Mom
·
8 Juni 2021 12:22
·
waktu baca 3 menit

Doa Sebelum dan Sesudah Makan, Yuk Biasakan Anak Membacanya Sejak Dini

Konten ini diproduksi oleh Mama Rempong
Doa Sebelum dan Sesudah Makan, Yuk Biasakan Anak Membacanya Sejak Dini (24019)
Ilustrasi doa sebelum dan sesudah makan (Sumber : Freepik)
Doa sebelum dan sesudah makan hendaknya sudah mulai dibiasakan ya Ma kepada anak-anak kita, sebagai wujud rasa syukur terhadap nikmat yang telah Allah berikan.
ADVERTISEMENT
Selain itu, melalui berdoa, umat muslim diharapkan senantiasa mendapatkan keberkahan atas apa yang telah dimakan dan terhindar dari segala yang dapat membahayakan. Maka sebagai orang tua, penting bagi kita untuk melatih sejak dini kebiasaan berdoa kepada anak-anak.
Berikut ini merupakan lafaz doa sebelum dan sesudah makan yang bisa Mama-Mama, anak-anak, serta anggota keluarga lainnya baca ya.

Doa Sebelum dan Sesudah Makan

1. Bacaan Doa sebelum Makan
Doa Sebelum dan Sesudah Makan, Yuk Biasakan Anak Membacanya Sejak Dini (24020)
Ilustrasi doa sebelum dan sesudah makan (Sumber : Freepik)
Doa sebelum makan ditujukan sebagai rasa syukur kita terhadap nikmat Allah SWT yang telah memberikan rezeki sehingga masi dapat makan, sekaligus mencegah godaan setan yang hendak menganggu kita saat makan.
اَللَّهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِيْمَا رَزَقْتَنَا وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ
“Alloohumma barik lanaa fiimaa razaqtanaa waqinaa ‘adzaa bannar”
ADVERTISEMENT
Artinya: “Segala puji bagi Allah yang telah menjadikan air ini (minuman) segar dan menggiatkan dengan rahmat-Nya dan tidak menjadikan air ini (minuman) asin lagi pahit karena dosa-dosa kami.”
2. Doa saat Lupa Berdoa di Tengah Makan
Sebagai manusia, tentunya kita tidak luput dari kesalahan, salah satunya ketika lupa membaca doa sebelum makan. Jika kamu baru menyadari telah lupa membaca doa sebelumnya, di tengah-tengah saat makan Mama-Mama bisa membaca doa berikut ini.
بِسْمِ اللهِ فِىِ أَوَّلِهِ وَآخِرِهِ
“Bismillaahi fii awwalihi wa aakhirihi”
Artinya: “Dengan menyebut nama Allah pada awal dan akhirnya”.
3. Bacaan Doa sesudah Makan
Hendaknya sebagai seorang muslim, kita juga membaca doa sesudah makan sebagai wujud rasa terima kasih kepada Allah SWT yang telah memberikan makan dan minum.
ADVERTISEMENT
اَلْحَمْدُ ِللهِ الَّذِىْ اَطْعَمَنَا وَسَقَانَا وَجَعَلَنَا مُسْلِمِيْنَ
“Alhamdu lillaahil ladzii ath’amanaa wa saqoonaa wa ja’alnaa muslimiin”
Artinya: “Segala puji bagi Allah yang telah memberi makan kami dan minuman kami, serta menjadikan kami sebagai orang-orang islam”

Adab Makan dan Minum Menurut Islam

Doa Sebelum dan Sesudah Makan, Yuk Biasakan Anak Membacanya Sejak Dini (24021)
Ilustrasi doa sebelum dan sesudah makan (Sumber : Freepik)
Selain membaca doa sebelum dan sesudah makan, Rasulullah SAW juga telah mengajarkan adab dan tata cara yang benar saat makan serta minum. Hal ini sesuai dengan hadits yang diriwayatkan oleh 'Aisyah radhiyallahu 'anha
إِذَا أَكَلَ أَحَدُكُمْ فَلْيَذْكُرِ اسْمَ اللَّهِ تَعَالَى فَإِنْ نَسِىَ أَنْ يَذْكُرَ اسْمَ اللَّهِ تَعَالَى فِى أَوَّلِهِ فَلْيَقُلْ بِسْمِ اللَّهِ أَوَّلَهُ وَآخِرَهُ
Artinya: "Apabila salah seorang di antara kalian makan, maka hendaknya ia menyebut nama Allah Ta'ala. Jika ia lupa untuk menyebut nama Allah Ta'ala di awal, hendaklah ia mengucapkan: "Bismillaahi awwalahu wa aakhirohu (dengan nama Allah pada awal dan akhirnya)"
ADVERTISEMENT
Adab makan dan minum ini penting buat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Pasalnya hal ini juga berkaitan dengan kesehatan loh, Ma. Jika kita sudah mengikuti adab yang telah diajarkan oleh Rasulullah, maka tubuh kita bisa terhindar dari berbagai macam penyakit.
Berikut beberapa adab makan dan minum yang bisa Mama-Mama ajarkan kepada si kecil:
1. Cuci Tangan Sebelum dan Sesudah Makan
Selain membaca doa, hendaknya para orang tua juga membiasakan anak-anak untuk mencuci tangan sebelum dan sesudah makan. Utamanya di kala pandemi yang tak kunjung usai seperti ini, cuci tangan dapat menghindarkan kita dari berbagai virus dan penyakit. Mencuci tangan juga bertujuan agar sisa-sisa makanan tidak menempel di tangan.
2. Dahulukan Tangan Kanan saat Mengambil Makanan dan Minuman
ADVERTISEMENT
Tangan kanan digunakan untuk hal-hal yang baik dan terpuji, salah satunya adalah makan dan minum. Jadi mulai sekarang biasakan anak-anak untuk mengambil makanan dan minuman menggunakan tangan kanan ya, Ma.
3. Makan dan Minum Sambil Duduk
Kita sering mendengar orang tua zaman dulu selalu memberikan pesan agar kita harus makan dan minum sambal duduk. Ternyata, Rasulullah Saw juga pernah bersabda untuk tidak makan dan minum sambil berdiri. Salah satu tujuannya adalah untuk menjaga sistem pencernaan agar terhindar dari berbagai macam penyakit.
4. Konsumsi Makanan dan Minuman yang Halal
Kemudian makanan dan minuman yang kita konsumsi harus diperoleh melalui cara yang halal. Selain itu, keduanya juga harus terbuat dari bahan baku yang baik dan halal.
ADVERTISEMENT
6. Tidak Berlebihan Saat Makan
Dalam hal menyantap makanan dan minuman, Rasulullah juga menganjurkan untuk makan sesuai dengan porsi kita. Supaya makanan dan minuman tersebut tidak mubazir dan terbuang dengan percuma.
(AN)