Resep MPASI 9 Bulan Nasi Tim Udang Wortel

Konten dari Pengguna
12 Januari 2022 18:30
·
waktu baca 2 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari Mama Rempong tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Resep MPASI 9 Bulan Nasi Tim Udang Wortel (100235)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi resep MPASI 9 bulan nasi tim udang (Sumber: Flickr)
Resep MPASI 9 bulan nasi tim udang ini bisa kamu sajikan sebagai menu makanan padat buat bayi. Cara membuatnya juga sangat mudah kok, Ma!
ADVERTISEMENT
Memasuki usia 9 bulan, coba deh kamu perhatikan, si kecil akan semakin pintar menggenggam serta memasukkan makanan ke mulutnya. Hal ini memang seiring dengan gerakan koordinasinya yang semakin baik.
Kemampuan pengenalan rasa serta tekstur makanan pada bayi juga makin berkembang baik. Jadi, ini merupakan momen yang pas untukmu mengenalkan berbagai jenis makanan pada si kecil.
Salah satu jenis makanan yang bisa kamu berikan pada bayi usia 9 bulan adalah udang. Udang memiliki cita rasa manis dan gurih, yang pastinya si kecil suka. Selain itu, udang juga memiliki banyak manfaat bagi tubuh si kecil.

Manfaat Udang

Udang merupakan sumber protein yang baik bagi tubuh bayi. Tak hanya itu, udang juga memiliki kandungan kalsium, fosfor, zat besi, zinc, kalium, magnesium, serta berbagai macam vitamin. Dikutip dari laman Parenting Healthy Babies, anak yang mengonsumsi sekitar 350 gram udang per minggu dapat membantunya menyerap makanan serta nutrisi yang lebih baik pada tubuhnya.
ADVERTISEMENT
Udang juga merupakan salah satu jenis seafood yang mengandung asam folat yang dibutuhkan untuk perkembangan otak anak. Asam folat ini memang bermanfaat membantu otak semakin cepat memproses informasi lebih fleksibel.
Resep MPASI 9 Bulan Nasi Tim Udang Wortel (100236)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi resep MPASI 9 bulan nasi tim udang (Sumber: Flickr)
Dari yang Mama baca di laman WebMD, udang juga memiliki kandungan antioksidan yang baik untuk kesehatan tubuh. Zat-zat ini mampu melindungi jaringan dan sel tubuh dari kerusakan. Sebuah studi telah menunjukkan, bahwa antioksidan astaxanthin yang ada pada udang ini juga baik untuk kesehatan kulit, karena membantu mencegah keriput serta mengurangi kerusakan akibat paparan sinar matahari.
Kemudian, kandungan kalsium serta fosfor pada udang bermanfaat untuk membangun tulang serta gigi yang kuat. Kedua kandungan nutrisi ini juga nantinya akan diperlukan bagi si kecil untuk mencapai tinggi badan yang ideal sesuai dengan usianya.
ADVERTISEMENT
Kandungan vitamin B kompleks yang ada pada udang pun memiliki fungsi menjaga kesehatan jantung. Sementara itu, vitamin A pada udang berperan penting dalam kesehatan mata serta pertumbuhan sel.
Meski begitu, kamu perlu berhati-hati ya dalam mengolah udang ini. Jangan sampai kamu memberikan udang, ikan, atau makanan laut yang belum matang sebagai menu MPASI, sebab bisa membawa parasit yang berbahaya bagi kesehatan si kecil.
Mama-Mama juga perlu memastikan apakah si kecil memiliki kemungkinan alergi udang atau tidak. Seperti yang kita ketahui, udang merupakan salah satu makanan yang menyebabkan alergi pada bayi. Apabila usai diberi makan udang, bayi menunjukkan gejala seperti ruam, gatal, sesak napas, muntah, bahkan demam. Langsung hentikan pemberian udang pada si kecil, ya.
ADVERTISEMENT
Kalau bayi tidak memiliki reaksi alergi, berarti kamu bisa nih memasukkan udang pada menu MPASI mu. Salah satu yang bisa kamu coba di rumah adalah resep MPASI 9 bulan tim udang ini. Bagaimana cara membuatnya? Simak selengkapnya di sini, ya!

Resep MPASI 9 Bulan Nasi Tim Udang

Resep Nasi Tim Udang Wortel
Berikut ini resep nasi tim udang wortel yang bisa kamu coba di rumah.
Bahan-bahan
  • 2 cup beras putih
  • 3 ekor udang ukuran sedang, cincang kasar
  • 1 buah wortel, parut sampai halus
  • 200 ml kaldu ikan atau udang
  • ¼ blok keju parut sebagai perasa
  • 2 siung bawang putih
  • 1 sdm butter
Langkah-langkah
  1. Cuci beras sampai bersih. Jika sudah, tuangkan kaldu ikan atau udang ke dalam panci kemudian masukkan beras.
  2. Di dalam wajan terpisah, masukkan bawang putih yang telah dicincang dengan menggunakan butter. Tumis hingga harum dan matang.
  3. Dalam panci berisi nasi, masukkan udang, wortel, serta tumisan bawang putih. Lalu masukkan keju parut sebagai perasa.
  4. Aduk sampai rata. Masak nasi tim sampai air menyusut dan tekstur nasi menjadi halus.
  5. Apabila sudah matang. Angkat dan sajikan.
Demikian resep MPASI 9 bulan nasi tim udang yang mudah kamu buat sendiri di rumah. Selamat mencobanya ya, Ma!
(AN)
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020