Mainan Edukatif Bayi yang Bermanfaat bagi Tumbuh Kembangnya

Konten dari Pengguna
14 Oktober 2021 14:08
·
waktu baca 2 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari Mama Rempong tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Mainan Edukatif Bayi yang Bermanfaat bagi Tumbuh Kembangnya (121265)
searchPerbesar
Ilustrasi mainan edukatif bayi (Sumber: Freepik)
Mainan edukatif bayi bisa kamu berikan pada si kecil ketika dia sudah mulai bisa berinteraksi denganmu, Ma! Apalagi sekarang sudah banyak mainan yang bisa merangsang kemampuan sensorik, motorik, serta kognitifnya.
ADVERTISEMENT
Ketika baru memiliki bayi, kayaknya kita ingin selalu membelikan apa pun untuknya ya. Termasuk salah satunya adalah mainan. Sudah lupa deh belanja buat diri sendiri, sepertinya barang keperluan buat anak jadi lebih penting ya sekarang, hehehe.
Oh iya, tapi kita enggak boleh asal juga memberikan mainan bayi. Terutama buat anak di bawah usia 1 tahun yang memang masih membutuhkan banyak pengawasan.
Tapi tenang saja, sekarang juga sudah banyak kok mainan edukatif bayi. Jadi tak hanya menarik buat dimainkan oleh si kecil, namun juga memiliki manfaat untuk menstimulasi tumbuh kembangnya.
Apa sajakah? Simak beberapa daftarnya di sini ya, Ma!

Rekomendasi Mainan Edukatif Bayi

1. Play Gym
Buat Mama-Mama yang memiliki anak bayi, pasti sudah enggak asing deh dengan mainan yang satu ini. Play gym ini memiliki matras sebagai alasnya ditambah dengan mainan yang digantung pada tiang penyangganya.
ADVERTISEMENT
Play gym biasanya memiliki warna yang cerah dan mempunyai variasi mainan yang digantung, seperti bentuk binatang, buah-buahan, maupun kendaraan. Umumnya play gym ini terbuat dari bahan plastik yang kuat dan kayu.
Buat bayi yang berusia 3 sampai 4 bulan, pemakaian play gym ini baik untuk membantu proses tummy time. Tummy time sendiri merupakan proses telungkup atau tengkurap selama beberapa saat. Dengan menggunakan play gym ini, dapat melatih kekuatan lengan, dada, serta kemampuan motorik si kecil.
Mainan ini juga baik untuk kemampuan sensoriknya. Di mana bayi akan tertarik pada mainan yang digantung di play gym dan mencoba meremasnya.
2. Mainan Pemutar Musik
Mainan Edukatif Bayi yang Bermanfaat bagi Tumbuh Kembangnya (121266)
searchPerbesar
Ilustrasi mainan edukatif bayi (Sumber: Freepik)
Memperkenalkan musik pada si kecil mungkin sudah dilakukan Mama-Mama bahkan sejak bayi berada di dalam kandungan. Agar semakin menstimulasi indra pendengarannya, kamu juga dapat memberikan mainan pemutar musik kepadanya.
ADVERTISEMENT
Umumnya bayi akan mulai tertarik pada sesuatu yang didengarnya ketika dia berusia 3 atau 4 bulan. Gelombang otaknya sudah dapat menangkap suara maupun irama yang terdapat pada musik. Secara tidak langsung, dengan memperkenalkan mainan pemutar musik ini bisa membantu mencerdaskan otak bayi.
Mainan pemutar musik juga umumnya memiliki beberapa tombol yang dapat mengeluarkan suara. Dengan sering menekan atau memencet tombol tersebut juga dapat melatih kemampuan motorik si kecil.
3. Soft Toys
Mainan Edukatif Bayi yang Bermanfaat bagi Tumbuh Kembangnya (121267)
searchPerbesar
Ilustrasi mainan edukatif bayi (Sumber: Freepik)
Soft toys sebenarnya ada banyak jenisnya. Salah satu yang mungkin digemari oleh bayi adalah soft toys berbentuk boneka berbahan kain. Biasanya boneka kain tersebut bisa mengeluarkan suara serta getaran yang membuat si kecil gemar memainkannya.
Bentuknya yang halus dan lembut juga aman untuk dimainkan oleh bayi di bawah usia 1 tahun. Soft toys ini juga baik untuk kemampuan sensorik dan motoriknya serta semakin mengenalkan si kecil pada bentuk-bentuk tertentu.
ADVERTISEMENT
4. Mainan dengan Cermin
Bayi yang baru lahir biasanya belum bisa mengenali objek dengan baik. Tapi coba deh perhatikan ketika usianya menginjak 3 bulan. Di usia ini biasanya fungsi penglihatan bayi akan semakin baik. Dia pun bisa melihat objek dan mengenalinya meski dari jarak yang jauh.
Pada usia ini, tak ada salahnya kalau kamu memberikannya mainan yang memiliki cermin. Dia akan sangat tertarik memainkannya karena bisa melihat refleksi dirinya pada cermin tersebut. Cara ini juga merupakan salah satu hal yang bisa dilakukan pada si kecil untuk semakin mengenali sosok dirinya sendiri.
5. Mainan Ring Plastik
Mainan edukatif lainnya untuk bayi yang bisa kamu berikan adalah mainan ring plastik. Umumnya mainan ring plastik ini juga sering digantung sebagai aksesoris dari play gym.
ADVERTISEMENT
Biarpun materialnya rata-rata terbuat dari plastik yang kuat dan aman. Tapi kamu harus tetap memerhatikan si kecil ya saat memainkan ini! Jangan sampai jadi sering memasukkan mainan tersebut ke dalam mulut ya agar dia terhindar dari bakteri yang bisa saja menempel pada mainan tersebut.
Mainan ring plastik ini baik untuk melatih otot serta kemampuan motorik si kecil. Dengan tampilannya yang berwarna dan memiliki motif, hal ini juga bisa semakin menstimulasi perkembangan sensoriknya.
Itu dia beberapa mainan edukatif bayi yang tak hanya seru buat dimainkan tapi juga baik untuk stimulasi tumbuh kembangnya. Coba cek deh, mainan bayi apa saja yang sudah kamu miliki di rumah, Ma?
(AN)
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020