Konten dari Pengguna

Lirik Lagu Tepuk Anak Soleh yang Lengkap

3 Desember 2021 19:24 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Mama Rempong tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi lirik lagu tepuk anak soleh (Sumber: Freepik)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi lirik lagu tepuk anak soleh (Sumber: Freepik)
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Mengajarkan pendidikan agama sejak dini bisa diajarkan melalui berbagai cara, salah satunya dengan lirik lagu tepuk anak soleh. Dengan menerapkan cara mendidik anak sesuai dengan agama Islam, diharapkan nantinya si kecil bisa memiliki akhlak yang baik dalam menjalani kehidupannya.
ADVERTISEMENT
Pendidikan agama juga bisa mulai diajarkan ketika anak memasuki usia taman kanak-kanak atau TK. Kalau menurut tetangga Mama yang anaknya bersekolah di sekolah Islam, cara memperkenalkan agama sedari dini bisa juga melalui permainan atau sambil bernyanyi.
Banyak banget kan lagu anak-anak yang diperkenalkan sejak TK, salah satu lagu yang bernuansa Islam yang banyak diajarkan adalah lagu tepuk anak soleh. Lagu tersebut bermakna untuk mengajarkan si kecil kecintaan terhadap agama Islam, pada Allah, rasul, juga cinta kepada orang tua.
Lalu bagaimanakah lirik lagu tepuk anak soleh? Mama kebetulan sudah hafal nih karena sering mendengarkannya juga di Youtube, hehehe. Nih Mama share ya untuk lirik lengkapnya.

Lirik Lagu Tepuk Anak Soleh

Ilustrasi lirik lagu tepuk anak soleh (Sumber: Freepik)
Aku *prok..prok..prok..*
ADVERTISEMENT
Anak Soleh *prok.. 3x*
Rajin Salat *prok..3x*
Rajin ngaji *prok..3x*
Cinta islam *prok..3x* sampai mati
Lailaahaillallah, Muhammadu Rosululloh
Islam.. Islam yes…
Islam.. Islam yes…
Selain lirik lagu tepuk anak soleh ini ada beberapa lagu yang bisa diajarkan pada si kecil untuk lebih mengenalkan Islam padanya, sebagai contoh adalah lagu tepuk wudu.

Lirik Lagu Tepuk Wudu

*Tepuk 3x* Baca Bismillah sambil cuci tangan
*Tepuk 3x* Kumur-kumur basuh hidung basuh muka
*Tepuk 3x* dua tangan sampai siku kepala dan telinga tak lupa cuci kaki lalu doa
*Tepuk 3x* Aamiin

Cara Mendidik Anak Menurut Ajaran Islam

Ilustrasi lirik lagu tepuk anak soleh (Sumber: Freepik)
Cara mendidik anak secara umum dalam Islam, yakni mengajarkan nilai-nilai kebaikan agar dia menuju ke arah yang lebih baik. Ada baiknya kita juga mengikuti teladan Rasulullah SAW dalam mendidik anak.
ADVERTISEMENT
Pertama adalah dengan mengajarkan ilmu ketuhanan atau Tauhid. Ini sangat penting agar anak bisa mengenal Allah dan percaya bahwa tiada Tuhan selain Allah. Hal ini juga sejalan dengan salah satu hadis Nabi Muhammad yang berbunyi:
Setelah itu tanamkan ilmu agama sedari dini sebagai pondasi untuk kehidupannya kelak. Mama-Mama dan Papa-Papa bisa mengajarkan ilmu agama dengan cara yang sederhana, seperti membiasakan membaca doa sebelum atau sesudah melakukan sesuatu, mengajarkan surat-surat pendek, membacakan buku cerita mengenai Nabi, serta mengajaknya salat serta membaca Al-Qur'an.
ADVERTISEMENT
Melalui kebiasaan sederhana inilah si kecil bisa mengenali agamanya dan menjadikan agama sebagai penuntun kehidupannya. Niscaya si kecil pun akan tumbuh menjadi anak yang saleh dan berakhlak baik. Aamiin.
(AN)