapa cara membuat masker wajah alami untuk aman yang bisa kamu lakukan:
1. Cara Membuat Masker Alpukat
Alpukat menjadi salah satu buah yang dipenuhi oleh kandungan yang baik untuk merawat dan menjaga kesehatan kulit, Ma. Di dalam alpukat, terdapat antioksidan, vitamin K, C, E, dan B yang memainkan peranan penting dalam merawat kulit sensitif dan kulit kering. Jadi, masker ini cocok diberikan kepada anak dengan kedua masalah kulit itu serta mereka yang enggak memiliki riwayat alergi terhadap alpukat. Alat dan Bahan: - ½ buah alpukat segar - 1 sendok teh madu - Garpu - Wadah masker - Kuas masker Cara Membuat: - Keluarkan daging alpukat dari kulitnya dan pindahkan ke wadah yang telah dibersihkan. - Haluskan daging alpukat tersebut dengan menggunakan garpu hingga jadi pasta. - Tambahkan madu dan aduk hingga merata. - Oleskan pada wajah anak secara merata. - Diamkan dari 10 sampai 15 menit, dan bersihkan menggunakan air bersih.
2. Cara Membuat Masker Oatmeal
Masker yang kedua ini berperan dalam mengangkat sel kulit mati dan menghilangkan minyak berlebih sehingga dapat mencegah munculnya jerawat pada anak, Ma. Alat dan Bahan: - 1 cangkir oatmeal - 1 gelas air - 1 sendok teh madu - Wadah masker - Kuas masker Cara Membuat: 1. Campurkan 1 cangkir oatmeal dan 1 gelas air ke dalam wadah, lalu aduk hingga merata sampai teksturnya menyerupai pasta. 2. Tambahkan 1 sendok teh madu dan aduk kembali sampai semuanya benar-benar tercampur merata. 3. Oleskan campuran masker ke wajah anak. 4. Diamkan masker selama 15 menit, lalu bilas wajah anak hingga bersih.
3. Cara Membuat Masker Yoghurt
Untuk kesehatan dan perawatan kulit, yogurt berfungsi sebagai pembersih alami dan penjaga kelembapan kulit, Ma. Jadi, bahan satu ini bisa digunakan untuk kulit anak yang kering agar tetap terhidrasi dan lebih terasa halus atau lembut. Alat dan Bahan: - Wadah masker - Kuas masker - 1 sendok teh plain yogurt - 1 sendok teh madu Cara Membuat: 1. Campurkan ke dalam wadah 1 sendok teh plain yogurt dan 1 sendok teh madu. Kemudian, aduk hingga merata. 2. Oleskan pada wajah anak dengan menghindari bagian mulut dan mata. 3. Diamkan selama 10 menit, lalu bilas sampai bersih.
4. Cara Membuat Masker Stroberi
Stroberi merupakan salah satu buah yang kaya dengan asam alfa-hidroksi dengan perannya dalam mengangkat sel-sel kulit mati. Selain itu, pada wajah anak kita, masker yang terbuat dari bahan stroberi akan membantu menyingkirkan minyak berlebih pemicu jerawat. Alat dan Bahan: - Wadah masker - Kuas masker - Garpu - 3 buah stroberi - 1 sendok teh madu Cara Membuat: - Potong kecil-kecil ketiga buah stroberi dan masukkan ke wadah masker untuk selanjutnya dihaluskan menggunakan garpu. - Setelah teksturnya menyerupai pasta, tambahkan satu sendok teh madu dan aduk hingga merata. - Lalu, oleskan menyeluruh pada wajah anak kecuali bagian mata dan mulut. Diamkan selama 5 menit, kemudian bilas hingga bersih.
Itu dia, 4 cara membuat masker alami untuk anak-anak yang bisa kamu coba.
Selain memastikan anak enggak memiliki riwayat alergi terhadap bahan-bahan yang digunakan, jangan lupa juga pastikan wajah anak sudah bersih sebelum masker diaplikasikan ya, Ma.
Semoga informasi kali ini bermanfaat.
(TMA)
sosmed-whatsapp-whitesosmed-facebook-whitesosmed-twitter-whitesosmed-line-white