Mom
·
10 Juni 2021 10:00
·
waktu baca 3 menit

Cerita Dongeng Pendek "Kelinci Pintar dan Harimau"

Konten ini diproduksi oleh Mama Rempong
Cerita Dongeng Pendek "Kelinci Pintar dan Harimau" (21670)
Ilustrasi Cerita Dongeng Pendek. Foto: Freepik
Cerita dongeng pendek favoritnya Mama-Mama semasa kecil apa, nih? Mama sendiri punya satu dongeng favorit yang cukup berkesan. Kenapa bisa berkesan? Jawabannya adalah karena dongeng yang satu ini khusus diceritakan oleh ibu Mama setiap kali Mama malas makan. Meskipun dibacakan berulang kali, tetap aja anak Mama enggak pernah bosan, lho.
ADVERTISEMENT
Judul dongeng yang Mama maksud adalah “Kelinci Pintar dan Harimau”. Terus, apa hubungannya dengan malas makan? Penasaran? Yuk, langsung disimak aja Ma cerita lengkapnya. Siapa tahu juga, Mama-Mama sedang kehabisan ide cerita buat mendongengkan anak.

Cerita Dongeng Pendek Berjudul “Kelinci Pintar dan Harimau”

Alkisah, di hutan belantara. Ada seekor harimau yang terkenal sangat sombong dan rakus. Banyak hewan di hutan yang ia terkam saat merasa lapar.
Cerita Dongeng Pendek "Kelinci Pintar dan Harimau" (21671)
Ilustrasi Hewan dalam Cerita Dongeng Pendek. Foto: Freepik
Pada suatu hari, salah satu rusa di hutan dan ditemani beberapa temannya datang menemui harimau. Ia berniat untuk membicarakan kegelisahannya kepada harimau yang juga menganggap dirinya sebagai raja hutan.
“Wahai Tuan Harimau, apakah kau tidak melihat bahwa jumlah binatang di hutan ini sudah semakin sedikit. Jika kau terus memakan mereka sekali banyak dalam sehari, hutan ini tentu akan kehilangan penghuninya.”
ADVERTISEMENT
Penjelasan rusa tersebut membuat harimau berpikir sejenak. Menurutnya, rusa ada benarnya. Jika ia terus memakan hewan dalam jumlah banyak, tidak menutup kemungkinan dia akan kehabisan makanan jika hewan di hutan ini telah mati semua.
“Baiklah, kalau begitu aku akan membatasi hewan yang aku makan. Aku hanya akan makan satu hewan dalam sehari.”
Setelah mendengar persetujuan harimau, rusa tidak lupa untuk menyampaikan kabar itu kepada seluruh hewan di hutan. Ada yang bahagia, ada pula yang tetap waspada.
Hari berganti, giliran hewan yang akan diterkam oleh harimau adalah kelinci. Tentu saja, kelinci itu tidak ingin mati dengan sia-sia. Ia berpikir cepat untuk menghindari harimau yang akan menerkamnya segera.
Cerita Dongeng Pendek "Kelinci Pintar dan Harimau" (21672)
Ilustrasi Kelinci dalam Cerita Dongeng Pendek. Foto: Freepik
Kelinci dengan kepintarannya mendapatkan ide untuk mengelabui harimau. Sebelum harimau datang, ia berlari meninggalkan rumahnya untuk menuju ke hutan bagian luar.
ADVERTISEMENT
Harimau yang tiba di rumah kelinci menahan kesal karena mangsanya melarikan diri. Namun, dugaan itu salah ketika tidak lama setelahnya kelinci datang kembali ke rumahnya.
“Maafkan aku, Tuan Harimau. Tadi aku sedang mandi di sungai. Di sana ternyata ada 3 kawanan harimau. Salah satu dari mereka hendak memakanku, namun aku berkata bahwa kau, raja hutan kamilah, yang berhak memakan tubuhku.” Kelinci berkata dengan nafas terengah karena berlari.
“Aku kembali ke sini untuk membawa kau menemui mereka. Harimau yang hendak memakanku itu ingin menemuimu.”
Harimau yang kelaparan dan juga marah segera mengikuti perkataan kelinci. Tidak lama setelahnya, mereka sampai di sungai yang dimaksud oleh kelinci.
“Ia menunggumu di dalam.”
Tanpa rasa curiga, harimau berjalan mendekat ke sungai. Di sana, ia menangkap pantulan dirinya, namun mengira bahwa itu adalah harimau lawan yang dimaksud oleh kelinci. Karena terlanjur marah mangsanya hendak direbut, harimau segera terjun ke dalam sungai.
ADVERTISEMENT
Namun karena terpeleset, kepalanya mengenai salah satu batu besar di sungai itu. Pada saat itu juga, harimau mati di dalam sungai.
Cerita Dongeng Pendek "Kelinci Pintar dan Harimau" (21673)
Ilustrasi Sungai dalam Cerita Dongeng Pendek. Foto: Freepik
Kelinci kembali ke rumah dan juga memberitahukan nasib malang harimau kepada binatang lain di hutan. Mereka mengasihani nasib harimau, namun bahagia karena terlepas dari raja hutan yang sombong dan serakah.
Selesai.
Bagaimana, Ma? Apakah Mama-Mama bisa paham kenapa dongeng ini sering diceritakan saat Mama masih kecil dan susah makan? Jawabannya karena di dalam dongeng pendek “Kelinci Pintar dan Harimau” rasa lapar dan marah membuat harimau berpikiran pendek dan mudah untuk dikelabui oleh kancil.
Begitulah cerita singkatnya. Semoga cerita ini bermanfaat, ya. Silakan dicoba juga untuk dipraktikkan di rumah, Ma. Mana tahu, bisa mengatasi anak yang malas makan. Selamat mencoba, ya!
ADVERTISEMENT
(TMA)