Mom
·
8 Juni 2021 15:09
·
waktu baca 4 menit

Cerita Dongeng Si Kancil yang Mencuri Mentimun

Konten ini diproduksi oleh Mama Rempong
Cerita Dongeng Si Kancil yang Mencuri Mentimun (333513)
Ilustrasi Cerita Dongeng Si Kancil yang Mencuri Mentimun. Foto: Freepik
Cerita dongeng si kancil bisa dibilang jadi salah satu dongeng favoritnya anak-anak Mama nih, Ma. Mama yang kemarin beres-beres rak buku nemuin 7 dari 12 buku dongeng yang ada di sana adalah cerita dari si kancil yang berhadapan dengan banyak hewan lainnya.
ADVERTISEMENT
Sebagai fabel yang cukup populer, yang paling menarik dari cerita si kancil ini adalah kecerdikannya yang bikin anak-anak enggak kepikiran sama sekali untuk menebak. Kecerdikan kancil yang paling enggak disangka-sangka ada di dongeng yang mengisahkan konflik di antara kancil dan Pak Tani.
Apa ada Mama-Mama yang pernah tahu cerita satu ini? Ceritanya juga ada dalam versi lagu yang diciptakan oleh Ibu Soed lho, Ma. "Si kancil anak nakal suka mencuri mentimun. Ayo lekas dikurung, jangan diberi ampun!"
Untuk lebih jelasnya lagi, kali ini Mama akan membagikan cerita dongeng kancil dalam versinya memanfaatkan kecerdikan untuk melarikan diri dari perangkap Pak Tani. Sebelum makin penasaran, yuk langsung aja disimak ceritanya di bawah ini ya, Ma.
Cerita Dongeng Si Kancil yang Mencuri Mentimun (333514)
Ilustrasi Hewan dalam Cerita Dongeng Si Kancil yang Mencuri Mentimun. Foto: Freepik

Dongeng Si Kancil yang Mencuri Mentimun

Pada suatu hari yang terik oleh sinar matahari, kancil berlari sekuat mungkin untuk melarikan diri dari kejaran serigala yang hendak menerkamnya hidup-hidup. Ia masuk ke dalam kebun sayuran yang tampak sangat subur. Setelah menggali lubang untuk masuk ke dalam kebun yang dipagari itu, kancil bersembunyi di sana dalam beberapa menit.
ADVERTISEMENT
Ketika memastikan serigala telah melewati kebun tanpa berpikiran kancil sedang bersembunyi di sana, rasa lapar dan haus membuat kancil berjalan mendekat ke arah mentimun yang tampak segar. Namun, sebelum kancil berhasil memetik satu mentimun, kedatangan Pak Tani membuatnya melarikan diri secepat mungkin.
Keesokan harinya, kancil masih menginginkan mentimun yang kemarin dilihatnya di kebun. Dari kejauhan, kancil mengamati dengan teliti. Kebun sayur itu masih tampak kosong. Tanpa membuang-buang waktu, kancil segera menyelinap masuk. Ia memetik tiga buah mentimun dan melahapnya di pinggir kebun. Kancil mengulangi hal itu selama tiga hari berturut-turut.
Cerita Dongeng Si Kancil yang Mencuri Mentimun (333515)
Ilustrasi Pak Tani dalam Cerita Dongeng Si Kancil. Foto: Freepik
Pak Tani mulai curiga bahwa ada yang tidak beres dengan kebunnya. Dia melihat banyak mentimun yang rusak dan hilang.
ADVERTISEMENT
“Ini pasti ulah si kancil!”
Kancil memang terkenal sebagai pembuat ulah yang kerap mencuri sayur dan buah. Pak Tani yang geram dengan ulah kancil mulai menyusun rencana untuk menangkapnya. Pak Tani menemukan lubang yang menjadi jalan masuk bagi kancil untuk menyelinap ke kebunnya. Dengan cepat, Pak Tani menggali lubang yang lebih dalam di dekat lubang yang digali oleh kancil tersebut. Setelahnya, ia menutup lubang itu dengan kayu kecil dan dedaunan.
Pak Tani tersenyum puas melihat perangkap yang telah ia buat untuk menjebak kancil. Setelahnya, ia pulang ke rumah dengan yakin bahwa kancil akan masuk ke dalam perangkapnya.
Keyakinan Pak Tani membuahkan hasil yang diharapkan ketika keesokan harinya kancil kembali berusaha menyelinap masuk ke kebun. Sebelum kancil masuk ke lubang yang ia gali pada beberapa hari yang lalu, kancil terlebih dahulu masuk ke dalam perangkap Pak Tani. Dia terpelosok jatuh ke dalam lubang yang dibuat oleh Pak Tani.
Cerita Dongeng Si Kancil yang Mencuri Mentimun (333516)
Ilustrasi Mentimun dalam Cerita Dongeng Si Kancil. Foto: Freepik
Kancil berpikir keras untuk menemukan cara melarikan diri. Pikiran cerdiknya mulai bekerja ketika ia melihat dari kejauhan kura-kura mendekat ke arah lubang yang memerangkap kancil. Diapun segera memanggil kura-kura.
ADVERTISEMENT
“Kenapa kau di sana, Kancil?” tanya kura-kura penasaran.
“Aku sedang berdoa dan berlindung. Besok adalah hari kiamat.” Kura-kura begitu saja memercayai ucapan kancil. Setelahnya, ia ikut masuk ke dalam lubang perangkap itu.
Melihat kura-kura yang berhasil percaya begitu saja, kancil melakukan hal yang sama pada hewan-hewan lain yang melewati lubang galian Pak Tani itu.
Setelahnya, lubang itu menjadi penuh oleh hewan yang percaya bahwa besok adalah hari kiamat. Keesokan harinya, bau kentut tercium di dalam lubang yang dipenuhi oleh berbagai macam hewan itu.
“Siapa yang kentut?”
Cerita Dongeng Si Kancil yang Mencuri Mentimun (333517)
Ilustrasi Hutan dalam Cerita Dongeng Si Kancil. Foto: Freepik
Semua hewan melihat curiga ke arah kancil yang menjadi sumber bau itu. Karena kesal, harimau yang sangat yakin bahwa kancil sendirilah yang kentut, melempar tubuh mungil kancil ke luar dari lubang.
ADVERTISEMENT
“Terima kasih, Kawan. Kalian telah membebaskanku dari lubang perangkap Pak Tani."
Semua hewan marah mendengar pengakuan kancil.
“Dasar kau licik!” Kura-kura meluapkan kemarahannya.
“Maafkan aku.” Dengan cepat, kancil berlari untuk melarikan diri. Ia berlari sangat kencang dan jauh hingga jejaknya tidak tampak lagi oleh hewan-hewan di hutan.
Selesai.
Bagaimana, Ma? Cerita dongeng si kancil yang licik dan suka mencuri seperti yang telah Mama ceritakan di atas menarik banget, kan? Dari cerita itu, Mama-Mama juga bisa menjelaskan pesan moral yang ada di dalamnya kepada anak di rumah agar mereka enggak berperilaku seperti kancil.
Semoga cerita di atas bisa menjadi cerita yang menginspirasi Mama-Mama untuk berdongeng kepada anak, ya. Selamat mencoba, Ma!
ADVERTISEMENT
(TMA)