Kumpulan Nama Bayi Khas Bali, Lengkap dengan Artinya

Konten dari Pengguna
17 Januari 2023 8:34
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Mama Rempong tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Kumpulan nama bayi khas Bali yang bisa digunakan sebagai referensi untuk menyematkan nama untuk bayi. Foto: Pexels.com
zoom-in-whitePerbesar
Kumpulan nama bayi khas Bali yang bisa digunakan sebagai referensi untuk menyematkan nama untuk bayi. Foto: Pexels.com
Nama bayi khas Bali memiliki kesan yang unik dan menarik, khususnya bagi Mama yang berasal dari suku Bali. Ada kumpulan nama bayi khas Bali yang bisa Mama gunakan sebagai referensi untuk menyematkan nama untuk si kecil.
Mama yang berasal dari suku Bali pasti tahu bahwa pemberian nama di Bali sedikit berbeda dengan daerah lainnya. Pemberian nama di Bali biasanya dirangkai dan dimulai dari gelar, urutan lahir, hingga nama pemberian dari orang tua.
Contohnya I Wayan yang artinya anak pertama yang berasal dari kasta Waisya. Mama bisa menambahkan nama pelengkap di belakangnya, seperti Widyana untuk menyempurnakan nama si kecil.
Sebagai orang Bali, Mama tentunya paham dengan cara pemberian nama untuk si kecil menggunakan budaya bali. Sayangnya, Mama mungkin bingung untuk memilih nama pelengkap untuk si kecil.
Namun, hal ini tidak perlu dikhawatirkan, Ma. Berikut ini ada kumpulan nama bayi khas Bali yang bisa Mama gunakan untuk menyempurnakan nama si kecil. Simak daftarnya di bawah ini ya, Ma!

Kumpulan Nama Bayi Khas Bali untuk Laki-Laki

Ilustrasi bayi yang menggunakan kumpulan nama bayi khas Bali. Foto: Pexels.com
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi bayi yang menggunakan kumpulan nama bayi khas Bali. Foto: Pexels.com
Berikut kumpulan nama bayi khas Bali untuk si kecil yang berjenis kelamin laki-laki.

1. Mega Arimerta

Pilihan nama bayi khas Bali yang pertama adalah Mega Arimetra. Mega dari nama ini memiliki arti hebat perkasa, dan besar, sedangkan Arimerta berarti penguasa dunia. Jika digabungkan, nama ini bisa memiliki makna penguasa dunia yang perkasa dan hebat.

2. Ananta Arya Wijaya

Mama juga bisa menyematkan nama kepada si kecil dengan nama Ananta Suandira. Nama ini memiliki makna laki-laki yang mulia dan selalu diberikan kemenangan tanpa batas.

3. Agastya Wardana

Agastya Wardana bisa menjadi pilihan nama yang baik untuk si kecil, Ma. Nama ini memiliki arti seseorang yang rendah hati dan selalu membawa kemakmuran.

4. Mahatma Aiswaryan

Mahatma Aiswaryan adalah nama bayi khas Bali yang memiliki makna yang baik. Makna dari nama ini orang yang cakap, berjiwa merdeka, dan selalu penuh kewibawaan.

5. Adistaya Amerta

Pilihan nama bayi laki-laki khas Bali lainnya adalah Adistaya Amerta. Nama bayi ini memiliki makna seseorang yang menerangi bak mentari dan senantiasa memberikan kehidupan.

Kumpulan Nama Bayi Khas Bali untuk Perempuan

Contoh nama bayi perempuan khas Bali adalah Paramitha Pradnya Nareswari. Foto: Pexels.com
zoom-in-whitePerbesar
Contoh nama bayi perempuan khas Bali adalah Paramitha Pradnya Nareswari. Foto: Pexels.com
Jika si kecil berjenis kelamin perempuan, berikut rekomendasi nama bayi khas Bali untuk bayi perempuan.

1. Gayatri Dharmaraditya

Gayatri Dharmaraditya adalah nama bayi khas Bali untuk perempuan yang penuh makna. Nama ini memiliki arti seorang perempuan yang cantik dan pandai bernyanyi serta memiliki kehangatan seperti mentari dan selalu bersikap adil dan taat.

2. Prami Dewanggi Prameswari

Mama juga bisa menamakan si kecil dengan nama Prami Dewanggi Prameswari. Nama ini memiliki makna seorang yang indah, cerdas dan berbakat, serta memiliki jalan hidup yang tentram.

3. Isvara Dhana Janitra

Pilihan nama bayi perempuan khas Bali selanjutnya adalah Isvara Dhana Janitra. Nama ini memiliki makna yang bagus, yakni seorang perempuan yang memiliki derajat tinggi yang penuh akan kedermawanan.

4. Danisa Maharani

Danisa Maharani merupakan nama bayi perempuan yang khas Bali yang memiliki arti yang baik. Adapun arti dari nama ini adalah perempuan cantik bak permaisuri yang selalu memberikan keadilan dan pengampunan.

5. Paramitha Pradnya Nareswari

Mama juga bisa memilih nama Paramitha Pradnya Nareswari, terlebih jika si kecil lahir di pagi hari. Nama ini memiliki makna perempuan yang sempurna yang lahir di pagi hari dan diberkahi bakat menulis atau seni.
Itu dia kumpulan nama bayi khas Bali yang bisa Mama gunakan atau jadikan inspirasi untuk melengkapi nama si kecil. Semoga bisa membantu ya, Ma!
(SAI)
Bagaimana cara pemberian nama menurut budaya Bali?
chevron-down
Apa makna dari nama Mega?
chevron-down
Apa arti nama Gayatri Dharmaraditya?
chevron-down