Mom
·
10 September 2021 22:16
·
waktu baca 4 menit

Pilihan Film Anak Indonesia yang Mendidik, Seru dan Inspiratif!

Konten ini diproduksi oleh Mama Rempong
Pilihan Film Anak Indonesia yang Mendidik, Seru dan Inspiratif! (109361)
searchPerbesar
Ilustrasi Pilihan Film Anak Indonesia yang Mendidik. Foto: Disney Plus Hotstar dan Netflix
Seperti biasa, karena akhir pekan sudah di depan mata, saatnya Mama mulai mencari beberapa tontonan yang kali ini dikhususkan pada film anak Indonesia yang mendidik.
ADVERTISEMENT
Setelah beberapa kali tontonannya dari film internasional, beralih memberikan tontonan karya anak bangsa adalah cara untuk memberikan variasi sehingga anak enggak bosan. Justru, mereka jadi penasaran terhadap tontonan seru apalagi yang ada selanjutnya.
Untuk kamu yang juga ingin memberikan kegiatan menyenangkan bagi anak dalam mengisi waktu luang, Mama akan membagikan pilihan film anak Indonesia yang mendidik yang bisa dipertontonkan kepada si kecil.
Apa saja itu? Simak sinopsisnya di bawah ini!

Pilihan Film Anak Indonesia yang Mendidik

1. Laskar Pelangi (2008)
Pilihan Film Anak Indonesia yang Mendidik, Seru dan Inspiratif! (109362)
searchPerbesar
Potongan adegan film "Laskar Pelangi". Foto: Disney+ Hotrstar
Diadaptasi dari novel populer dengan judul yang sama karya Andrea Hirata, “Laskar Pelangi” menawarkan tontonan tentang kesungguhan, keseruan, hingga tantangan dalam menempuh pendidikan.
Film “Laskar Pelangi” ini menyajikan kisah dari 10 anak yang kurang beruntung dari segi ekonomi keluarganya, namun memiliki tekad yang kuat untuk bersekolah. Menarik, menyentuh, serta menginspirasi kan, Ma?
ADVERTISEMENT
Ikal (Zulfanny), Lintang (Ferdian), Mahar (Verrys Yamarno), dan ketujuh temannya yang lain belajar di SD Muhammadiyah Gantong, Pulau Belitung.
Bersama kepala sekolahnya, Pak Harfan (Ikranegara) dan gurunya, Bu Muslimah (Cut Mini), kesepuluh anak yang dinamakan Laskar Pelangi itu membuktikan bahwa mereka mampu mengenyam pendidikan setara dengan sekolah-sekolah lain.
Menonton film karya sutradara Riri Riza ini akan membuat anak-anak termotivasi sekaligus terinspirasi untuk selalu bersemangat dalam belajar dan mensyukuri kesempatan yang mereka miliki untuk mengenyam pendidikan.
2. Sokola Rimba (2013)
Pilihan Film Anak Indonesia yang Mendidik, Seru dan Inspiratif! (109363)
searchPerbesar
Poster film "Sokola Rimba". Foto: Disney Plus Hotstar
Diangkat dari kisah nyata, film “Sokola Rimba” mengisahkan pengalaman istimewa dari sosok Butet Manurung yang mengabadikan diri untuk mengajari anak-anak di suku pedalaman.
Diperankan oleh Prisia Nasution, Butet Manurung dalam film “Sokola Rimba” dikisahkan melalui perjalanan mengajar baca dan tulis di Suku Anak Dalam atau lebih dikenal dengan Orang Rimba.
ADVERTISEMENT
Mereka bermukim di hulu Sungai Makekal yang berada di Bukit Duabelas, Jambi. Pilihan Butet Manurung untuk mengajari anak-anak di sana diikuti pula oleh beragam tantangan.
Salah satunya adalah ketika seorang anak cerdas bernama Bungo terhalang untuk belajar karena adat mereka menganggap pelajaran baca tulis hanyalah membawa petaka.
Lagi-lagi, film ini juga menghadirkan bagaimana pendidikan itu merupakan hal yang sulit untuk didapatkan mereka yang kurang beruntung. Jadi, ia akan mengajak anak kita untuk menyadari istimewanya kesempatan belajar.
3. Garuda di Dadaku (2009)
Pilihan Film Anak Indonesia yang Mendidik, Seru dan Inspiratif! (109364)
searchPerbesar
Poster FIlm "Garuda di Dadaku". Foto: Disney Plus Hotstar
Si kecil punya segudang cita-cita, tapi masih butuh inspirasi dan motivasi untuk menggapai cita-citanya itu? Film “Garuda di Dadaku” bisa menjadi pilihan tontonan yang cocok untuk mereka, Ma.
ADVERTISEMENT
Film ini berkisah tentang Bayu, seorang anak laki-laki yang bercita-cita menjadi pemain sepak bola profesional. Konflik cerita muncul karena kakeknya enggak menyetujui cita-cita Bayu tersebut.
Akan tetapi, karena yakin dengan kemampuan yang dimilikinya, Bayu menempuh berbagai cara untuk meluluhkan hati kakeknya agar merestui cita-citanya.
Kisah perjuangan Bayu dalam menggapai keinginan untuk menjadi pesebak bola professional menjadi kisah yang mendidik anak kita dalam menumbuhkan rasa percaya diri dan kesungguhan untuk meraih cita-cita.
Enggak cuma menyajikan kisah seru Bayu berlatih sepak bola, film “Garuda di Dadaku” juga mengajarkan arti persahabatan dan pelajaran hidup tentang peran penting dukungan keluarga untuk perjalanan seorang anak untuk menggapai impiannya.
4. Surau dan Silek (2017)
Pilihan Film Anak Indonesia yang Mendidik, Seru dan Inspiratif! (109365)
searchPerbesar
Poster film "Surau dan Silek" atau "Kid Fighters". Foto: Netflix
Kisah seru lainnya yang bisa ditonton anak kita adalah cerita dari Adil (Muhammad Razi) yang bercita-cita memenangkan kompetisi salah satu jenis bela diri, yaitu silat.
ADVERTISEMENT
Istimewanya lagi, Adil enggak hanya bercita-cita menjadi juara silat Ma, tetapi juga menjadi anak saleh yang menghadiahi surga untuk sang ayah yang telah meninggal dunia.
Namun, kedua cita-cita yang bertolak belakang itu membuat Adil dihadapkan pada dilema. Di sanalah, film menghadirkan penyelesaian yang harus dilalui oleh Adil demi menjadi anak saleh yang jago silat.
Dengan menonton “Surau dan Silek” atau yang dalam judul internasionalnya “Kid Fighters” anak-anak kita akan diajarkan untuk menyeimbangkan tanggung jawab terhadap agama dan juga cita-cita.
Untuk film "Laskar Pelangi", "Sokola Rimba", dan "Garuda di Dadaku", kamu bisa menyaksikannya di Disney Plus Hotstar. Sementara "Surau dan Silek" atau "Kids Fighters" bisa dinikmati di Netflix.
Dari keempat pilihan film di atas, yang mana nih yang mencuri perhatian kamu?
ADVERTISEMENT
(TMA)