Mom
·
10 Juni 2021 11:37
·
waktu baca 3 menit

Cerita Dongeng Anak "Rapunzel"

Konten ini diproduksi oleh Mama Rempong
Cerita Dongeng Anak "Rapunzel" (26512)
Ilustrasi Cerita Dongeng Anak "Rapunzel". Foto: Freepik
Cerita dongeng anak yang satu ini pastinya enggak asing bagi Mama-Mama. Dongeng ini juga mendunia banget lho, Ma. Ada juga versi filmnya yang diproduksi oleh Disney dalam judul “Tangled” dan resmi dirilis pada tahun 2010.
ADVERTISEMENT
Rapunzel adalah putri dengan rambut panjang yang sangking panjangnya bisa jadi jalan bagi orang ketika hendak naik ke atas menara tempat ia tinggal. Kenapa rambutnya bisa panjang? Kenapa dia bisa tinggal di menara?
Untuk tahu jawabannya, Mama-Mama yang mungkin lupa dengan dongeng satu ini bisa menyimak cerita singkatnya di bawah, ya. Bisa juga dibacakan kepada anak di rumah nih, Ma.

Cerita Dongeng Anak Populer “Rapunzel”

Alkisah, di sebuah kerajaan yang sangat kaya, Raja dan Ratu sedang menantikan kelahiran anak pertama mereka. Tidak lama, penantian mereka membuahkan hasil. Ratu mengandung anak pertamanya.
Namun, kebahagiaan itu terancam ketika sang Ratu jatuh sakit. Tabib istana menyarankan kepada Raja untuk mencari bunga rampion. Bunga itu merupakan satu-satunya obat yang bisa menyembuhkan Ratu.
Cerita Dongeng Anak "Rapunzel" (26513)
Ilustrasi Istana dalam Cerita Dongeng Anak. Foto: Freepik
Karena sangat mencintai istrinya, Rajapun berkelana mencari bunga rampion. Usahanya membuahkan hasil ketika Raja bersama beberapa prajurit menemukan bunga rampion di dalam hutan seberang istana.
ADVERTISEMENT
Saat raja memetik bunga itu, seorang penyihir menahan amarahnya. Ternyata, bunga itu adalah bunga yang membuatnya bisa awet muda.
Dua bulan setelahnya, karena disembuhkan oleh bunga rampion, Ratu melahirkan putri yang sangat cantik dengan rambut berwarna emas. Rambut itu mengandung khasiat serupa bunga rampion.
Sebagai wujud syukur dan rasa sayangnya kepada sang putri, setiap hari kelahiran putri yang bernama Rapunzel itu, Raja dan Ratu akan menerbangkan lampion memenuhi kerajaan.
Cerita Dongeng Anak "Rapunzel" (26514)
Ilustrasii Putri dalam Cerita Dongeng Anak. Foto: Pinterest
Penyihir jahat yang semakin tampak tua tidak bisa menunggu lebih lama. Tepat saat dini hari, penyihir menerobos masuk ke dalam istana dan menculik Rapunzel. Dia membawa putri cantik itu masuk ke dalam hutan. Di bagian hutan terdalam, ia menempatkan Rapunzel di sebuah menara sehingga tidak ada orang yang bisa menemukan gadis itu.
ADVERTISEMENT
Hanya dengan menyisir rambut Rapunzel sambil menyanyikan sebuah lagu, sang penyihir bisa kembali tampak muda.
Bertahun-tahun di istana, penyihir merawat Rapunzel seperti anaknya sendiri. Ia melarang Rapunzel meninggalkan menara dengan mengatakan bahwa dunia luar berbahaya.
Semua rencana penyihir mulai kacau ketika seorang pencuri mahkota Rapunzel dari istana menyelinap masuk ke menara. Rapunzel menangkapnya dan berjanji akan membebaskan pencuri yang bernama Flynn itu jika ia bersedia menemani Rapunzel melihat lampion yang berterbangan saat ia ulang tahun.
Cerita Dongeng Anak "Rapunzel" (26515)
Ilustrasi Rapunzel dan Flynn dalam Cerita Dongeng Anak. Foto: Pinterest
Singkat cerita, Flynn berhasil membawa Rapunzel ke istana. Di sana, ia memberitahu Rapunzel bahwa lampion itu merupakan perayaan ulang tahun putri kerajaan yang hilang. Namun, tidak berapa lama, penyihir menemukan mereka dan menjebak Flynn agar dia terlihat hanya memanfaatkan Rapunzel untuk membebaskan diri dan kembali mencuri.
ADVERTISEMENT
Rapunzel sempat terhasut dan kembali ke menara. Namun tidak berapa lama, ia menyadari bahwa ibunya adalah penyihir yang berbohong dan dirinya sendiri adalah putri yang hilang.
Ketika Flynn berhasil kabur dari jebakan penyihir. Ia segera mendatangi menara untuk menyelamatkan Rapunzel. Namun malang, penyihir terlebih dahulu menusuk Flynn. Rapunzel yang tidak ingin Flynn meninggalkannya segera menyembuhkan Flynn dan memohon kepada penyihir untuk mengizinkan ia menyelamatkan Flynn. Karena setelah itu, dia akan bertahan untuk hidup di menara.
Penyihir menyetujui hal itu. Rapunzelpun menyanyikan lagu yang bisa menyalakan rambutnya untuk menyembuhkan Flynn. Setelah sadarkan diri, Flynn segera memotong rambut Rapunzel. Rambut keemasan itupun kehilangan keajaibannya sehingga berubah menjadi warna coklat. Penyihir yang marah segera kembali menyerang Flynn, namun pada akhirnya ia terpeleset dan terjatuh dari menara.
Cerita Dongeng Anak "Rapunzel" (26516)
Ilustrasi Rapunzel dalam Cerita Dongeng Anak. Foto: Freepik
Pada akhirnya, Rapunzel kembali ke istana dan ia menikah dengan Flynn.
ADVERTISEMENT
Selesai.
Cerita happy ending yang bagus banget kan, Ma? Intinya, kita enggak boleh dibutakan sama hal-hal mistis, seperti yang dilakukan oleh penyihir. Mama-Mama bisa banget nih menceritakan dongeng "Rapunzel" kepada anak-anak supaya mereka juga bisa belajar untuk menghindari sikap-sikap milik penyihir jahat.
Semoga cerita dongeng anak kali ini bermanfaat ya, Ma.
(TMA)