Seperti Apa Ciri-Ciri Anak Autis Pintar? Ini Penjelasannya

Konten dari Pengguna
18 Agustus 2022 10:02
·
waktu baca 4 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Mama Rempong tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi ciri-ciri anak autis pintar (Sumber: Pexels)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi ciri-ciri anak autis pintar (Sumber: Pexels)
Seperti apa ciri-ciri anak autis pintar? Apakah kamu sudah mengetahuinya, Ma?
Ngobrolin mengenai anak autis memang menjadi sebuah topik yang menarik buat Mama. Mungkin bagi orang tua yang memiliki anak autis, Mama-Mama dan Papa-Papa perlu effort lebih dalam mendidik dan mengasuh mereka.
Tapi Mama rasa, di balik segala kekurangan tentunya tetap saja ada kelebihan. Anak-anak dengan spektrum autis menurut Mama adalah manusia yang spesial. Ternyata, banyak banget loh anak-anak autis yang pintar.
Menurut laman resmi WHO, autisme sendiri merupakan suatu kondisi yang berkaitan dengan perkembangan otak, yang membuat penderitanya mengalami gangguan dalam berkomunikasi maupun bersosialisasi.
Umumnya, karakteristik anak autis mulai bisa dideteksi pada usia dini, yakni saat memasuki usia balita. Melalui pola pengasuhan dan pembelajaran yang tepat, anak autis bisa hidup dengan mandiri. Bahkan, enggak sedikit juga anak autis yang pintar dan berprestasi.
Lantas, apa saja sih ciri-ciri anak autis pintar ini? Kalau kamu penasaran, berikut adalah penjelasannya yang telah Mama rangkum dari berbagai sumber. Cek infonya di sini, ya!

Ciri-Ciri Anak Autis Pintar

Ilustrasi ciri-ciri anak autis pintar (Sumber: Pexels)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi ciri-ciri anak autis pintar (Sumber: Pexels)
Sebagaimana yang telah Mama jelaskan sebelumnya, autisme merupakan gangguan yang terjadi pada perkembangan otak. Autisme adalah sebuah spektrum, di mana cakupannya pun menjadi luas. Setiap orang yang mengalami autisme, mungkin bakal menunjukkan gejala yang berbeda-beda.
Pada kebanyakan kasus, gejala umum yang ditunjukkan oleh anak pengidap autis adalah kesulitan berkomunkasi, berbahasa, berinteraksi, melakukan kedekatan secara sosial dengan orang lain, hambatan dalam ekspresi emosi, serta kesulitan memahami keadaan sekitarnya.
Hingga kini, memang belum ada obat yang bisa menyembuhkan autisme sepenuhnya. Namun, dengan dukungan penuh dari orang tua, pola pengasuhan, serta pembelajaran yang tepat, anak dengan kondisi autis pun bisa mandiri serta secara perlahan dapat adaptif dengan lingkungannya.
Melansir laman Healthline, meskipun anak autis memiliki gangguan pada perkembangan otaknya, tapi ternyata tidak berpengaruh pada tingkat kecerdasannya. Justru banyak anak autis yang pintar loh, Ma!
Enggak percaya? Coba saja tengok Albert Einstein dan Isaac Newton! Kedua tokoh dunia ini ternyata mengalami gangguan autisme, loh. Tapi penemuannya justru mampu mengubah dunia bukan?
Sebuah penelitian yang dilakukan di Stanford University juga menyatakan bahwa anak-anak yang autis cenderung memiliki keunggulan dan keterampilan matematika. Kemampuan ini ternyata berhubungan dengan aktivasi daerah tertentu dalam otak. Daerah ini umumnya terkait dalam mengenali objek visual tertentu, termasuk angka-angka.
Bukan hanya itu, penelitian dari Yale University pun mengungkapkan bahwa ada hubungan antara gen autisme yang membuat manusia menjadi lebih teliti serta pintar.
Selain berhubungan dengan kemampuan matematikanya yang dinilai baik, ada beberapa hal yang menunjukkan bahwa anak autis memiliki tingkat yang tinggi, di antaranya adalah:
Ilustrasi ciri-ciri anak autis pintar (Sumber: Pexels)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi ciri-ciri anak autis pintar (Sumber: Pexels)

1. Memiliki Daya Ingat yang Tajam

Anak dengan autisme biasanya lebih mudah mengingat hal-hal yang pernah dilihat atau ditemuinya. Baik dalam bentuk verbal, non verbal, maupun visual.
Jadi, dia bisa lebih banyak mengingat angka, rumus, skoring musik, maupun teks tertentu yang mungkin sulit dimengerti oleh anak lain pada umumnya.

2. Fokus pada Detail

Sudah ada berbagai penelitian juga yang membuktikan bahwa anak autis lebih memerhatikan soal detail. Dia akan lebih peka pada hal-hal kecil yang mungkin tidak diperhatikan oleh orang lain.

3. Memiliki Konsentrasi yang Tinggi

Tak hanya itu, anak autis ternyata memiliki keunggulan dalam hal konsentrasi. Hal ini karena adanya konektivitas berlebih di area otak yang bisa meningkatkan perhatian serta persepsi pada pengidap autis.
Maka dari itu, banyak anak autis yang memiliki konsentrasi yang tinggi. Sehingga bisa memaksimalkan fungsi otaknya dalam bidang tertentu yang dia minati, seperti matematika, musik, kesenian, fisika, maupun yang lainnya.
Itu dia beberapa ciri-ciri anak autis pintar yang perlu orang tua ketahui. Jika melihat anakmu unggul dalam bidang tertentu, kamu bisa terus mendukungnya agar dia bisa memaksimalkan kelebihannya tersebut.
Anak autis merupakan anak-anak yang spesial, Ma. Sebagai orang tua, tentunya kita perlu memberikan dukungan dan pengertian bagi mereka, agar mereka bisa lebih mandiri serta dapat mulai menerima apa pun yang ada di sekitarnya.
Semoga informasi ini bisa membantumu ya!
(AN)
Apa yang dimaksud dengan autisme?
chevron-down
Apa saja gejala umum dari anak yang menderita autis?
chevron-down
Mengapa anak autis biasanya memiliki tingkat konsentrasi yang tinggi?
chevron-down