Mom
·
22 Juli 2021 11:02
·
waktu baca 4 menit

Doa Suami Ketika Istri Hamil Beserta Artinya

Konten ini diproduksi oleh Mama Rempong
Doa Suami Ketika Istri Hamil Beserta Artinya (36493)
searchPerbesar
Ilustrasi Doa Suami Ketika Istri Hamil (Sumber: Freepik)
Ketika hamil, kamu bisa mengajak pasanganmu untuk membaca serta mengamalkan doa suami ketika istri hamil. Hal ini semata bertujuan agar si kecil dalam kandungan senantiasa diberikan kesehatan hingga jelang persalinan nanti.
ADVERTISEMENT
Enggak hanya itu saja, namanya hamil kan penuh perjuangan dan butuh kesabaran banget ya Ma dalam melaluinya. Selama sembilan bulan mengandung, belum lagi ketika awal hamil kita banyak merasakan ketidaknyamanan.
Supaya prosesnya selalu dimudahkan sampai melahirkan nanti, tak ada salahnya kok untukmu meminta doa dari suami. Kalau kamu sudah meminta pasangan untuk mendoakanmu belum selama hamil ini?
Jadi selain ikhtiar dengan mengonsumsi makanan tinggi nutrisi dan berkonsultasi dengan dokter mengenai perkembangan si buah hati. Bisa dibarengi juga dengan doa suami ketika istri hamil agar Mama-Mama dan si kecil sehat hingga jelang persalinan. Apa saja bacaan doanya? Simak selengkapnya di sini ya!

Doa Suami Ketika Istri Hamil

1. Membaca Ayat Kursi
Doa Suami Ketika Istri Hamil Beserta Artinya (36494)
searchPerbesar
Ilustrasi Doa Suami Ketika Istri Hamil (Sumber: Freepik)
Ayat kursi atau surat Al-Baqarah ayat 255 sangat dianjurkan untuk dibaca sebagai salah satu doa suami ketika istri hamil. Ayat kursi berisi puji-pujian terhadap Sang Pencipta. Berikut bacaannya:
ADVERTISEMENT
ٱللَّهُ لَآ إِلَٰهَ إِلَّا هُوَ ٱلْحَىُّ ٱلْقَيُّومُ ۚ لَا تَأْخُذُهُۥ سِنَةٌ وَلَا نَوْمٌ ۚ لَّهُۥ مَا فِى ٱلسَّمَٰوَٰتِ وَمَا فِى ٱلْأَرْضِ ۗ مَن ذَا ٱلَّذِى يَشْفَعُ عِندَهُۥٓ إِلَّا بِإِذْنِهِۦ ۚ يَعْلَمُ مَا بَيْنَ أَيْدِيهِمْ وَمَا خَلْفَهُمْ ۖ وَلَا يُحِيطُونَ بِشَىْءٍ مِّنْ عِلْمِهِۦٓ إِلَّا بِمَا شَآءَ ۚ وَسِعَ كُرْسِيُّهُ ٱلسَّمَٰوَٰتِ وَٱلْأَرْضَ ۖ وَلَا يَـُٔودُهُۥ حِفْظُهُمَا ۚ وَهُوَ ٱلْعَلِىُّ ٱلْعَظِيمُ
“Allāhu lā ilāha illā huw, al-ḥayyul-qayyụm, lā ta`khużuhụ sinatuw wa lā na`ụm, lahụ mā fis-samāwāti wa mā fil-arḍ, man żallażī yasyfa'u 'indahū illā bi`iżnih, ya'lamu mā baina aidīhim wa mā khalfahum, wa lā yuḥīṭụna bisyai`im min 'ilmihī illā bimā syā`, wasi'a kursiyyuhus-samāwāti wal-arḍ, wa lā ya`ụduhụ ḥifẓuhumā, wa huwal-'aliyyul-'aẓīm.”
Artinya: “Allah, tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) melainkan Dia Yang Hidup kekal lagi terus menerus mengurus (makhluk-Nya); tidak mengantuk dan tidak tidur. Kepunyaan-Nya apa yang di langit dan di bumi. Tiada yang dapat memberi syafa'at di sisi Allah tanpa izin-Nya? Allah mengetahui apa-apa yang di hadapan mereka dan di belakang mereka, dan mereka tidak mengetahui apa-apa dari ilmu Allah melainkan apa yang dikehendaki-Nya. Kursi Allah meliputi langit dan bumi. Dan Allah tidak merasa berat memelihara keduanya, dan Allah Mahatinggi lagi Mahabesar.”
ADVERTISEMENT
2. Doa agar Bayi dan Istri Tetap Sehat selama Kehamilan
Doa Suami Ketika Istri Hamil Beserta Artinya (36495)
searchPerbesar
Ilustrasi Doa Suami Ketika Istri Hamil (Sumber: Freepik)
Para calon ayah juga bisa membaca ucapan doa berikut agar jabang bayi serta istri yang sedang mengandung senantiasa diberikan kesehatan hingga jelang persalinan nanti.
اللهم احْفَظْ وَلَدِي مَادَامَ فِى بَطْنِ زَوْجَتِي وَاشْفِهِ أَنْتَ الشَّافِى لَا شِفَاءَ إِلَّا شِفَآؤُكَ شِفَآءً لآيُغَادِرُ سَقَمًا اللهم صَوِّرْهُ فِي بَطْنِ زَوْحَتِي صُوْرَةً حَسَنَةً وَثَبِّتْ قَلْبَهُ إِيْمَانًا بِكَ وَبِرَسُوْلِكَ اللهم أَخْرِجْهُ مِنْ بَطْنِ زَوْجَتِي وَقْتَ وِلَادَتِهَا سَهْلًا وَتَسْلِيْمًا اللهم اجْعَلْهُ صَحِيْحًا كَامِلًا وَعَاقِلًا حَاذِقًا عَالِمًا عَامِلًا اللهم طَوِّلْ عُمُرَهُ وَصَحِّحْ جَسَدَهُ وَحَسِّنْ خُلُقَهُ وَأَفْصِحْ لِسَانَهُ وَأَحْسِنْ صَوْتَهُ لِقِرَاءَةِ الْحَدِيْثِ وَالْقُرْآنِ الْعَظِيْمِ بِبَرَكَةِ مُحَمَّدٍ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَالْحَمْدُ لِلهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ
“Allahummahfadz waladî mâ dâma fî bathni zaujatî wasyfihi anta asy-syâfi lâ syifâ`an illâ syifâuka syifâ`an lâ yughâdiru saqaman. Allahumma shawwirhu fî bathni zaujatî shûratan hasanatan watsabbit qolbahu îmânan bika wa bi-Rasûlika. Allahumma akhrijhu mim bathni zaujatî waqta wilâdatihâ sahlan wa taslîman. Allahumma ij’alhu shahîhan kâmilan wa ‘âqilan hâdziqan ‘âmilan. Allahumma thowwil ‘umrohu wa shahhih jasadahu wa hassin khuluqohu wa afshah lisânahu wa ahsin shautahu liqirooatil hadîtsi wal qur`ânil ‘adzîm bibarokati Muhammadin shallallâhu ‘alaihi wasallam. Walhamdulillâhi Robbil ‘âlamîn.”
ADVERTISEMENT
Artinya: "Ya Allah, jagalah anakku selama ia berada dalam perut istriku, sehatkan ia, sesungguhnya Engkau Yang Maha Menyehatkan, tak ada kesehatan kecuali kesehatan dari-Mu, kesehatan yang tak terganggu penyakit. Ya Allah, bentuk ia yang ada di perut istriku dalam rupa yang baik, tetapkan dalam hatinya keimanan pada-Mu kepada Rasul-Mu. Ya Allah, keluarkan dia dari perut istriku pada saat kelahirannya secara mudah dan selamat. Ya Allah, jadikan ia utuh, sempurna, berakal, cerdas, banyak beramal. Ya Allah, panjangkan umurnya, sehatkan jasadnya, baguskan rupanya, dan fasihkan lisannya untuk membaca hadit dan Al-Qur'an yang Agung, dengan berkah Nabi Muhammad saw. Segala puji bagi Allah, Tuhan semesta Alam."
3. Membaca Surat Al-Insyirah
Selama kehamilan, tak jarang istri mengalami hambatan ataupun ketidaknyamanan. Papa-Papa selain memberikan support dan kasih sayang, bisa juga mengiringinya dengan membacakan surat Al-Insyirah. Dalam surat ini terkandung pesan bahwa dalam setiap hambatan pasti selalu ada solusinya. Membacakan surat Al-Insyirah juga dapat membuat hati bumil menjadi lebih tenang dan nyaman.
ADVERTISEMENT
4. Membaca Surat Al-Hasyr
Surat Al-Hasyr merupakan surat ke-59 dalam Al-Qur’an yang memiliki banyak hikmah di dalamnya. Salah satu keutamannya adalah agar terhindar dari gangguan jin serta didoakan oleh 70.000 malaikat yang dikirim oleh Allah SWT.
Para calon ayah bisa membacakan surat ini sebanyak tujuh kali sambil mengelus perut Mama-Mama.
Bagi yang saat ini sedang menjalani proses kehamilan. Beberapa doa di atas bisa kamu serta pasanganmu amalkan agar dalam masa mengandung ini diberikan kelancaran sampai jelang melahirkan kelak. Sehat terus ya untuk para bumil!
(AN)