Mom
·
10 Juni 2021 12:25
·
waktu baca 3 menit

Obat Biang Keringat pada Bayi, Alami dan Bisa Dicoba

Konten ini diproduksi oleh Mama Rempong
Obat Biang Keringat pada Bayi, Alami dan Bisa Dicoba (161381)
Ilustrasi Biang Keringat pada Bayi. Foto: Freepik
Obat biang keringat pada bayi sebetulnya bisa Mama-Mama temukan di apotek. Tapi, enggak semua obat yang dijual di sana cocok dengan kulit bayi kita. Mama-Mama harus cukup teliti dan jangan sembarangan dalam memilih produk obat.
ADVERTISEMENT
Alangkah bijaknya, Mama-Mama langsung berkonsultasi dengan dokter kulit anak. Dengan begitu, tentu saja kesehatan kulit bayi kita pasti terjaga secara maksimal, Ma.
Nah Ma, ada baiknya Mama-Mama mengetahui sekaligus memahami dulu apa sih biang keringat itu dan apa saja penyebab biang keringat pada bayi.

Biang Keringat pada Bayi

Biang keringat adalah kondisi ketika kulit bayi memproduksi keringat dalam jumlah berlebih, namun enggak diikuti dengan penyerapan keringat yang baik. Berdasarkan info yang langsung Mama baca dari laman resmi Ikatan Dokter Anak Indonesia, biang keringat ini dalam bahasa kedokteran dikenal dengan miliaria.
Biang keringat atau miliaria tersebut ditandai dengan kemunculan bintil-bintil kecil berwarna merah yang kadang berisi air dan membuat kulit bayi tampak kemerahan. Dalam kondisi produksi keringat berlebih, kulit bayi yang belum bisa melaksanakan proses penyerapan semestinya membuat kumpulan keringat tersebut mendesak ke luar dari kulit sehingga terbentuk lepuh halus yang bisa sebesar pangkal jarum.
Obat Biang Keringat pada Bayi, Alami dan Bisa Dicoba (161382)
Ilustrasi Obat Biang Keringat pada Bayi. Foto: Freepik
Jika sudah begitu, bayi akan merasakan gatal hingga membuat mereka juga menjadi rewel. Area tubuh bayi yang rawan terhadap serangan biang keringat ini adalah dahi, leher, bahu, dada, punggung, dan lipatan-lipatan kulit.
ADVERTISEMENT
Beralih pada pembahasan tentang penyebabnya, ada 4 penyebab umum bayi terserang biang keringat. Di antaranya pakaian yang terlalu ketat atau bahan yang enggak optimal dalam menyerap keringat, suhu udara di sekitarnya yang panas, demam, dan kebiasaan menggendong bayi.
Sekarang, kita beralih kembali ke pertanyaan paling awal. Jika bayi sudah terserang biang keringat, apa sih yang harus Mama-Mama lakukan? Untuk itu, simak uraian lengkapnya yah, Ma.

3 Obat Biang Keringat pada Bayi yang Alami

1. Kompres dengan Air Dingin
Obat biang keringat pada bayi yang satu ini alami banget kan, Ma? Hanya membutuhkan air dingin dan waslap yang lembut untuk kulit bayi. Enggak perlu ribet juga, Mama-Mama hanya perlu membasahkan lap yang telah disiapkan dengan air dingin untuk selanjutnya dikompreskan ke bagian tubuh bayi yang terserang biang keringat.
ADVERTISEMENT
Air dingin di sini ditujukan untuk menurunkan suhu tubuh bayi yang panas sehingga ikut pula menurunkan produksi keringat yang berlebih, Ma.
Obat Biang Keringat pada Bayi, Alami dan Bisa Dicoba (161383)
Ilustrasi Kompres Bayi yang Terkena Biang Keringat. Foto: Freepik
2. Lidah Buaya
Lidah buaya yang dikenal mengandung antiseptik dan bermanfaat untuk mengurangi peradangan menjadi salah satu obat alami dalam mengatasi biang keringat pada bayi. Mama-Mama disarankan untuk mengoleskan gel yang terkandung di dalam lidah buaya itu ke bagian tubuh bayi yang terkena biang keringat.
3. Campuran Oatmeal
Obat alami selanjutnya untuk mengatasi biang keringat pada bayi adalah campuran oatmeal dan air hangat yang bisa Mama-Mama oleskan ke tubuh bayi. Caranya mudah banget lho, Ma. Mama-Mama hanya perlu mencampur beberapa sendok oatmeal dengan air hangat sampai teksturnya mirip lulur, lalu Mama-Mama bisa mengoleskannya seperti salep ke bagian tubuh bayi yang terkena biang keringat. Tunggu sekitar 20 menit untuk hasil yang maksimal ya, Ma.
ADVERTISEMENT
Selain penyebab dan obat, Mama-Mama juga perlu tahu nih pencegahan yang bisa dilakukan. Ibarat kata pepatah, “Lebih baik mencegah daripada mengobati”, ini dia langkah pencegahan yang bisa Mama lakukan agar bayi tidak terserang biang keringat.
Obat Biang Keringat pada Bayi, Alami dan Bisa Dicoba (161384)
Ilustrasi Obat Biang Keringat Alami pada Bayi. Foto: Freeoik

Cara Pencegahan Biang Keringat pada Bayi

1. Memastikan suhu ruangan untuk bayi selalu sejuk.
2. Pilihlah pakaian dengan bahan yang efektif menyerap keringat dan enggak ketat.
3. Rajin membersihkan tubuh bayi, khususnya bagian lipatan tubuh mereka.
4. Jaga agar bayi selalu terhidrasi.
Itu dia Ma, informasi singkat seputar obat biang keringat pada bayi yang diikuti dengan penjelasan penyebab dan cara pencegahannya. Intinya, biang keringat adalah penyakit yang umum banget kok terjadi pada tubuh bayi. Ia juga akan sembuh dengan sendirinya bila suhu tubuh bayi kembali normal. Namun jika parah, Mama-Mama jangan tunggu lama untuk ke dokter, ya!
ADVERTISEMENT
(TMA)