Mom
·
11 September 2021 19:22
·
waktu baca 4 menit

Kembar Fraternal, Ini Dia Beberapa Fakta Uniknya

Konten ini diproduksi oleh Mama Rempong
Kembar Fraternal, Ini Dia Beberapa Fakta Uniknya (629807)
searchPerbesar
Ilustrasi kembar fraternal (Sumber: Unsplash)
Pernahkah Mama-Mama mendengar mengenai kembar fraternal? Bagaimanakah perbedaannya dengan kembar identik?
ADVERTISEMENT
Kalau kembar identik biasanya sepasang anak kembar yang memiliki fisik maupun wajah yang mirip. Sementara itu kembar fraternal umumnya memiliki sejumlah perbedaan.
Sedikit cerita nih, ada saudara Mama yang ingin sekali punya anak kembar. Berbagai cara sudah dia tempuh, mulai dari yang alami hingga bantuan medis. Cuma mungkin belum jodohnya aja kali ya memiliki anak kembar.
Mama sendiri kadang suka ngebayangin, seperti seru kali ya kalau punya anak kembar. Gemas gitu kalau melihat perkembangan anak kembar dalam waktu yang bersamaan.
Anak kembar juga tak selalu kembar identik. Ada juga yang merupakan kembar fraternal. Singkatnya kembar fraternal ini adalah sepasang bayi kembar yang berasal dari dua sel telur yang berbeda.
Lantas apa saja sih fakta-fakta mengenai kembar fraternal? Kalau kamu masih penasaran. Simak info selengkapnya di sini ya!
ADVERTISEMENT

Apa Itu Kembar Fraternal?

Kembar Fraternal, Ini Dia Beberapa Fakta Uniknya (629808)
searchPerbesar
Ilustrasi kembar fraternal (Sumber: Unsplash)
Bayi kembar fraternal merupakan dua bayi yang asalnya dari dua sel telur yang berbeda serta masing-masing dibuahi oleh sel sperma yang berbeda pula.
Dua sel telur yang telah dibuahi akan membentuk dua zigot. Nantinya zigot ini akan menghasilkan janin kembar fraternal. Mereka akan berkembang dalam kandungan dan lahir pada saat yang bersamaan.
Di dalam kandungan, kedua janin kembar fraternal ini bakal memiliki plasenta serta tali pusar tersendiri untuk mendapatkan oksigen dan nutrisi yang dia butuhkan selama berada di perut Mama-Mama.

Apa Saja Perbedaan Kembar Identik dengan Kembar Fraternal?

Untuk bayi kembar identik, pembuahan terjadi pada satu sel telur oleh satu sel sperma. Usai proses pembuahan selesai, zigot akan mengalami proses pembelahan. Nah kedua janin dari satu zigot yang sama inilah yang nantinya akan berkembang menjadi kembar identik.
ADVERTISEMENT
Lalu seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, kembar fraternal (dizigotik) nantinya akan berkembang memiliki dua kantung ketuban serta dua plasenta yang terpisah juga struktur pendukung lainnya. Jadi tak heran kalau kembar fraternal ini bisa berbeda jenis kelamin, atau bahkan tidak mirip secara fisik satu dengan yang lainnya.

Karakteristik Kembar Fraternal

Kembar Fraternal, Ini Dia Beberapa Fakta Uniknya (629809)
searchPerbesar
Ilustrasi kembar fraternal (Sumber: Unsplash)
Lantas apa saja sih karakteristik bayi kembar fraternal? Berikut adalah beberapa karakteristik dari bayi kembar fraternal yang perlu kamu ketahui:
  • Bayi kembar fraternal masing-masing memiliki tali pusar serta plasenta sendiri. Berbeda halnya dengan kembar identik yang memiliki plasenta yang sama.
  • Secara tampilan fisik, wajah, maupun struktur tubuh, bayi fraternal bisa nampak sangat berbeda. Meski kamu bisa melihat adanya kemiripan, namun tidak akan persis seperti halnya kembar identik. Karena hal tersebutlah, tak heran ketika mereka tumbuh dewasa, bahkan banyak yang tidak menyadari kalau mereka adalah anak kembar.
  • Selain tampilan fisik yang berbeda, bisa jadi kembar fraternal ini memiliki jenis kelamin yang berbeda. Walaupun masih banyak juga kembar fraternal dengan jenis kelamin yang sama.
  • Berbeda dengan kembar identik, kembar fraternal mungkin saja memililiki golongan darah yang tak sama satu dengan lainnya.
ADVERTISEMENT

Faktor Pendukung Hamil Anak Kembar

Ada beberapa faktor yang membuat wanita bisa hamil anak kembar, di antaranya adalah:
1. Usia Ibu Hamil
Ibu hamil yang berusia di atas 30 tahun memiliki kadar hormon estrogen yang lebih tinggi dibandingkan dengan wanita yang usianya lebih muda. Hal ini bisa membuat indung telur dapat menghasilkan lebih dari satu sel telur selama masa ovulasi.
Jadi jika ada dua sel telur sekaligus yang dibuahi, maka kemungkinan hamil anak kembar baik identik maupun fraternal bisa semakin tinggi.
2. Keturunan
Bumil yang punya genetik atau riwayat keluarga yang memiliki anak kembar akan semakin besar peluangnya untuk mengandung bayi kembar.
3. Adanya Bantuan Teknologi Reproduksi
Cara memperoleh keturunan dengan prosedur bayi tabung atau fertilisasi in vitro (IVF), juga dapat menyuntikkan satu atau lebih embrio ke dalam rahim, sehingga peluang hamil anak kembar pun bisa meningkat.
ADVERTISEMENT
Itulah beberapa fakta mengenai anak kembar fraternal. Baik kembar identik maupun fraternal ini tentunya memiliki keunikan pada individunya masing-masing ya Ma!
Apa saja yang bisa meningkatkan kemungkinan hamil anak kembar?
chevron-down
Apa bedanya kembar fraternal dan kembar identik?
chevron-down
Usia berapa wanita memiliki kemungkinan lebih tinggi hamil anak kembar?
chevron-down
(AN)
sosmed-whatsapp-whitesosmed-facebook-whitesosmed-twitter-whitesosmed-line-white