Mom
·
22 Juli 2021 11:10
·
waktu baca 3 menit

Cara Mengetahui Kehamilan, Pakai Test Pack hingga Pakai Gula Garam

Konten ini diproduksi oleh Mama Rempong
Cara Mengetahui Kehamilan, Pakai Test Pack hingga Pakai Gula Garam (145006)
searchPerbesar
Ilustrasi Tes Kehamilan. Foto: Freepik
Bagaimana sih cara mengetahui kehamilan? Para wanita yang merasakan dan mengalami beberapa pertanda kehamilan yang umum pasti bakal mempertanyakan hal ini. Tanda yang dialami itu bisa berupa telat datang bulan, mual di pagi hari, atau bahkan merasakan ngidam.
ADVERTISEMENT
Apa kamu juga pernah mengalami kondisi seperti yang Mama gambarkan di atas? Umumnya sih, kasus ini terjadi ketika wanita enggak terlalu percaya diri dengan mungkinnya terjadi kehamilan.
Jadi, dia cenderung menunggu pertanda, lalu melakukan tes mandiri, sebelum memeriksa kehamilan secara akurat dengan mendatangi dokter kandungan.
Apalagi di masa pandemi ini, kalau bisa sih dilakukan dulu aja di rumah, baru deh berkonsultasi secara tatap muka ke dokter kandungan. Nah dengan serba-serbi hal yang dilakukan dari rumah itu, ada juga nih beberapa cara mengetahui kehamilan yang bisa dilakukan sendiri di rumah.

Cara Mengetahui Kehamilan

Cara Mengetahui Kehamilan, Pakai Test Pack hingga Pakai Gula Garam (145007)
searchPerbesar
Ilustrasi Test Pack. Foto: Freepik
1. Test Pack
Penggunaan test pack sebagai alat mengetahui kehamilan sudah umum banget dilakukan. Dari yang pernah Mama baca di Healthline, pemakaian test pack untuk tes kehamilan melibatkan pengujian urine.
ADVERTISEMENT
Selanjutnya, ia akan mendeteksi kandungan hormon dalam urine yang hanya ada di dalam tubuh wanita hamil. Hormon itu adalah human chorionic gonadotropin (hCG).
Semakin hari, semakin banyak jenis test pack yang diperjualbelikan. Karena itu, sebelum menggunakannya, pastikan kamu membaca dulu ya instruksi yang telah disediakan.
Umumnya, langkah penggunaan test pack dimulai dari mengumpulkan urine. Ada tiga cara yang dapat kamu tempuh dalam meneteskan urine tersebut:
  1. Urine ditampung ke dalam cangkir, kemudian test pack dicelupkan ke dalamnya.
  2. Urine ditampung ke dalam cangkir, kemudian dengan menggunakan pipet, urine tersebut di masukkan ke wadah khusus.
  3. Menempatkan langsung tongkat pengujian ke area aliran urine.
Kalau urine sudah terkumpul dan diteteskan pada test pack, kamu bisa menunggu hasilnya dalam durasi yang telah ditetapkan. Hasil positif bisa saja lho masih berbentuk garis samar. Hal itu dapat terjadi karena kemungkinan hormon hCG di dalam urine kamu masih sedikit. Jadi, bisa diulangi kembali pengetesan di minggu depannya, ya.
Cara Mengetahui Kehamilan, Pakai Test Pack hingga Pakai Gula Garam (145008)
searchPerbesar
Ilustrasi Test Pack. Foto: Freepik
Jika hasil garis positif sudah jelas, itulah saatnya untuk memeriksakan diri ke dokter kandungan.
ADVERTISEMENT
2. Tes Kehamilan Alami dengan Garam
Selain test pack, juga ada beberapa tes alami yang katanya bisa menunjukkan hamil atau enggaknya seorang wanita. Bisa kamu terapkan nih jika belum sempat membeli test pack.
Dalam salah satu artikel milik PharmEasy, cara mengetahui kehamilan secara alami bisa dilakukan melalui penggunaan garam.
Tahapan penggunaannya juga praktis, nih. Pertama, kamu harus menyiapkan garam, gelas bersih, dan sampel urine. Langkah selanjutnya, kumpulkanlah sampel urine ke dalam gelas, lalu teteskan satu atau dua jumput garam di gelas yang telah berisikan urine tersebut.
Cara Mengetahui Kehamilan, Pakai Test Pack hingga Pakai Gula Garam (145009)
searchPerbesar
Ilustrasi Garam. Foto: Freepik
Kamu bisa menunggu sekitar 3 menit untuk mendapatkan hasil tes. Kalau di dalam gelas yang telah berisikan urine dan garam terlihat gumpalan berwarna putih atau krem itu menandakan kamu positif hamil.
ADVERTISEMENT
Gumpalan tersebut terbentuk oleh reaksi di antara urine yang mengandung hCG dan garam. Sementara itu, kalau kamu negatif hamil, enggak ada gumpalan yang terlihat, ya.
3. Tes Kehamilan Alami dengan Gula
Selain garam, mengetahui kehamilan secara alami juga bisa dilakukan menggunakan gula. Yang perlu dipersiapkan adalah satu sendok makan gula, satu mangkuk bersih, dan sampel urine.
Jika peralatan telah siap, tambahkan gula ke dalam mangkuk, lalu lanjutkan dengan penuangan sampel urine di atasnya.
Kalau kamu positif hamil, gula akan membentuk gumpalan karena hCG yang ada dalam urine itu enggak bisa melarutkan gula dengan mudah. Sementara jika gula dalam sampel urine larut sempurna, berarti kamu negatif hamil.

Seberapa Efektif Cara Mengetahui Kehamilan dengan Garam atau Gula?

Cara Mengetahui Kehamilan, Pakai Test Pack hingga Pakai Gula Garam (145010)
searchPerbesar
Ilustrasi Gula. Foto: Freepik
Memangnya cara mengetahui kehamilan yang alami seperti itu boleh dan efektif untuk dilakukan, Ma?
ADVERTISEMENT
Untuk kamu yang penasaran dengan dua pertanyaan itu, dari yang Mama baca di laman Healthline, ternyata tes kehamilan secara alami, baik menggunakan garam ataupun gula, diperbolehkan untuk dilakukan, namun sebatas eksperimen yang menyenangkan saja.
Secara medis, dasar ilmiah, atau dukungan dokter, nyatanya enggak ada alasan untuk kita bisa percaya bila garam menimbulkan reaksi dengan hCG. Enggak ada juga penelitian yang diterbitkan untuk mendukung tes kehamilan alami seperti kedua contoh di atas.
Intinya, boleh-boleh saja dilakukan tapi jangan menganggap serius hasilnya tanpa pemeriksaan lebih lanjut kepada dokter kandungan, ya.
(TMA)