Mom
·
15 September 2021 17:30
·
waktu baca 4 menit

Perkembangan Janin Trimester 3, Fisik Bayi Semakin Sempurna

Konten ini diproduksi oleh Mama Rempong
Perkembangan Janin Trimester 3, Fisik Bayi Semakin Sempurna (148271)
searchPerbesar
Ilustrasi perkembangan janin trimester 3 (Sumber: Freepik)
Apa saja perkembangan janin trimester 3 yang perlu Mama-Mama ketahui? Tak terasa ya, kini sudah tinggal sebentar lagi untuk bertemu dengan si kecil. Bisa dibilang trimester 3 ini merupakan akhir dari masa kehamilan yang cukup menantang bagi Mama-Mama.
ADVERTISEMENT
Mama ingat ketika di trimester ketiga kehamilan, Mama itu sudah enggak sabar banget pengin ketemu dengan si calon bayi. Tapi di sisi lain, Mama juga sudah mulai ribet buat persiapkan segala sesuatunya jelang waktunya melahirkan.
Belum lagi adanya keluhan-keluhan seperti sakit punggung dan kaki bengkak pada saat di akhir usia kehamilan ini. Kamu juga mengalaminya enggak Ma?
Lantas apa saja sih detailnya mengenai perkembangan janin trimester 3? Simak info lengkapnya yang telah Mama rangkum dari laman resmi Mayo Clinic.

Perkembangan Janin Trimester 3

Perkembangan Janin Trimester 3, Fisik Bayi Semakin Sempurna (148272)
searchPerbesar
Ilustrasi perkembangan janin trimester 3 (Sumber: Freepik)
  • Usia Kandungan 7 bulan (28-31 minggu)
Pada usia ini, janin masih terus menyempurnakan fisiknya menuju proses kelahiran. Soal tampilan fisik, kulitnya sekarang sudah tidak terlalu keriput dibandingkan beberapa bulan sebelumnya.
ADVERTISEMENT
Janin juga sudah mulai dapat mendengar serta merespons suaramu dengan cara memunculkan gerakan seperti tendangan. Tubuhnya juga kini sudah bisa menyimpan beberapa nutrisi dari kalsium dan zat besi dari makanan yang kamu konsumsi.
  • Usia Kandungan 8 bulan (32-35 minggu)
Di fase pertengahan trimester ketiga ini, umumnya berat janin semakin mendekati berat ideal untuk kelahiran. Kalau pada trimester awal, kulit pada janin cenderung keriput kini kulitnya menjadi lebih halus. Kulitnya juga nampak berwarna merah muda serta ditutupi oleh zat vernix yang berwarna putih.
Rambut halus atau lanugo yang ada pada tubuhnya juga sudah mulai berkurang. Pada fase ini, janin masih terus mengembangkan sistem kekebalan tubuhnya buat melawan beberapa penyakit yang mungkin saja menyerangnya pada saat lahir nanti.
ADVERTISEMENT
  • Usia Kandungan 9 bulan (36-40 minggu)
Memasuki usia akhir kehamilan ini, umumnya berat janin sudah mencapai 4 kilogram dan panjangnya mencapai 5 centimeter.
Di minggu ke 37, tubuh serta organ janin hampir seluruhnya telah terbentuk dengan sempurna. Kepalanya sudah tertutupi oleh rambut halus. Bagian kelamin, seperti testis atau labianya juga sudah terbentuk dengan sempurna.
Bicara soal tampilan fisik, kini dia sudah seperti manusia dewasa pada umumnya. Kuku janin pada jari-jari tangannya juga sudah semakin bertumbuh panjang.
Kondisi kulitnya juga semakin fleksibel jelang waktunya kelahiran. Kalau dulu terdapat lapisan lemak yang menyelimuti tubuhnya, kini nampak berkurang seiring semakin dekat dengan saatnya dia dilahirkan.
Fungsi alat indranya juga semakin sempurna, jadi tak heran kalau dia sudah mulai dapat melihat dan mendengar meski masih dalam kandunganmu.
ADVERTISEMENT

Perubahan yang Dirasakan Ibu Hamil saat Trimester Ketiga

Perkembangan Janin Trimester 3, Fisik Bayi Semakin Sempurna (148273)
searchPerbesar
Ilustrasi perkembangan janin trimester 3 (Sumber: Freepik)
Selain kondisi perut yang semakin membesar pada saat trimester ketiga. Ada beberapa perubahan fisik yang mungkin akan kamu rasakan pada usia kehamilan ini atau ketika jelang melahirkan. Apa sajakah?
1. Beberapa Bagian Tubuh Mengalami Bengkak
Tangan, kaki, bahkan jari bumil bisa saja akan mengalami pembengkakan di usia kehamilan trimester ketiga ini. Terjadinya pembengkakan ini sifatnya normal. Pasalnya terdapat cairan berlebih selama hamil akibat tubuh menghasilkan darah 50 persen lebih banyak dibandingkan sebelum hamil.
Buat mengurangi keluhan akibat pembengkakan ini, kamu bisa selonjorkan kaki ke depan lalu sangga di kursi ketika duduk. Lalu saat tidur, Mama-Mama juga bisa meletakkan bantal tebal dia atas kedua kaki agar posisi tubuhmu lebih nyaman saat beristirahat.
ADVERTISEMENT
2. Sakit Punggung
Sakit punggung umum terjadi pada bumil di trimester ketiga. Soalnya tubuhmu semakin berat serta kondisi perut yang semakin membesar. Ditambah lagi adanya hormon kehamilan yang bekerja mengendurkan berbagai otot dan persendian jelang waktunya melahirkan nanti.
3. Kontraksi Palsu
Kontraksi palsu atau yang dikenal juga dengan nama Braxton-Hicks bisa jadi akan kamu alami mulai memasuki awal trimester ketiga. Braxton-Hicks terasa seperti kram ringan di perut bagian bawah. Tak perlu panik dulu Ma, pasalnya hal ini juga umum terjadi.
Namun apabila kontraksi yang dialami semakin intens dan frekuensinya meningkat, jangan ragu untuk segera memeriksakan diri ke dokter ya!
Itulah beberapa perkembangan janin trimester 3 yang perlu Mama-Mama ketahui. Kalau kamu sudah mendekati waktunya HPL, jangan lupa untuk mempersiapkan fisik dan mentalmu jelang kelahiran ya. Semoga lancar Ma!
ADVERTISEMENT
(AN)
sosmed-whatsapp-whitesosmed-facebook-whitesosmed-twitter-whitesosmed-line-white