Konten dari Pengguna

Finger Food untuk Bayi Berapa Bulan?

11 Maret 2022 17:49 WIB
·
waktu baca 4 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Mama Rempong tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi finger food untuk bayi berapa bulan (Sumber: Pexels)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi finger food untuk bayi berapa bulan (Sumber: Pexels)
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Ada seorang teman Mama yang anaknya baru saja memasuki fase MPASI bertanya mengenai finger food untuk bayi berapa bulan sebenarnya?
ADVERTISEMENT
Seperti yang kamu ketahui, berdasarkan rekomendasi dari IDAI, bayi usia 6 bulan sudah mulai bisa diperkenalkan dengan makanan padat pertamanya atau MPASI. Kenapa sih MPASI ini diberikan pada usia 6 bulan? Ada beberapa faktor sih, salah satunya mengingat nutrisi yang terdapat pada ASI sudah enggak bisa lagi memenuhi kebutuhan nutrisi harian si kecil.
Memasuki fase MPASI, mungkin Mama-Mama sudah enggak asing lagi ya dengan istilah finger food? Menurut laman Yummy Toddler Food yang pernah Mama baca, finger food sendiri mengacu pada istilah makanan yang bisa digenggam atau dipegang oleh tangan si kecil.
Memperkenalkan finger food memang merupakan salah satu pengalaman dari fase MPASI yang akan dilalui si kecil. Akan tetapi ternyata di luaran sana masih banyak Mama-Mama belum paham soal pemberian finger food.
ADVERTISEMENT
Kalau kamu penasaran, simak penjelasan lengkapnya di sini yang telah Mama rangkum dari berbagai sumber, ya!

Finger Food untuk Bayi Berapa Bulan

Ilustrasi finger food untuk bayi berapa bulan (Sumber: Pexels)
Sebagaimana yang Mama-Mama ketahui, umumnya bayi mulai diberikan MPASI pada usia 6 bulan. Di usia 6 bulan, biasanya bayi mulai diperkenalkan dengan MPASI yang teksturnya halus, sebagai contoh pure atau bubur.
Melansir laman Baby Foode, sesungguhnya tidak ada acuan yang pasti kapan bayi mulai bisa diberikan finger food. Umumnya, banyak orang tua yang memberikan finger food setelah bayi sudah terbiasa menyantap makanan yang halus seperti pure, yakni dimulai di usia 8-9 bulan.
Hal ini sebenarnya tergantung dari kesiapan dan kemampuan makan si kecil. Pasalnya tiap bayi mungkin memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Hanya saja, sebelum memberikan finger food, Mama-Mama perlu memahami beberapa tanda jika si kecil sudah siap mengonsumsi finger food, antara lain:
ADVERTISEMENT
Apabila kamu sudah melihat beberapa tanda tersebut, artinya si kecil sudah siap untuk diperkenalkan dengan finger food. Namun apabila kamu masih ragu, kamu bisa berkonsultasi pada dokter guna mendiskusikan soal MPASI bayi termasuk kapan waktu terbaik buat memberikan finger food kepadanya.
Sedikit tips, kamu bisa memberikan makanan yang lunak pada bayi usia 6-8 bulan. Kemudian memasuki usia 9-12 bulan, si kecil sudah bisa diperkenalkan dengan makanan dan tekstur yang lebih beragam.
ADVERTISEMENT
Pemberian finger food tidak hanya baik untuk kemampuan makan si kecil, namun juga baik buat menstimulasi motorik kasarnya. Si kecil juga bisa semakin melatih gerakan koordinasi tangannya dengan belajar menggenggam dan memegang sendiri makanannya.

Cara Memperkenalkan Finger Food pada Bayi

Ilustrasi finger food untuk bayi berapa bulan (Sumber: Pexels)
Setelah mengetahui kapan waktu yang tepat bayi diperkenalkan dengan finger food, berikut adalah beberapa cara memperkenalkan finger food pada bayi, antara lain:
1. Jangan Letakkan Terlalu Banyak Finger Food
Jika ingin memperkenalkan finger food pada bayi, jangan dulu memberikannya terlalu banyak makanan. Cukup meletakkan 1-3 potong finger food untuk diperkenalkan pada si kecil. Soalnya bayi masih memiliki kemampuan makan dan fungsi pencernaan yang belum sempurna layaknya orang dewasa.
2. Mulailah dengan Makanan Lembut yang Berbentuk Kecil
ADVERTISEMENT
Ada beberapa contoh makanan yang bisa kamu berikan pada si kecil, seperti kentang, ubi, atau wortel yang direbus lalu dipotong bentuk stik yang tidak terlalu besar. Pastikan finger food sudah diolah secara matang dan mempunyai tekstur yang lembut buat si kecil konsumsi.
Kamu juga bisa memberikan berbagai buah-buahan seperti mangga, alpukat, pepaya, dan buah-buahan lain yang dipotong kecil untuk finger food.
3. Bantu Dia Makan
Daya cengkram bayi memang belum terlalu baik seperti orang dewasa. Maka dari itu, sebagai orang tua kita bisa membantunya saat dia kesulitan memakan makanannya. Pastikan juga agar setiap makanan yang diberikan pada bayi aman untuk dia konsumsi agar tidak berisiko tersedak.
Itulah dia penjelasan finger food untuk bayi berapa bulan. Semoga informasi ini bermanfaat untukmu ya, Ma!
ADVERTISEMENT
(AN)