Mom
·
15 Juli 2021 11:31
·
waktu baca 3 menit

Mainan Anak 2 Tahun, Bikin Belajar Jadi Menyenangkan

Konten ini diproduksi oleh Mama Rempong
Mainan Anak 2 Tahun, Bikin Belajar Jadi Menyenangkan  (1010538)
searchPerbesar
Ilustrasi Anak 2 Tahun Bermain Mainan Edukatif. Foto: Freepik
Mencari mainan anak 2 tahun ternyata butuh strategi nih, Ma. Di satu sisi, pada usia segitu, anak-anak memang lagi suka-sukanya bermain. Itu wajar banget kok karena dunia anak memang dunia bermain. Di sisi lain, justru dari bermain itulah anak mendekat pada dunia belajar yang menyenangkan.
ADVERTISEMENT

Pentingnya Mainan Anak 2 Tahun

Mama-Mama pernah enggak sih ngeliat muka anak serius banget waktu masukin mainan sortir bentuk ke lubang yang tepat?
Ada juga enggak yang memerhatikan kalau memasuki usia 2 tahun, anak kita mulai penasaran dengan bagian-bagian dari mainannya? Akhirnya, tangan kecil mereka jadi suka banget buka ini dan buka itu.
Mainan Anak 2 Tahun, Bikin Belajar Jadi Menyenangkan  (1010539)
searchPerbesar
Ilustrasi Anak 2 Tahun sedang Bermain. Foto: Pixabay
Nah, itu contoh paling nyata gimana anak secara enggak langsung mempelajari banyak hal yang menstimulasi perkembangan kecerdasan mereka.
Mama juga pernah baca di Kids Health, ternyata memasuki usia balita, khususnya usia 2 tahun, anak kita sudah mulai menyadari fungsi benda-benda di sekitarnya dan menyerap berbagai kosakata baru.
Intinya, anak 2 tahun memiliki kemampuan yang memadai banget untuk mulai mempelajari banyak hal. Sehubungan dengan itu, di sini, Mama akan membagikan rekomendasi mainan anak 2 tahun yang bisa bikin mereka belajar dengan cara yang menyenangkan.
ADVERTISEMENT

Rekomendasi Mainan Anak 2 Tahun

1. Buku Bergambar
Mainan Anak 2 Tahun, Bikin Belajar Jadi Menyenangkan  (1010540)
searchPerbesar
Ilustrasi Anak Bermain dengan Buku Bergambar. Foto: Pixabay
Buku bergambar menjadi salah satu mainan yang bisa bikin belajar jadi menyenangkan bagi anak kita yang berusia 2 tahun. Saat itu, rasa penasaran dan kemampuan mereka dalam menyerap berbagai kata baru sedang tinggi-tingginya. Tahapan tersebutlah yang bisa dioptimalkan oleh buku bergambar.
Di pasaran, jenis buku bergambar ini juga beragam, Ma. Ada dalam bentuk buku dongeng, buku pelajaran huruf, hingga buku yang memperkenalkan nama-nama benda atau hewan. Mama-Mama tinggal pilih deh, mau membelikan anak jenis buku yang mana.
2. Balok Susun
Mainan Anak 2 Tahun, Bikin Belajar Jadi Menyenangkan  (1010541)
searchPerbesar
Ilustrasi Balok Susun. Foto: Pixabay
Dari Kids Health, ditulis jelas Ma kalau anak 2 tahun mulai penasaran untuk membangun benda setinggi empat balok atau lebih. Dalam memaksimalkan rasa penasaran itu, alangkah baiknya Mama-Mama menjadikan mainan balok sebagai mainan edukasi yang penting bagi anak.
ADVERTISEMENT
Carilah mainan balok dengan variasi ukuran yang beragam dan warna-warna cerah untuk meningkatkan rasa ketertarikan anak. Manfaat paling menonjol dari balok susun ini, dia bisa membantu anak terbiasa memecahkan masalah sendiri.
3. Boneka
Mainan Anak 2 Tahun, Bikin Belajar Jadi Menyenangkan  (1010542)
searchPerbesar
Ilustrasi Anak Bermain Boneka. Foto: Freepik
Mainan satu ini sudah jelas banget kan Ma punya ketenaran sepanjang masa? Apalagi buat anak perempuan, kayaknya enggak seru deh kalau mereka enggak melalui masa kecil dengan beragam jenis boneka.
Tapi ternyata, lebih dari itu, mainan boneka menjadi salah satu mainan penting bagi anak 2 tahun. Mereka yang mulai penasaran dengan berbagai kehidupan orang dewasa, bergerak secara lebih aktif, bahkan meniru beragam kata, akan dimaksimalkan kemampuannya melalui boneka.
Dengan boneka miliknya, anak bisa berperan sebagai siapa saja dalam dunia imajinasi mereka. Bisa saja, mereka menjadikan boneka sebagai anak bayi atau teman dekatnya.
ADVERTISEMENT
4. Peralatan Dokter
Karena permainan peran juga bagus bagi anak usia 2 tahun, peralatan dokter bisa menjadi ide mainan untuk diberikan kepada anak ya, Ma. Dengan memberikan seperangkat alat khas dunia kedokteran itu, anak-anak kita akan dilatih mengembangkan imajinasi dan kreativitasnya.
Mainan Anak 2 Tahun, Bikin Belajar Jadi Menyenangkan  (1010543)
searchPerbesar
Ilustrasi Anak Bermain dengan Peralatan Dokter. Foto: Pixabay
Mama-Mama bisa juga ikut bermain. Dari sana, kita bisa mengajari anak tentang nama-nama peralatan medis yang sering digunakan oleh dokter. Ada suntikan, stetoskop, gunting, bahkan termometer. Menarik banget kan, Ma?
Nah, sekian dulu yah 4 rekomendasi mainan anak 2 tahun yang bisa Mama-Mama pertimbangkan. Perlu juga untuk diingat yah, walaupun mainan menjadi media bagi anak untuk belajar, peran orang tua sebagai pengajar utamanya enggak kalah penting.
Ketika kita memberikan anak berbagai jenis mainan untuk belajar, tentu saja hasilnya akan lebih optimal kalau kita ikut memberikan penjelasan tentang beragam hal baru bagi anak.
ADVERTISEMENT
Semoga semua yang ada di tulisan ini bermanfaat, ya. Selamat menikmati waktu seru dan menyenangkan saat bermain bersama anak!
(TMA)