Resep MPASI 6 Bulan: Puree Apel Pisang yang Mudah Dibuat

Konten dari Pengguna
13 Januari 2022 19:28
·
waktu baca 3 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari Mama Rempong tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Resep MPASI 6 Bulan: Puree Apel Pisang yang Mudah Dibuat (2415)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi resep MPASI 6 bulan: puree apel pisang (Sumber: Freepik)
Sedang mencari menu MPASI yang sehat dan mudah untuk dibuat? Kamu bisa mencoba resep MPASI 6 bulan: puree apel pisang ini, Ma. Selain bahan-bahannya mudah didapat, enggak perlu waktu lama juga kok untuk mengolahnya.
ADVERTISEMENT
Usai 6 bulan ASI eksklusif, kini saatnya mulai memperkenalkan makanan padat untuk si buah hati. Soalnya semakin bertambah usianya, tubuh bayi memerlukan nutrisi yang lebih banyak untuk tumbuh kembangnya yang optimal.
Ada berbagai jenis makanan yang bisa Mama-Mama berikan pada si kecil untuk menu MPASI. Salah satu makanan yang paling rekomendasikan adalah buah-buahan. Enggak heran sih, sebab dalam buah-buahan terdapat berbagai jenis nutrisi yang dibutuhkan oleh si kecil.
Untuk menu MPASI 6 bulan, kamu bisa mulai memperkenalkan bayi dengan buah apel, sebab banyak sekali manfaat dan nutrisi yang terkandung dalam buah apel.

Manfaat Apel

Resep MPASI 6 Bulan: Puree Apel Pisang yang Mudah Dibuat (2416)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi resep MPASI 6 bulan: puree apel pisang (Sumber: Freepik)
Kalau yang pernah Mama baca dari laman Solid Starts, apel merupakan salah satu jenis buah-buahan yang kaya akan vitamin, mulai dari vitamin A, C, serta A. Tak hanya vitamin, apel juga mengandung nutrisi lainnya seperti kalsium, fosfor, serta magnesium.
ADVERTISEMENT
Mengonsumsi apel juga baik untuk pencernaan bayi, sebab apel memiliki kandungan serat yang baik. Buah ini mengandung serat larut atau yang disebut juga dengan pektin yang berfungsi meringankan kerja usus serta pencernaan.
Kemudian kandungan vitamin C yang ada pada apel dibutuhkan buat memperkuat sistem imun tubuh dan metabolisme si kecil. Sementara itu, vitamin A dalam kandungan apel berfungsi buat menjaga kesehatan mata.
Apel pun menjadi salah satu makanan yang baik buat dikonsumsi bayi. Dari yang Mama baca di laman Firstcry Parenting, apel memiliki risiko alergi yang sangat rendah, sehingga baik untuk diperkenalkan pada menu MPASI pertamanya di usia 6 bulan.
Meski begitu, Mama-Mama perlu memerhatikan agar mengolah apel dengan cara yang tepat. Pilihlah apel yang sudah matang dan jangan sampai memberikan apel yang masih masam untuk menu MPASI bayi.
ADVERTISEMENT
Selain apel, buah lainnya yang baik diberikan untuk makanan padat bayi adalah pisang. Pisang juga memiliki banyak kandungan nutrisi yang dibutuhkan untuk pertumbuhan serta perkembangannya.

Manfaat Pisang

Pisang memang menjadi salah satu buah yang disukai oleh bayi. Mengingat teksturnya yang lunak, memiliki rasa manis alami, dan mudah diolah.
Ternyata, pisang juga memiliki sejumlah vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh, mulai dari vitamin A, C, D, serta K. Enggak hanya itu, pisang pun kaya akan kandungan kalsium, zat besi, selenium, magnesium, fosfor, zinc, dan mangan.
Dilansir Very Well Family, pisang juga merupakan buah yang mengandung asam folat. Seperti yang sudah kita ketahui ya, asam folat ini sangat dibutuhkan untuk perkembangan otak bayi.
ADVERTISEMENT
Sementara itu, kandungan kalsium, fosfor, dan magnesium pada pisang berfungsi untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi. Kemudian, kandungan kalium di dalamnya bisa membantu menjaga kadar tekanan darah serta jantung agar tetap sehat.
Pisang juga menjadi salah satu buah yang kaya akan protein, sehingga baik untuk sumber energi bagi bayi.
Jadi, sudah tahu kan berbagai manfaat apel dan pisang untuk bayi? Nah sekarang saatnya membuat resep MPASI 6 bulan: puree apel pisang ini. Tentunya sangat mudah dan bisa kamu buat sendiri di rumah.
Simak resep selengkapnya di sini, ya!

Resep MPASI 6 Bulan: Puree Apel Pisang

Resep MPASI Puree Apel Pisang
Berikut ini resep MPASI puree apel pisang untuk bayi usia 6 bulan yang bisa kamu coba di rumah.
Bahan-bahan
  • 1 buah apel merah, potong-potong
  • 1 pisang ambon, haluskan
  • 50-100 ASI perah atau susu formula sesuai kebutuhan
Langkah-langkah
  1. Masukkan potongan apel ke dalam kukusan. Kukus kurang lebih 5 sampai 8 menit.
  2. Haluskan apel yang telah dikukus. Masukkan ke dalam wadah lalu masukkan pisang yang telah dihaluskan juga.
  3. Tambahkan ASI perah atau susu formula. Aduk rata.
  4. Apabila tekstur puree dirasa masih kurang lembut. Kamu bisa menghaluskannya kembali dengan saringan, blender, atau food processor.
  5. Sajikan.
Demikian resep MPASI 6 bulan: puree apel pisang yang bisa kamu buat sendiri di rumah. Selamat mencobanya ya, Ma!
ADVERTISEMENT
(AN)
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020