Mom
·
20 Juli 2021 13:44
·
waktu baca 2 menit

Mainan Anak 1 Tahun, Melatih Belajar Berjalan dan Bicara

Konten ini diproduksi oleh Mama Rempong
Mainan Anak 1 Tahun, Melatih Belajar Berjalan dan Bicara (103787)
searchPerbesar
Ilustrasi Mainan Anak 1 Tahun. Foto: Pixabay
Mengoptimalkan tumbuh kembang anak bisa dilakukan dengan berbagai cara, seperti Mama yang dulu selektif banget memilihkan mainan anak 1 tahun untuk memaksimalkan perkembangannya. Kenapa harus selektif? Karena, beberapa perkembangan penting mulai terjadi di usia 1 tahun itu, Ma.
ADVERTISEMENT
Dari yang pernah Mama baca di Naeyc, anak usia 1 tahun itu sedang aktif-aktifnya bergerak lho Ma. Anak belajar jalan dengan aktif melangkahkan kaki dan melancarkan pergerakannya. Selain itu, di usia 1 tahun, anak kita juga mulai menikmati obrolan ringan. Pokoknya, mereka bakal antusias banget untuk belajar mengucapkan kosakata baru.
Kira-kira mainan seperti apa yah yang bisa kita belikan dan berikan kepada anak untuk mengoptimalkan tumbuh kembang mereka dalam belajar berjalan dan bicara? Yuk, langsung disimak beberapa rekomendasi dari Mama di bawah ini, ya!

Rekomendasi Mainan Anak 1 Tahun yang Membantu Berjalan dan Bicara

1. Baby Walker
Mainan Anak 1 Tahun, Melatih Belajar Berjalan dan Bicara (103788)
searchPerbesar
Ilustrasi Baby Walker. Foto: Tokopedia
Mama-Mama sudah tahu kan gambaran tentang mainan di urutan pertama ini? Baby walker memang menjadi mainan andalan orang tua untuk anak mereka yang berusia 1 tahun dan mulai belajar berjalan.
ADVERTISEMENT
Dengan bagian yang memiliki tempat berpegangan tangan serta roda di bawahnya itu, anak kita akan dimudahkan mendorong baby walker sehingga kaki mereka akan mulai terbiasa untuk melangkah.
Lambat laun saat mereka semakin terbiasa memainkan baby walker, mereka mulai mendapatkan keseimbangan yang sempurna untuk berjalan dengan lancar. Menariknya lagi, mainan satu ini juga dilengkapi dengan beberapa detail yang membuat anak kita semakin senang memainkannya, Ma.
Ada yang bisa mengeluarkan musik, dihiasi mainan-mainan kecil seperti boneka dan bola, ada juga yang ditambahi dengan kincringan. Jadi, enggak perlu takut mainan ini membosankan bagi anak kita, ya.
2. Troly Mainan
Mainan Anak 1 Tahun, Melatih Belajar Berjalan dan Bicara (103789)
searchPerbesar
Ilustrasi Troly Mainan. Foto: Tokopedia
Mainan berbentuk troly ini sistem kerjanya hampir sama ya Ma dengan baby walker. Ia membantu anak kita melangkah dan berjalan lebih lancar. Yang lebih menariknya, mainan ini bisa membuat anak semakin bersemangat dalam melangkahkan kaki kecil mereka karena merasa tengah berperan sebagai orang dewasa yang berbelanja.
ADVERTISEMENT
Selain itu, bentuk dan warnanya yang beragam juga menjadi daya pikat bagi anak-anak. Biasanya saat membeli troly mainan, dilengkapi pula dengan beberapa barang mainan lain yah Ma untuk mengisi bagian dalam troly. Ada yang berupa sepaket buah-buahan, makanan ringan, ataupun benda-benda yang lain.
Selain belajar berjalan, Mama-Mama juga bisa kan jadinya memperkenalkan nama-nama barang yang mengisi troly anak sehingga juga ikut membantu mereka berbicara.
3. Mainan Peniru Suara
Mainan Anak 1 Tahun, Melatih Belajar Berjalan dan Bicara (103790)
searchPerbesar
Ilustrasi Kaktus Bernyanyi Peniru Suara. Foto: Tokopedia
Untuk mainan peniru suara ini, ada banyak jenisnya Ma. Ada yang berbentuk hewan seperti burung beo, kucing, anjing kecil, bahkan yang baru-baru saja viral ada mainan peniru suara dalam bentuk tumbuhan kaktus.
Saat mainan ini dinyalakan, alat yang tertanam di dalamnya akan menangkap bunyi dari orang-orang di sekitar, merekamnya untuk disuarakan kembali dengan jenis suara yang membuat anak merasa mendengarkan mainan itu benar-benar berbicara.
ADVERTISEMENT
Jadi, secara enggak langsung, mainan peniru suara ini berperan besar dalam menstimulasi anak usia 1 tahun yang mulai belajar berbicara, Ma. Tiruan suara yang diperdengarkan akan membantu anak kita untuk mengingat lebih baik dan berlatih melafalkan kosakata.
4. Flash Card
Mainan Anak 1 Tahun, Melatih Belajar Berjalan dan Bicara (103791)
searchPerbesar
Ilustrasi Flash Card. Foto: Tokopedia
Rekomendasi mainan selanjutnya adalah flash card yang berperan dalam memperkenalkan berbagai objek dan kosakata baru kepada anak. Nah, mainan yang membutuhkan interaksi di antara Mama dan anak ini disertai gambaran ilustrasi benda dalam warna-warna yang menarik perhatian si kecil.
Cara memainkannya juga mudah kok. Kita hanya perlu mengeluarkan kartu dari dalam kotaknya, lalu memperlihatkan satu per satu kepada anak. Dalam masing-masing kartu, ajaklah anak untuk melafalkan nama benda yang tergambar di sana ya, Ma.
ADVERTISEMENT
Bisa dibaca berulang dan diucapkan per suku kata selayaknya seorang guru mengajari anak muridnya belajar.
Mainan Anak 1 Tahun, Melatih Belajar Berjalan dan Bicara (103792)
searchPerbesar
Ilustrasi Mainan Anak 1 Tahun. Foto: Pixabay
Dari keempat rekomendasi mainan di atas, hasil yang maksimal dalam mengajarkan anak berjalan dan berbicara tetap membutuhkan pendampingan dari orang tua.
Apalagi di saat memainkan baby walker atau troly mainan, pastikan Mama-Mama berada di dekat anak untuk memastikan tubuh mereka terjaga dari insiden terjatuh dan terluka. Sementara dalam melatih anak berbicara, diperlukan kesabaran ya, Ma.
Semoga semua yang Mama bagikan kali ini dapat membantu. Doa terbaik dari Mama untuk segala perkembangan si kecil!
(TMA)