Kapan Bayi Mulai Mengoceh? Ini Penjelasannya

Konten dari Pengguna
21 Maret 2023 12:10 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Mama Rempong tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi bayi mengoceh. Foto: Pexels.com
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi bayi mengoceh. Foto: Pexels.com
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Sebagai orang tua, Mama tentunya menantikan momen ketika si kecil mulai mengoceh. Lantas, Mama mulai bertanya-tanya kapan bayi mulai mengoceh?
ADVERTISEMENT
Setiap bayi memiliki perkembangan kemampuan berbahasa yang berbeda-beda, Ma. Namun, pada umumnya, bayi mulai mengoceh beberapa bulan setelah ia lahir di dunia ini.
Nah, untuk mengetahui kapan pastinya bayi mulai mengoceh, yuk simak penjelasan seputar perkembangan kemampuan berbahasa bayi di bawah ini.

Kapan Bayi Mulai Mengoceh?

Kapan bayi mulai mengoceh? Jawabannya adalah 1-3 bulan. Foto: Pexels.com
Mengutip dari Pregnancy Birth and Baby, kemampuan bahasa bayi adalah suatu kemampuan yang ia miliki untuk berbicara serta berkomunikasi dengan orang lain. Hal ini sejalan dengan perkembangan bayi sesuai usianya.
Pada awal usianya, si kecil mulai mengembangkan berbagai jenis kemampuan, termasuk kemampuan berbahasa. Pada saat ini, ia akan mudah menyerap informasi serta bahasa yang ia dengarkan.
Salah satu bentuk si kecil mengembangkan kemampuan berbahasanya ialah dengan mengeluarkan ocehan. Guna mengetahui kapan bayi mulai mengoceh, berikut penjelasan seputar tahapan perkembangan kemampuan bahasa bayi:
ADVERTISEMENT
ADVERTISEMENT
Berdasarkan penjelasan di atas, dapat diketahui bahwa bayi mulai mengoceh

Cara Meningkatkan Kemampuan Bahasa Bayi

Salah satu cara meningkatkan kemampuan bahasa si kecil adalah mengajaknya berbicara. Foto: Pexels.com
Ada beberapa cara yang bisa Mama lakukan untuk meningkatkan kemampuan bahasa si kecil, di antaranya adalah:
Itu dia beberapa cara meningkatkan kemampuan bicara si kecil. Mama bisa melakukan cara-cara di atas akan mengembangkan kemampuan berbahasa si kecil.
Seandainya pun, jika si kecil belum menunjukkan tanda-tanda mengoceh padahal usianya sudah 1–3 bulan, tidak perlu terlalu khawatir ya, Ma. Ingat, semua bayi memiliki perkembangan kemampuan berbahasa yang berbeda-beda.
ADVERTISEMENT
Namun, jika kamu mencurigai adanya gangguan pada kemampuan berbahasa si kecil, silakan konsultasikan dengan dokter ya, Ma.
(SAI)