Mom
·
20 Juli 2021 9:29
·
waktu baca 3 menit

Ciri-ciri Hamil Muda 1 Minggu Pertama, Ini Dia Gejalanya!

Konten ini diproduksi oleh Mama Rempong
Ciri-ciri Hamil Muda 1 Minggu Pertama, Ini Dia Gejalanya! (35294)
searchPerbesar
Ilustrasi Ibu Hamil Muda. Foto: Freepik
Kalau membicarakan ciri-ciri hamil muda 1 minggu pertama, apa yang pertama kali terlintas di benak kamu? Apa tentang kehamilan yang dipenuhi morning sickness? Atau kram perut berlebih?
ADVERTISEMENT
Ternyata faktanya, hamil 1 minggu pertama itu belum bisa dikatakan hamil lho. Dari sebuah penjelasan lengkap yang dimuat oleh The Bump, dokter-dokter kandungan memang akan menghitung usia kehamilan sejak hari pertama haid terakhir (HPHT).
Hal tersebut dilakukan karena susahnya menentukan ovulasi dan konsepsi yang terjadi di tubuh seorang wanita. Dari ketentuan itulah, hamil 1 minggu disamakan dengan kondisi ketika tubuh wanita sedang mengalami haid, ya.
Mereka belum benar-benar mengandung sampai minggu kedua atau ketiga, bergantung panjangnya siklus ovulasi masing-masing. Secara langsung, ciri-cirinya juga seperti gejala menstruasi dan berlangsung selayaknya periode menstruasi, yaitu berkisar antara 3 sampai 7 hari.
Lalu, apa saja ciri-ciri itu? Yuk, simak uraian lengkapnya di bawah ini, ya.
ADVERTISEMENT

Ciri-ciri Hamil Muda 1 Minggu Pertama

Ciri-ciri Hamil Muda 1 Minggu Pertama, Ini Dia Gejalanya! (35295)
searchPerbesar
Ilustrasi Hasil USG dan Test Pack. Foto: Freepik
1. Munculnya Pendarahan Ringan Vagina
Pendarahan pada vagina wajar terjadi karena tubuh sedang meluruhkan lapisan rahim yang sedang menumpuk dalam kasus kehamilan. Darah yang keluar cenderung berwarna cerah, ya. Sementara untuk teksturnya, ia tampak lebih cair.
2. Sering Buang Air Kecil
Ciri hamil yang kedua ini enggak selalu disebabkan kebanyakan minum, kok. Kamu bisa saja mengalami sering buang air kecil sebagai gejala hamil usia 1 minggu karena pengendapan hormon yang terjadi di dalam tubuh. Endapan tersebutlah yang selanjutnya perlu untuk dikeluarkan melalui buang air kecil.
3. Perubahan Suasana Hati
Perubahan suasana hati ini juga seperti gejala khas pramenstruasi, kan? Saat itu kamu akan mudah merasakan perubahan perasaan. Bisa sebelumnya senang banget, eh tiba-tiba jadi pengen nangis atau marah karena hal kecil.
ADVERTISEMENT
Sebenarnya, perubahan suasana hati ini disebabkan oleh keberadaan hormon estrogen dan progesteron di dalam tubuh. Kedua hormon itu membuat kamu menjadi lebih sensitif saat ia masuk ke aliran darah.
Ciri-ciri Hamil Muda 1 Minggu Pertama, Ini Dia Gejalanya! (35296)
searchPerbesar
Ilustrasi Wanita Mengalami Mood Swing. Foto: Freepik
4. Kembung
Karena pengaruh hormon yang berfluktuasi, tubuh di satu minggu pertama kehamilan juga akan merasakan kembung. Hal itu bisa terjadi pada banyak kasus masa awal kehamilan.
5. Pusing
Pusing dapat menjadi ciri-ciri hamil karena penurunan tekanan darah di dalam tubuh wanita. Ketika tekanan darah kita menurun, rasa pusing menjadi rentan dirasakan karena pembuluh darah yang melebar di saat itu.
6. Nyeri dan Kram Perut
Gejala ini sudah biasa dialami oleh perempuan menjelang menstruasi, jadi dia juga merupakan bagian dari ciri kehamilan 1 minggu. Rahim yang tengah berkontraksi menyebabkan area perut, bahkan punggung terasa nyeri.
Ciri-ciri Hamil Muda 1 Minggu Pertama, Ini Dia Gejalanya! (35297)
searchPerbesar
Ilustrasi Nyeri Perut. Foto: Freepik
7. Perubahan pada Payudara
ADVERTISEMENT
Perubahan pada payudara yang dimaksud di sini sama juga seperti keadaan menjelang menstruasi, ya. Sekitar seminggu menuju hari haid pertama, biasanya payudara terasa lebih lembut dan membengkak. Perubahan yang seperti itu disebabkan oleh perubahan hormon estrogen.
8. Meningkatnya Sensitivitas Penciuman
Ciri yang selanjutnya adalah indera penciuman yang menjadi sensitif dalam membaui hal-hal di sekitar kita. Menurut yang dituliskan oleh Healthline, ciri satu ini terjadi karena pengaruh peningkatan hormon estrogen di dalam tubuh.
Jika terbilang cukup parah, penciuman yang menjadi lebih sensitif dapat mengundang rasa mual, muntah, bahkan menurunnya nafsu makan.
Ciri-ciri Hamil Muda 1 Minggu Pertama, Ini Dia Gejalanya! (35298)
searchPerbesar
Ilustrasi Tangan Ibu dan Kaki Bayi Baru Lahir. Foto: Freepik
Bagaimana menurut kamu? Ciri-ciri di atas sudah seperti gejala khas menstruasi, kan?
Karena ciri-ciri hamil muda 1 minggu pertama ini belum benar-benar muncul secara langsung, lebih baiknya sebagaimana yang dimuat oleh The Bump, fokuslah pada perbaikan gaya hidup dan pola makan. Hindari minuman beralkohol, kurangin asupan kafein, dan hindari juga merokok, ya.
ADVERTISEMENT
Semoga kabar kehamilan segera terdengar oleh kamu!
(TMA)